Jerawat mendadak muncul semalam sebelum acara penting? Pasti sering terjadi kan? Cara ampuh yang biasanya digunakan yaitu dengan obat dari dokter. Namun, efek yang diberi obat dokter tersebut baru terlihat beberapa hari setelah pemakaian. Lalu, selain menggunakan obat dokter, sebenarnya bagaimana menghilangkan jerawat dalam semalam?

Mari simak ulasan tentang penyebab jerawat meradang dan bagaimana cara menghilangkannya.

Baca juga: Masker untuk Kulit Kering dari Campuran Bahan Alami!

Penyebab Jerawat Yang Merah Meradang

Sebum berlebih yang melewati dinding folikel kulit bisa menyebabkan awal bagaimana jerawat merah meradang sampai terjadi. 

Sebum yang bercampur dengan sel kulit mati kemudian akan menyebabkan pori-pori tersumbat. Hal ini bisa menyebabkan bakteri jerawat menjadi berkembang dan sisa-sisa radikal bebas akan merusak jaringan sehingga menyebabkan peradangan dan kemerahan pada jerawat. 

Apabila jerawat tidak berkembang menjadi infeksi, maka warna kemerahan akan hilang dengan sendirinya. Tetapi, hal ini bisa memakan waktu cukup lama meskipun dengan atau tanpa pengobatan.

Baca juga: Hilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Bahan Alami!

Lalu bagaimana menghilangkan jerawat meradang dalam semalam?

Bagi Moms yang ingin tahu cara bagaimana menghilangkan jerawat meradang dalam semalam, bisa menerapkan beberapa cara yang sederhana namun efektif ini. Berikut cara dan penjelasannya. 

1. Kompres dengan es batu

Moms bisa mengompres jerawat dengan es batu yang sudah dibalut dengan kain tipis. Cara ini adalah cara yang paling cepat untuk menghilangkan jerawat meradang dalam semalam. 

Apabila sudah, setelah itu diamkan beberapa menit. Kemudian ulangi sampai warna kemerahan pada jerawat berkurang. Perlu diingat untuk tidak terlalu kencang saat mengompres karena hal itu bisa melukai jerawat dan dapat menyebabkan bakteri menyerang bagian tersebut.

Baca juga: Cara Memakai Sheet Mask untuk Hasil Maksimal!

2. Menghilangkan jerawat dalam semalam dengan aspirin

Tidak hanya untuk obat sakit kepala, ternyata aspirin juga dapat mengurangi warna kemerahan pada jerawat karena kandungan asam salisilat pada aspirin yang bisa membuat sel kulit mati menjadi mengelupas dan bisa mengurangi peradangan. 

Cara menghilangkan jerawat menggunakan aspirin adalah dengan membelah aspirin menjadi dua, dan gerus sampai halus menjadi bubuk. Lalu campurkan 1-2 tetes air bersih sampai teksturnya menjadi pasta. Kemudian oleskan pada jerawat dan tutup dengan plester, setelah itu diamkan selama 30 menit.

3. Menggunakan pasta gigi

Moms pasti sudah tidak asing lagi dengan cara ini. Kebanyakan orang bilang menggunakan pasta gigi dapat menghilangkan jerawat dengan cepat karena kandungan silica yang ada dalam pasta gigi. Silica adalah zat aktif yang membantu untuk mengeringkan jerawat.

Tetapi, saat menerapkan cara ini, jangan menggunakan pasta gigi yang didalamnya mengandung bahan fluoride atau mentol. Karena kedua bahan ini bisa membuat kulit menjadi rentan iritasi sehingga menyebabkan lebih banyak jerawat yang akan bermunculan. 

Perlu Moms ingat juga bahwa tiga cara ini tidak benar-benar bisa untuk menghilangkan jerawat yang meradang secara tuntas. Cara-cara di atas bertujuan hanya sebagai pereda bengkak dan menghilangkan warna kemerahan pada jerawat. Oleh karena itu, Moms perlu mengobati jerawat secepat mungkin agar dapat mencegah terjadinya bekas luka jerawat. 

Baca juga: Ketahui Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penyebab Bruntusan!


Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like