Bagaimana Cara Menghaluskan Tumit Kaki Secara Alami?

Menghaluskan Tumit Kaki

Pada dasarnya, kulit telapak kaki memang bagian kulit yang lebih kering dibandingkan dengan bagian kulit lainnya karena tidak mempunyai kelenjar keringat. Oleh karena itu, sudah tidak mengherankan banyak orang yang komplain soal tumit kaki mereka yang kering dan juga kasar.

Tumit kaki yang pecah-pecah sering menjadi persoalan karena apabila dibiarkan tanpa perawatan apapun, kulit kaki yang pecah-pecah dapat berdarah dan menyebabkan infeksi yang serius. Lalu, apa saja cara menghaluskan tumit kaki yang dapat Moms lakukan di rumah? Berikut ini jawabannya. 

Baca juga: Bahan Alami Untuk Mengatasi Kulit Kering yang Perlu Moms Ketahui

Cara menghaluskan tumit kaki secara alami

Apabila kondisi kaki Moms yang pecah-pecah sudah terlalu parah, sebaiknya Moms mencuci kaki menggunakan air hangat terlebih dulu kemudian gosok kulit kaki dengan batu apung guna mengangkat lapisan kulit yang mati sebelum Moms mulai melakukan perawatan menghaluskan tumit kaki. 

1. Mengoleskan pelembab lalu bungkus dengan kaus kaki

Cara menghaluskan tumit kaki yang pertama yaitu dengan mengoleskan pelembab dan membungkus kaki. Saat memilih krim pelembab, carilah krim yang kental dan kaya. Contohnya seperti gel lidah buaya, petroleum jelly, atau shea butter.

Semakin lengket tekstur pelembab maka semakin bagusnya pelembab tersebut untuk menghaluskan kulit kaki yang sedang kering dan pecah-pecah. 

Lumuri dengan tebal kaki Moms yang kering setiap malam sebelum tidur. Setelah itu, bungkuslah dengan kaus kaki sehingga pelembab dapat menyerap. Lakukan cara ini setelah Moms mandi demi penyerapan yang lebih baik. Moms pun akan memperoleh tumit yang halus. 

2. Memijat dengan minyak

Cara terbaik untuk menghaluskan tumit secara alami yaitu dengan memberikan kaki kelembaban yang dibutuhkan sebanyak dan juga secepat mungkin. Namun, semua pelembab tidak akan memiliki kerja yang sama baiknya. Biasanya, minyak bekerja lebih baik dibanding lotion karena lotion cepat menyerap ke dalam kulit. 

Moms dapat menggunakan minyak wijen, minyak zaitun, tea tree oil, minyak kelapa, hingga minyak almond. Selain itu, vitamin E juga bisa membantu Moms dalam menyembuhkan serta mencegah kulit kaki yang pecah-pecah. Moms bisa mendapatkan vitamin E dalam bentuk minyak alami ataupun suplemen. 

Saat mengoleskan minyak pada kaki yang kering, pijatlah secara perlahan. Lakukan cara ini setiap malam sebelum Moms tidur. Minyak dapat melembabkan, sedangkan pijatan dapat merangsang sirkulasi guna mempercepat proses penyembuhan gejala. Agar terserap dengan baik, lakukanlah cara ini setelah Moms mandi. 

3. Lulur dengan oatmeal

Lulur menggunakan oatmeal ternyata sudah digunakan selama ratusan tahun sebagai cara atasi iritasi serta peradangan kulit. Nah, dengan menggabungkan oatmeal dan minyak zaitun dapat menjadi cara menghaluskan tumit kaki secara alami, lho. 

Caranya dengan mencampur 1 sdm oats kering dengan 1 sdm minyak zaitun di dalam wadah hingga berbentuk seperti pasta. Setelah itu, lumuri kaki yang kering kemudian biarkan hingga setengah jam sebelum Moms membilasnya dengan bersih. Lalu, oleskan pelembab kulit. Lakukan lulur dengan oatmeal setiap dua hari dalam sehari hingga kondisi kaki membaik. 

4. Masker pisang alpukat 

Untuk menghaluskan tumit kaki, Moms juga bisa memanfaatkan masker pisang alpukat, lho. Pisang merupakan salah satu cara yang terbaik dan juga murah dalam membantu menyembuhkan kaki yang kering dan pecah-pecah. Sedangkan alpukat kaya akan vitamin, beberapa minyak esensial, dan juga lemak yang dapat memperbaiki kulit kering. 

Caranya, ambil satu buah pisang yang matang dan setengah alpukat kemudian haluskan dan campur hingga bertekstur seperti pasta. Setelah itu, balurkan campuran ini di daerah kaki yang kering dan diamkan sekitar 10-20 menit. Moms juga dapat membungkus kaki dengan kaus kaki dan biarkan semalaman untuk mempercepat proses penyembuhan. 

Bilas kaki hingga bersih dengan air hangat dan oleskan pelembab. Lakukan cara ini dua hari sekali hingga keadaan kaki membaik. 

5. Campuran air lemon dan petroleum jelly 

Campuran air lemon dan petroleum jelly ternyata juga mampu menghaluskan tumit kaki yang kering, lho. Caranya dengan merendam kaki di dalam air hangat terlebih dahulu selama 20 menit dan lalu keringkan. Setelah itu, campurkan 3 sendok teh jus lemon dan 1 sendok teh vaselin kemudian aduk hingga merata. 

Gosokkan campuran ini pada kaki yang kering dan biarkan selama 1 jam. Moms juga dapat membungkus kaki menggunakan kaos kaki agar dapat menyerap semalaman. Lakukan setiap hari agar mendapatkan kulit kaki yang halus. 

6. Masker tepung beras

Tepung beras ternyata dapat dimanfaatkan untuk menghaluskan tumit kaki juga, lho. Tekstur tepung beras yang kasar dan bergerindil dapat membersihkan, mengelupas, serta menutrisi kulit kaki dengan asupan mineral penting di dalamnya sehingga kulit pun akan menjadi halus. 

Ambil 2-3 sendok makan tepung beras kemudian tambahkan beberapa tetes cuka sari apel dan madu agar campuran ini bertekstur pasta kental. Apabila Moms memiliki kaki yang sangat kering serta pecah-pecah parah, Moms dapat menambahkan 1 sendok teh minyak almond atau minyak zaitun ke dalam campuran ini. 

Rendam kaki di dalam air hangat selama 10 menit, keringkan, dan balurkan campuran pada kaki yang kering sambil memijat secara perlahan guna mengangkat lapisan kulit mati. Moms dapat melakukan scrub ini dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal. 

Selain itu, selama melakukan perawatan, jangan lupa untuk banyak minum air karena air dapat membantu melembabkan kulit dari dalam dan mempercepat waktu penyembuhan. 

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun Kesehatan Rambut Moms

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x