Memiliki rambut yang sehat dan panjang merupakan dambaan banyak wanita. Sayangnya, proses memanjangkan rambut tidak secepat memanjangkan kuku. Lalu apa saja tips rambut cepat panjang secara alami?

Moms tidak perlu khawatir, ada banyak cara alami memanjangkan rambut tanpa membuat Moms harus merogoh kocek dalam-dalam untuk perawatan mahal di salon. Penasaran ingin tahu caranya? 

Tips Rambut Cepat Panjang

Berikut ini adalah beberapa tips rambut cepat panjang secara alami yang bisa Moms lakukan di rumah.

1. Hindari keramas setiap hari

Keramas setiap hari dapat menghilangkan minyak alami yang dihasilkan dari rambut. Jika minyak alami tersebut hilang, maka rambut akan menjadi lebih kering dan tidak tumbuh dengan baik. Waktu keramas yang dianjurkan adalah setidaknya 2-3 hari sekali.

Tips rambut cepat panjang secara alami lainnya adalah, setelah keramas basuhlah rambut dengan air dingin. Hal ini dikarenakan air dingin mampu melembutkan kutikula rambut dan mencegah kekeringan serta kerusakan rambut yang sering terjadi akibat penggunaan alat pemanas rambut.

2. Potong rambut dengan benar

Ingin rambut panjang tetapi malah dianjurkan untuk potong rambut? Banyak yang mengatakan bahwa kalau kita sering potong rambut maka akan merangsang pertumbuhan rambut dan membuat volume rambut menjadi lebih tebal. Nyatanya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Potong rambut tidak membuat rambut Moms langsung cepat tumbuh, namun potong rambut dilakukan agar rambut tetap sehat sehingga terhindar dari kerusakan rambut. Potong rambut yang benar dapat menghindari rambut menjadi mudah patah atau bercabang.

Cukup potong bagian ujung rambut Moms secara rutin, tidak perlu memotong rambut sampai pendek.

3. Gunakan minyak esensial dan kondisioner untuk rambut

Sama seperti halnya pada bagian tubuh lain, nutrisi yang tepat penting bagi rambut. Salah satu tips rambut cepat panjang secara alami adalah mengoleskan minyak esensial ke kulit kepala. Hal ini akan membantu pertumbuhan rambut yang kuat dan sehat, juga menguatkan akar rambut.

Untuk menambah percepatan, gunakan juga kondisioner minimal satu kali dalam seminggu untuk mengganti protein dan lipid dari dalam batang rambut Moms. Kondisioner juga dapat membantu menutup kultikula agar tidak terjadi kerusakan yang parah.

Sebaiknya kondisioner digunakan hanya pada ujung rambut, hindari menggunakan kondisioner pada kulit kepala karena dapat menyebabkan rambut mudah rontok.

Rambut Panjang dan Sehat Dambaan Wanita
Rambut Panjang dan sehat dambaan wanita

4. Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah

Dalam keadaan basah, rambut cenderung lebih lemah dan lebih mudah mengalami kerusakan dibandingkan ketika dalam keadaan kering. Sebaiknya Moms menyisir rambut ketika rambut sudah kering, jangan dalam keadaan basah.

Disarankan untuk menyisir rambut sebanyak dua kali sehari, terutama sebelum waktu tidur. Pilihlah sisir dengan bentuk yang bergigi jarang atau sikat berbulu halus untuk mencegah rambut rontok. Moms juga bisa menggunakan jari-jari untuk mengurai rambut secara perlahan demi menghindari kerontokan.

Baca juga: Atasi Rambut Kering Dengan Bahan-bahan Ini

5. Keringkan rambut secara alami

Dengan banyaknya kesibukan, menggunakan hairdryer memang sangat praktis dan efisien. Tetapi jika rambut Moms terlalu sering terkena udara panas yang keluar dari hairdryer, maka risikonya adalah rambut Moms akan kering, patah-patah, dan akhirnya menjadi lebih mudah rontok.

Cara alami mengeringkan rambur adalah cukup diangin-anginkan di udara bebas atau pakai kipas angin. Jika Moms memang berada dalam keadaan yang terburu-buru, Moms bisa gunakan hairdryer namun dalam jarak yang tidak terlalu dekat dan aturlah agar suhu yang keluar dari hairdryer tidak terlalu panas.

Penggunaan hairdryer yang terlalu panas dan terlalu dekat akan menimbulkan efek jelek bagi kesehatan kulit kepala.

6. Masker putih telur

Putih telur mengandung nutrisi yang bisa berguna untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Maka dari itu, agar rambut cepat panjang gunakanlah masker putih telur sebagai salah satu cara alami memanjangkan rambut.

Cara pengaplikasiannya cukup mudah, Moms hanya perlu menyiapkan tiga butir telur yang diambil bagian putihnya saja, ditambah satu sendok makan minyak zaitun. Kocok putih telur dan minyak zaitun hingga rata.

Oleskan racikan telur dan minyak zaitun ke rambut dan kulit kepala secara menyeluruh sambil pijat lembut kulit kepala Moms. Sesudah racikan merata, diamkan selama 5 hingga 10 menit.

Proses tersebut akan membuat nutrisi dari telur terserap sempurna oleh rambut dan akan membuat rambut lebih kuat dan sehat. Bilas rambut dengan bersih sesudah semua proses selesai.

7. Perhatikan nutrisi makanan

Salah satu tips rambut cepat panjang dengan alami adalah dengan mengatur asupan nutrisi makan. Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin B dari kacang-kacangan dan sayur-sayuran agar merangsang pertumbuhan rambut langsung dari akarnya.

Baca juga: Khasiat Air Mawar bagi Kecantikan Kulit dan Rambut

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like