Kulit merupakan organ tubuh terbesar yang mempunyai berbagai macam fungsi. Kulit berfungsi untuk melindungi sistem organ di dalam tubuh, untuk mengatur suhu tubuh, serta sebagai indera peraba yang membantu Moms merasakan adanya rangsangan yang menyenangkan atau sakit.

Selain itu, kulit juga berfungsi sebagai pelindung dari efek radiasi sinar UV yang berbahaya. Namun, terkadang Moms pernah melihat kulit yang tiba-tiba mengelupas. Sebenarnya apa penyebab dan bagaimana cara merawat kulit yang terkelupas?

Penyebab dari kulit yang mengelupas

Fungsi kulit sebagai pelindung ini mengharuskan kulit untuk mempunyai aksi penyembuhan ketika Moms sedang terluka. Proses ini merupakan regenerasi dari sel-sel kulit mati dan kemudian diganti dengan sel-sel kulit sehat. Namun, sel-sel lapisan teratas kulit akan terus memperbarui diri meskipun tidak ada bahaya. Dan seperti ini proses dari kulit yang terkelupas. 

Kulit Moms terdiri dari beberapa lapisan. Epidermis merupakan lapisan teratas yang bisa Moms lihat. Saat keratin mencapai lapisan teratas ini, keratin akan menua dan layu secara perlahan disebabkan oleh cuaca serta lingkungan luar. Sel-sel kulit pun melepaskan diri dari epidermis sehingga kulit terkelupas pun terjadi. Setelah itu, sel-sel kulit muda pun tumbuh.

Sekiranya dibutuhkan waktu 1 bulan bagi sel-sel kulit yang baru untuk benar-benar menggantikan sel kulit mati. Yang artinya, kulit yang Moms miliki sebulan dari sekarang adalah kulit yang berbeda dari kulit Moms saat ini.

Berapa banyak kulit yang mengelupas tiap tahunnya?

Diperkirakan 16 persen dari berat tubuh Moms berasal dari kulit. Apabila Moms ingin tahu berapa banyak sel kulit yang terkelupas, selama 24 jam, Moms akan kehilangan hampir satu juta sel kulit. Dan dalam setahun, jumlah sel kulit mati yang mengelupas dari tubuh dapat mencapai 4 kilogram.

Kulit mati ini mengelupas dalam bentuk serpihan sangat halus, yang dimana adalah komponen utama dari debu di rumah yang sering Moms lihat menumpuk pada permukaan meja.

Pada sisi lain, kulit yang mengelupas ini dapat menandakan adanya iritasi kulit karena efek samping obat atau penyakit kulit yang mungkin saja Moms miliki seperti alergi, psoriasis, kulit kering, infeksi bakteri dan jamur, atau kanker dan juga pengobatan.

Penyakit genetik langka juga dapat menjadi penyebabnya. Kulit yang mengelupas juga merupakan salah satu tanda kerusakan kulit yang sering disebabkan oleh produk perawatan wajah yang memiliki sifat mengeringkan atau terbakar matahari.

Lalu bagaimana cara merawatnya?

Apapun penyebabnya, semua orang pasti menyukai keadaan kulit yang mengelupas dan kasar. Meskipun Moms tidak mampu menghentikan proses kulit yang terkelupas, ada cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kulit mengelupas sehingga kulit pun kembali halus.

1. Kompres dengan air dingin

Untuk merawat kulit yang terkelupas, Moms bisa mengompresnya dengan air dingin. Caranya dengan membasahi kain bersih dengan air dingin, peras air hingga tidak menetes, lalu letakkan kain di bagian kulit yang sedang mengelupas.

Jangan menggosok kulit dengan keras. Diamkan selama 5-10 menit agar kulit menjadi dingin. Setelah itu cuci kain menggunakan air dingin dan kompres lagi sesuai dengan kebutuhan.

2. Gunakan cuka putih, susu, atau bubur oatmeal.

Cuka putih mampu meminimalisir kemerahan serta rasa sakit pada bagian kulit yang terkelupas dan juga mencegah pengelupasan agar tidak semakin parah. Caranya hanya dengan mengoleskan cuka putih langsung ke bagian kulit yang mengelupas secara tipis-tipis. 

Selain itu, susu juga mampu mendinginkan kulit yang kering hingga mengelupas. Moms tinggal mengompres kulit menggunakan susu dingin selama 10 menit.

Asam laktat yang ada pada susu akan menghilangkan kemerahan di kulit serta mengangkat serpihan kulit mati. Sedangkan, kandungan lipid pada susu dapat membuat kulit menjadi lembab.

Cara lain yang bisa Moms lakukan yaitu dengan menggunakan bubur oatmeal dingin untuk lulur. Oatmeal mampu memperbaiki, melembabkan serta melindungi kulit. 

Baca juga: Bahan Alami Untuk Mengatasi Kulit Kering yang Perlu Moms Ketahui

3. Menggunakan lotion pelembab

Dengan sering memakai lotion pelembab, Moms dapat merawat kulit yang terkelupas. Gunakan sunscreen guna menjaga kelembaban kulit serta agar tetap terlindung dari paparan sinar matahari.

Tapi sebaiknya hindari pelembab yang berparfum, dan pilihlah produk dengan kandungan bahan yang dapat menenangkan kulit seperti vitamin E dan lidah buaya.

4. Exfoliation

Moms diperbolehkan untuk melakukan exfoliation tapi lakukanlah secara lembut dengan kain hangat satu kali sehari. Dan akan lebih baik juga apabila Moms menunggu sebagian kulit sudah terkelupas.

Caranya mudah, Moms cukup menggosok kain dengan perlahan dan berikan sedikit  tekanan. Hindari menggosok kulit terlalu keras atau dengan alat penggosok lainnya karena akan menimbulkan kerusakan yang berlanjut. Ulangi cara ini 2 kali sehari apabila diperlukan.

5. Jangan menggaruk atau mengopek kulit

Hindari menggaruk atau mengopek kulit yang terkelupas karena menggaruk hanya akan memperburuk kondisi kulit serta menyebabkan infeksi. Sebaiknya gunakan gunting kecil untuk memotong kulit yang mengelupas.

Moms juga bisa mengaplikasikan lotion pelembab yang memiliki kandungan alpha hydroxy acid ringan agar mempercepat proses bergantinya sel kulit serta menghilangkan sisa kulit yang mengelupas.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like