Jerawat sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari hingga beberapa minggu. Tetapi, guna membantu mempercepat proses penyembuhan, ada beberapa cara menghilangkan jerawat yang bisa Moms coba menggunakan bahan alami. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa Moms manfaatkan untuk menghilangkan jerawat yang membandel.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan alami

Selain rutin merawat kulit, Moms juga dapat menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan alami berikut ini, lho. Diantaranya:

1. Es batu

Cara Menghilangkan Jerawat

Bahan alami pertama yang bisa Moms manfaatkan sebagai cara menghilangkan cara menghilangkan jerawat. Es batu dapat membantu Moms mengurangi peradangan jerawat pada wajah.

Caranya, Moms hanya cukup membungkus es batu menggunakan kain bersih, kemudian tempelkan pada bagian kulit yang sedang berjerawat selama satu menit. Dengan melakukan cara ini, Moms dapat mengurangi pembengkakan serta kemerahan pada jerawat. 

2. Putih telur

Cara Menghilangkan Jerawat

Putih telur juga termasuk ke dalam bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat. Bukan hanya mengurangi peradangan pada jerawat, bahan alami yang satu ini juga dapat mengencangkan kulit serta mengontrol produksi minyak di kulit.

Moms dapat menggunakan putih telur sebagai masker wajah. Oleskan putih telur pada wajah dan biarkan selama 10 menit. Lalu, cuci wajah hingga bersih dengan air. 

Baca juga: Jerawat Biasa dan Purging, Apa Bedanya?

3. Madu

Cara Menghilangkan Jerawat

Cara menghilangkan jerawat yang bisa Moms lakukan selanjutnya yaitu dengan memakai masker madu. Madu mampu menjaga bakteri yang ada pada kulit serta mempercepat proses sembuhnya jerawat. 

Cara memakainya, campurkan 3 sdm madu dan 1 sdm kayu manis. Kemudian, masukkan ke dalam microwave selama 30 detik diamkan hingga tidak terlalu panas. Jika sudah tidak terlalu panas, aplikasikan masker pada wajah hingga merata. Biarkan sekitar 10 menit kemudian bilas dengan air.

4. Timun

Bukan hanya untuk mengatasi mata yang bengkak, menggunakan timun ternyata juga bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan jerawat, lho. Timun mampu mengurangi pembengkakan, peradangan jerawat, serta memberi sensasi dingin pada kulit wajah Moms. 

Agar mendapatkan hasil yang optimal, Moms juga perlu memperbaiki pola hidup dengan cara memperbaiki pola makan yang sehat, beristirahat yang cukup, rutin berolahraga, serta menghindari stres. 

Apabila cara dengan bahan-bahan alami di atas tidak membantu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit agar mendapatkan penanganan serta pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi Moms. 

Baca juga: Mengangkat Sel Kulit Mati di Kaki dengan 3 Cara

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like