Kopi biasa kita kenal sebagai minuman dengan rasa nikmat sekaligus penambah semangat. Namun kini peran kopi tidak hanya sekedar sebagai minuman penunda kantuk, kita juga bisa membuat masker kopi untuk kulit loh Moms. Apa benar masker kopi menyimpan berbagai manfaat untuk perawatan kulit wanita? Mari simak berbagai manfaat masker kopi dan juga cara membuatnya di bawah ini.

Khasiat masker kopi untuk kesehatan kulit

1. Bisa untuk mencerahkan kulit

Scrub kopi mempunyai manfaat untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan menyamarkan garis-garis halus di wajah. Tidak hanya itu, kandungan asam dalam kopi juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati, memperlancar aliran darah ke jaringan kulit dan membuat kulit Moms tampak lebih cerah bersinar.

2. Bisa untuk mencegah kanker kulit

Senyawa kafein yang terdapat di dalam kopi bisa melindungi kulit dari risiko kanker kulit. Kopi mampu mengurangi efek yang ditimbulkan paparan sinar matahari dan sinar UV pada kulit, yang akan menurunkan risiko Moms terkena kanker.

3. Bisa untuk memudarkan selulit

Manfaat lain dari masker kopi untuk kulit adalah bisa membantu untuk memudarkan selulit yang mungkin terdapat di tubuh. Kopi yang diolah menjadi scrub dapat membantu menyamarkan selulit dengan beberapa kandungan yang dimilikinya.

Kafein dalam kopi diyakini dapat membantu melebarkan pembuluh darah yang akan mengurangi kemungkinan munculnya selulit. Selain itu, kopi juga kaya antioksidan yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit lebih sehat.

4. Bisa untuk menghilangkan mata panda

Kafein juga dapat menyempitkan pembuluh darah di bawah kulit yang bengkak di bawah mata. Meskipun tidak bisa sepenuhnya menghapus lingkaran hitam mata yang disebabkan oleh faktor keturunan,  mengoleskan kafein di bawah mata bisa membantu mengempiskan bengkak dan peradangan yang menyebabkan lingkaran hitam.

Tidak hanya itu, kafein juga bisa mengurangi adanya penggumpalan darah di bawah mata yang menyebabkan mata terlihat seperti panda.

Cara membuat masker kopi untuk kulit

Kandungan kafein yang berkualitas sangat penting agar bisa menghasilkan manfaat optimal dari masker kopi. Sebelum membuat masker kopi alami sendiri di rumah, pastikan bahwa Moms menggunakan kopi segar, bukan ampas kopi ataupun kopi instan.

Jenis kopi Robusta diketahui memiliki kandungan kafein dua kali lipat lebih banyak daripada kopi arabika, ada baiknya Moms memilih jenis kopi tersebut untuk hasil maksimal.

Berikut cara membuat masker kopi untuk kulit yang bisa Moms coba di rumah:

Cara 1

  • Sediakan 1 cangkir bubuk kopi giling kasar dan juga 1 cangkir minyak kelapa murni atau minyak lain seperti minyak zaitun.
  • Campurkan bubuk kopi giling dan minyak ke dalam sebuah mangkuk. Jika Moms menggunakan minyak kelapa, sebaiknya hangatkan minyak kelapa dalam microwave terlebih dahulu selama 20-30 detik.
  • Aduk bahan yang sudah dicampur hingga menjadi adonan kasar.
  • Oleskan secara merata ke seluruh tubuh, termasuk wajah dan daerah selulit. Lakukan pijatan dengan gerakan melingkar.
  • Sesudah rata, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Untuk hasil maksima, lakukan metode ini setidaknya seminggu dua kali

Yang perlu diperhatikan

Jangan lupa bahwa untuk merawat kulit tidak ada cara alami yang instan, semua membutuhkan waktu sebelum hasilnya terlihat. Pastikan juga bahwa Moms tidak alergi dengan bahan-bahan yang dipakai.

Jangan menggosok kulit terlalu kencang saat menggunakan masker kopi untuk kulit, hal tersebut bisa membuat iritasi kulit. Juga ada baiknya untuk konsultasi ke dokter kulit sebelum mencoba perawatan kulit apapun.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like