Rambut yang kering bisa membuat rambut tidak hanya terlihat lepek dan kusam, tetapi juga rontok serta tumbuh ketombe. Tapi tenang, ada beberapa bahan alami yang bisa Moms pakai untuk atasi rambut kering. Apa saja bahan-bahannya?

Baca juga: Lakukan Cara Ini Supaya Rambut Cepat Panjang

Bahan-bahan untuk Atasi Rambut Kering

Rambut kering biasanya disebabkan karena kekurangan gizi, penyakit, terlalu sering mencuci rambut, sering terkena klorin, produk rambut dengan bahan aktif yang terlalu keras, atau juga karena terlalu sering terkena peralatan styling yang panas. Mewarnakan rambut terlalu sering juga bisa menjadi penyebab. 

Apabila Moms ingin atasi rambut kering tanpa harus melakukan perawatan ke salon, cobalah beberapa bahan di bawah ini.

1. Minyak Zaitun

Atasi Rambut Kering

Minyak zaitun sudah menjadi solusi rumahan yang terkenal untuk atasi rambut kering. Kandungan vitamin E dan antioksidannya berguna untuk menutrisi rambut rusak dengan cara melindungi lapisan terluar rambut dengan kelembaban.

Moms tinggal menuangkan minyak zaitun ke mangkuk kecil, hangatkan di microwave selama beberapa detik, lalu oles secara menyeluruh ke kulit kepala dan batang rambut sambil dipijat. Setelah itu biarkan beberapa menit atau semalaman.

Kemudian bilas rambut dan keringkan dengan cara diangin-anginkan. Agar rambut mendapat nutrisi yang cukup, lakukan setidaknya sekali dalam seminggu.

2. Telur

Atasi Rambut Kering

Selain minyak zaitun, Moms juga bisa menggunakan telur untuk atasi rambut kering. Kandungan lesitin pada telur bisa memperbaiki rambut rusak dan kering sehingga terlihat lembab dan berkilau kembali. 

Caranya hanya dengan mencampurkan 3 telur, 1 sdm madu, dan 2 sdm minyak zaitun. Aduk hingga rata dan oleskan ke kulit kepala dan juga rambut yang sudah dibasahi sedikit. Tutup  kepala dengan shower cap selama sekitar 30 menit. Setelah itu bilas rambut dengan shampoo dan air dingin. Lakukan dengan rutin selama seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: Khasiat Air Mawar bagi Kecantikan Kulit dan Rambut

3. Alpukat

Alpukat juga bisa digunakan untuk atasi rambut kering, lho. Kandungan vitamin A, vitamin E, lemak jenuh, protein dan berbagai macam mineral bisa membantu memperbaiki kondisi rambut yang rusak dengan cara menguatkan serta melembabkan batang rambut.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengupas 1 buah alpukat matang kemudian hancurkan dagingnya, campurkan 2 sdm minyak zaitun lalu aduk hingga rata. Setelah itu oleskan secara merata ke rambut yang telah dicuci bersih. Biarkan selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih. Aplikasikan cara ini seminggu sekali.

4. Lidah Buaya

Kombinasi dari mineral, asam amino, dan vitamin pada lidah buaya bermanfaat untuk atasi rambut kering.

Caranya, Moms cukup mencampurkan setengah gel lidah buaya dan 2 sdt minyak kelapa. Aduk bahan dan oleskan dengan merata dari kulit kepala sampai ujung rambut. Setelah itu, tutuplah rambut menggunakan shower cap dan biarkan semalaman.

Keesokan harinya, bilas rambut dengan shampoo sampai bersih. Moms bisa melakukan cara ini seminggu sekali agar hasil terlihat setelah 1-2 bulan ke depan.

5. Minyak Kelapa

Kandungan zat emolien pada minyak kelapa dapat mengisi celah pada helai rambut Moms ketika rusak karena paparan sinar matahari. Minyak kelapa juga baik untuk memberikan nutrisi pada serat rambut.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk atasi rambut kering yaitu dengan menggosokkannya ke bagian rambut yang kering. Biasanya bagian kering ada pada ujung-ujung rambut. Diamkan sekitar 20-30 menit kemudian bilas hingga bersih dengan shampoo. Lakukan dengan rutin jika ingin hasil yang maksimal.

Apabila Moms sudah mencoba beberapa cara di atas namun kondisi rambut tidak kunjung membaik, maka konsultasikanlah dengan dokter.

Baca juga: Apa tips rambut cepat panjang secara alami yang Moms bisa lakukan?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like