Komedo adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Komedo dapat muncul di area kening, dagu, ataupun hidung. Komedo putih mampu muncul dalam jumlah yang banyak sehingga dapat mengganggu penampilan Moms. Maka dari itu, Moms perlu mengetahui cara menghilangkan komedo putih berikut ini. 

Apa yang menyebabkan komedo putih muncul?

Secara alami, sel kulit mati akan muncul karena kulit menghasilkan sel-sel baru untuk menggantikannya. Sedangkan, minyak yang dihasilkan di dalam pori-pori kulit berfungsi agar kulit tetap terhidrasi. 

Komedo putih akan terbentuk saat sel-sel kulit mati, kotoran, serta minyak yang berlebih menyumbat pori-pori kulit. Pori-pori pun akan tersumbat dan menutup sehingga menghasilkan komedo putih. 

Bagaimana cara menghilangkan komedo putih?

Meskipun komedo putih dianggap sulit dihilangkan, tapi masih ada beberapa cara menghilangkan komedo putih yang dipercaya efektif dan dapat Moms lakukan. Diantaranya:

Menggunakan metode uap

Metode uap merupakan salah satu cara menghilangkan komedo putih. Metode ini mampu membantu Moms mengeluarkan kotoran serta zat lain yang menyumbat pori-pori serta menyebabkan munculnya komedo putih. Caranya, Moms perlu menyiapkan semangkuk air panas, kemudian dekatkan wajah pada uap air sehingga pori-pori menjadi terbuka dan komedo pun keluar. 

Menggunakan tea tree oil

Tea tree oil dikenal sebagai anti peradangan serta antimikroba alami. Kandungan ini sudah dipercaya dapat membantu membersihkan komedo putih yang mengganggu. Moms dapat menggunakan pembersih wajah, toner, atau masker yang mengandung tea tree oil sebagai salah satu cara menghilangkan komedo putih.

Caranya mudah, Moms hanya perlu mengoleskan tea tree oil langsung pada area kulit yang penuh dengan komedo. 

Dengan mengoleskan madu

Madu mempunyai sifat antibakteri yang kuat sehingga mampu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Teksturnya yang kental mampu membuat madu menempel pada pori-pori serta meresap ke dalam kulit. Mengoleskan madu yang hangat pada kulit Moms yang berkomedo dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan komedo putih di wajah. 

Menggunakan masker tanah liat

Walaupun banyak jenis masker wajah, menggunakan masker tanah liat dipercaya efektif sebagai cara menghilangkan komedo putih. Masker tanah liat mampu melembutkan pori-pori kulit yang tersumbat serta membersihkan kotoran, sel kulit mati, dan juga minyak yang menyumbat pori-pori kulit wajah. 

Menggunakan asam salisilat

Menggunakan produk yang memiliki kandungan asam salisilat dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan komedo putih. Asam ini dipercaya dapat menurunkan produksi minyak kulit yang berlebih, menghilangkan sel kulit mati, serta mendorong penyumbat pori-pori sehingga dapat membantu Moms menghilangkan komedo putih. Senyawa ini sering terdapat pada produk toner dan astringen untuk jerawat dan beberapa gel serta krim pelembab wajah. 

Menggunakan benzoil peroksida

Moms dapat menggunakan produk dengan kandungan benzoil peroksida untuk membantu menghilangkan komedo putih yang mengganggu. Kandungan ini memiliki sifat antibakteri yang kuat sehingga mampu mengurangi peradangan dan membantu mengeringkan minyak yang berlebih. Senyawa ini biasanya dapat ditemukan pada pencuci wajah, krim, serta toner. 

Menggunakan krim retinoid

Cara menghilangkan komedo putih yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan krim retinoid. Krim retinoud adalah krim perawatan wajah yang memiliki kandungan vitamin A. Vitamin ini dipercaya mampu membersihkan pori-pori sehingga komedo yang membandel pun hilang. 

Selain itu, vitamin A juga memberikan efek anti penuaan, mengurangi peradangan, serta antioksidan yang kuat. Tetapi, krim ini bisa membuat kulit Moms menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Maka dari itu, Moms sebaiknya menghindari paparan sinar matahari langsung jika sedang menggunakan krim ini. Perlu diingat juga bahwa Moms harus menggunakan obat ini dengan resep dokter. 

Eksfoliasi 

Eksfoliasi adalah salah satu cara menghilangkan komedo yang sudah banyak dilakukan orang-orang. Selain menghilangkan komedo, eksfoliasi juga bsia membuat kulit Moms menajdi lebih halus karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang ada. 

Pilihlah produk ekfsliasi yang lembut untuk kulit Moms, kemudian aplikasikan pada area wajah yang berkomedo. Jangan menggosok terlalu keras karena mampu menyebabkan iritasi kulit. 

Apabila komedo putih tidak kunjung hilang atau menjadi semakin banyak, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter kulit. Dokter akan memberi Moms soal perawatan apa yang harus dilakukan. 

Baca juga: Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan 7 Cara

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like