Kulit kering menghitam terjadi karena area kulit tersebut sering digaruk. Namun, dalam beberapa hal, penyebab kulit menjadi kering dan gatal yaitu karena dermatitis kontak dan eksim. Nah, Moms tidak perlu khawatir karena kondisi ini dapat diatasi, kok! Penasaran apa yang harus Moms lakukan agar bisa mengatasi kulit yang kering serta menghitam? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

3 cara mengatasi kulit kering menghitam 

Ada tiga langkah yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi kondisi kulit kering dan juga menghitam, diantaranya dengan mencegah kulit kering, mengurangi rasa gatal, serta menyamarkan bekas luka yang menghitam. Berikut cara-cara yang bisa Moms lakukan. 

1. Menjaga kulit selalu lembab 

Ada tiga penyebab utama yang menyebabkan kulit kering menghitam, yaitu kurangnya pelembab alami pada kulit, kurangnya lipid berupa ceramide pada pelindung kulit, dan juga kurangnya jaringan yang mengatur air pada kulit.

Nah, untuk melengkapi kekurangan tersebut, kulit membutuhkan pelembab atau body lotion yang mengandung urea sebesar 5%-10%, ceramide 3, serta glyceryl glucoside. Selain itu, Moms juga harus memilih sabun yang tidak membuat kulit menjadi kering dan gatal, seperti sabun yang memiliki kandungan sodium lauryl sulfate di dalamnya. 

2. Gunakan krim dan obat-obatan untuk meredakan gatal 

Ketika kulit kering menghitam dan menjadi gatal, Moms pasti akan ingin terus menggaruk. Untuk mengatasi rasa gatal ini, gunakanlah krim yang bersifat antipruritic atau anti gatal. Moms juga bisa menggunakan krim atau lotion yang mengandung mentol agar dapat memberikan sensasi dingin sehingga rasa gatal pun berkurang. 

Jika kulit kering dan gatal Moms disebabkan oleh dermatitis, gunakanlah krim oles yang memiliki kandungan kortikosteroid. Apabila penyebab gatal disebabkan oleh bentol merah dan alergi, Moms dapat menggunakan obat antihistamin. 

 3. Gunakan produk perawatan kulit yang bersifat mencerahkan 

Saat mengalami luka karena kulit kering menghitam dan gatal, kondisi ini disebut dengan post-inflammatory hyperpigmentation. Sebenarnya, kondisi ini merupakan fase penyembuhan. Namun sayangnya, proses ini akan membuat kulit menghasilkan pigmen melanin yang berlebihan dan membuat warna kulit menjadi gelap. 

Untuk mencegah kulit agar tidak semakin menggelap, Moms disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30. Karena, radiasi sinar UV yang berasal dari paparan sinar matahari ternyata dapat membuat kulit menjadi lebih gelap. Selain itu, gunakan juga produk perawatan kulit yang mengandung kandung retinoid, licorice, arbutin, azelaic acid, dan juga kojic acid. 

Sebagian besar dari kandungan tersebut dapat menghambat produksi enzim tironase, yaitu enzim yang meningkatkan produksi melanin sehingga membuat kulit menjadi gelap. Sedangkan krim retinoid akan membuat kulit menjadi cerah. Dengan begitu, kulit kering gatal pun dapat teratasi. 

Baca juga: Hilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Bahan Alami!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like