Saat jerawat muncul di wajah, saat itu juga biasanya muncul rasa tidak pede. Berbagai cara pun dilakukan untuk menghilangkan jerawat yang terkadang bandel tidak mau pergi, ada cara alami atau dengan memakai obat-obatan. Kini, ada juga yang memakai bawang putih untuk jerawat, ya benar bawang putih yang terkenal sebagai bahan dasar masakan ternyata bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat, benarkah atau cuma katanya?

Bawang putih untuk mengobati jerawat, apakah ampuh?

Trend memakai bawang putih untuk jerawat dilakukan dengan cara mengoleskan irisan kecil bawang putih pada area sekitar jerawat. Apakah cara tersebut benar-benar ampuh untuk mengobati jerawat. Hal tersebut mungkin saja bisa karena bawang putih mempunyai kandungan antioksidan dan sifat antiradang.

Bawang putih memang mempunyai khasiat dapat membantu melawan peradangan berkat kandungan bahan kimia alami yang dimilikinya, yang bernama allicin. Kandungan allicin mempunyai kemampuan untuk membunuh virus dan bakteri berbahaya dalam tubuh.

Cara memakai bawang putih untuk jerawat?

Jika Moms tertarik untuk mencoba trik menghilangkan jerawat yang satu ini, caranya adalah dengan memotong bawang putih dalam ukuran yang kecil hingga keluar cairan ekstraknya. Sesudah itu, oleskan potongan-potongan kecil bawang putih pada area wajah yang berjerawat. 

Jika ukuran jerawat yang muncul cukup besar, Moms bisa gosokkan bawang putih di area yang berjerawat lalu diamkan semalaman. Cara lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi bawang putih secara langsung atau hancurkan bawang putih dan campurkan dengan segelas susu.

Perlu diingat, sebelum melakukan langkah-langkah tadi sebaiknya uji sensitifitas kulit Moms terlebih dahulu. Oleskan sedikit bawang putih pada area kulit selain wajah, kemudian lihat apakah menimbulkan reaksi pada kulit atau tidak.

Baca juga: Amankah Memakai Cuka Apel Untuk Kulit Wajah?

Tidak semua orang bisa menggunakan bawang putih

Walaupun cara ini terbilang alami dan bisa jadi memberikan hasil yang positif untuk mengobati jerawat, namun Moms harus tetap berhati-hati saat menyangkut urusan kulit wajah. Untuk wanita yang mempunyai alergi terhadap bawang putih, atau kulit yang sensitif, pengolesan bawang putih pada jerawat bisa menimbulkan beberapa resiko.

Kulit wajah bisa mengalami dermatitis kontak atau peradangan kulit yang terjadi akibat iritasi. Moms pasti tidak mau kulit wajah yang seharusnya mulus malah jadi tergerus. Pada sebagian wanita yang kulitnya sensitif, mengoleskan bawang putih untuk jerawat justru bisa menimbulkan jerawat yang lebih banyak dari biasanya, hingga bisa menyebabkan kulit terasa panas dan perih.

Jika memang Moms memiliki kondisi kulit yang tidak cocok dengan bawang putih, masih ada cara lain yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan krim anti jerawat, lidah buaya, atau obat-obatan lain yang bisa membantu mengatasi jerawat.

Untuk mengetahui lebih baik mengenai kondisi kulit Moms, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum menggunakan pengobatan apapun.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like