Trend sulam alis mulai merebak di kalangan wanita masa kini. Hal tersebut disebabkan karena  dengan mempunyai bentuk alis yang sesuai bisa mengubah keseluruhan penampilan. Lalu apakah sulam alis aman bagi kesehatan, apakah ada resiko yang dihadapi mereka yang menyulam alisnya agar sesuai dengan bentuk wajahnya?

Memiliki alis yang indah dan terawat bisa membuat Moms tampak lebih muda. Oleh karena itu, tidak sedikit wanita yang berkeinginan untuk membentuk dan mempercantik alis mereka, mulai dari menggunakan pensil alis, cabut alis, threading, hingga sampai tato alis.

Metode baru perawatan alis terus bermunculan untuk membantu Moms mendapatkan lekuk alis yang sempurna. Salah satunya adalah sulam alis, berikut adalah fakta-fakta mengenai sulam alis yang Moms perlu ketahui.

Mengenal lebih jauh mengenai sulam alis

Prosedur sulam alis adalah trik mengisi alis dengan menanamkan pigmen berwarna yang mempunyai tekstur menyerupai rambut asli mengikuti jalur pertumbuhan alis, atau disebut dengan istilah feathering.

Feathering biasanya dilakukan dengan menggunakan pigmen warna yang senada dengan warna rambut alis asli, sehingga bentuk alis tetap terlihat alami. Sulam alis juga dapat diaplikasikan untuk menebalkan alis tipis, ataupun membuat warna lebih gelap agar alis terlihat lebih jelas.

Teknik sulam alis sendiri hanya mempengaruhi epidermis dan umumnya bisa bertahan hingga dua tahun dengan touch-up rutin. Hal ini berbeda dengan tato alis yang menembus lapisan kulit dalam dan menciptakan hasil permanen. Sulam alis juga bisa memudahkan Moms untuk berganti model bentuk alis sesuai dengan keinginan.

Prosedur sulam alis

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari sulam alis, Moms mungkin memerlukan beberapa kali sesi sulam alis sebagai berikut:

Untuk sesi pertama, teknisi sulam alis akan membersihkan rambut-rambut halus di alis dan kemudian memetakan bentuk alis yang sesuai dengan wajah yang dimiliki Moms. Lalu teknisi sulam alis akan mengolesi krim anestesi pada kedua alis untuk meringankan rasa nyeri yang mungkin dialami selama proses sulam.

Langkah berikutnya, teknisi akan menggambar bentuk alis baru. Dia akan membuat beberapa irisan kecil di kulit untuk menyisipkan pigmen warna sesuai jalur alis tersebut.

Biasanya prosedur sulam alis berlangsung antara 1-2 jam. Moms mungkin akan mengalami bengkak dan kemerahan pada alis baru sesudah prosedur dilakukan. Tenang saja, rasa sakit dan bengkak akan segera menghilang dalam beberapa jam hingga beberapa hari.

Warna alis akan memudar dalam dua minggu pertama, oleh karena itu Moms memerlukan sesi lanjutan untuk memantapkan hasilnya.

Di antara sesi pertama dan berikutnya, jangan menggaruk atau menggosok alis baru Moms, termasuk mencungkil bekas luka yang terbentuk selama proses pemulihan. Hal tersebut penting dilakukan untuk mempertahankan bentuk baru alis.

Untuk sesi kedua, teknisi akan mengulangi proses pengirisan guna menambahkan beberapa pigmen baru dan menambahkan kembali warna gelap ke alis Moms. Hasil dari sesi kedua akan bisa bertahan selama 12-18 bulan.

Baca juga: Menghilangkan Mata Sembab Secara Cepat? Ini Caranya

Apakah sulam alis aman bagi kesehatan?

Untuk memastikan keamanan dari sulam alis, hal pertama yang harus Moms pastikan adalah bahwa prosedurnya dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman dan bersertifikat khusus di bidangnya.

Sebelum prosedur sulam alis dilaksanakan, harus ada sesi konsultasi untuk memilih warna dan bentuk alis yang sesuai dengan wajah Moms, serta untuk mendiskusikan kemungkinan efek sampingnya, yaitu munculnya pembengkakan dan iritasi kemerahan untuk sementara waktu.

Jangan ragu untuk meminta kepada teknisi agar menunjukkan portofolio hasil pekerjaan dari klien-klien sebelumnya, dan juga sertifikasi yang mereka pegang.

Pastikan juga bahwa peralatan yang akan digunakan steril. Moms juga perlu memastikan bahwa mata pisau bedah dan jarum yang digunakan adalah sekali pakai. Mintalah kepada teknisi sulam alis untuk membuka segel di depan Moms sebelum prosedur dilakukan.

Penggunaan mata pisau sekali pakai dan steril sangat penting untuk mencegah kemungkinan infeksi dan juga penularan penyakit melalui darah seperti HIV, atau hepatitis B dan C.

Masalah lain yang mungkin terjadi adalah bentuk alis baru Anda tidak sesuai dengan lajur otot alis asli, hal ini bisa mengakibatkan saat alis digerakkan akan terlihat aneh. Dengan memakai jasa teknisi berpengalaman, maka risiko tersebut bisa dihindari.

Hasil sulam alis akan bertahan lama di wajah, oleh karena itu, setelah teknisi selesai menggambar alis baru, bercerminlah dan buat berbagai macam ekspresi wajah untuk melihat keselarasan gerak alis dengan keseluruhan wajah Moms.

Jika semua trik di atas sudah dilakukan, maka Moms tidak perlu khawatir apakah sulam alis aman bagi kesehatan. Selamat mencoba sulam alis ya Moms!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like