Sudah banyak produk yang dijual di pasaran berguna untuk mengatasi kulit kering. Tetapi, tidak semua orang cocok dengan bahan yang digunakan pada produk-produk di pasaran. Sebagai alternatif, apabila Moms mempunyai kulit kering dan ingin mengatasinya selain menggunakan produk berbahan kimia, Moms bisa menggunakan beberapa bahan alami. 

Selain mudah dicari dan murah, beberapa bahan alami ini sudah terbukti lebih efektif untuk melembabkan dan menutrisi kulit yang kering agar kembali sehat. Nah, simak ulasan tentang apa saja bahan alami untuk mengatasi kulit kering yang perlu Moms ketahui.

Apa Penyebab Kulit Kering?

Kulit kering bisa terjadi dengan tingkatan berbeda pada setiap orangnya, tergantung dengan kondisi kesehatan, faktor usia, tempat tinggal, dan juga lama menghabiskan waktu di ruangan yang terbuka. Orang yang lanjut usia akan lebih rentan untuk mengalami kulit kering.

Sebelum mengetahui bahan-bahan alami apa saja yang bisa Moms gunakan untuk mengatasi kulit kering, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Ada 8 hal yang bisa menjadi penyebab, diantaranya:

  • Iritasi
    Iritasi pada kulit bisa terjadi karena parfum, sabun, bahan pakaian, hingga deterjen atau pelembut kain yang Moms gunakan untuk mencuci baju.
  • Menggosok kulit
    Ternyata, kebiasaan menggosok kulit dapat menjadi penyebab kulit kering. Terlebih jika dilakukan menggunakan alat gosok seperti spons. Gesekan yang terjadi berpotensi untuk merusak lapisan kelembaban pada area permukaan kulit sehingga terjadi kekeringan pada kulit.
  • Penambahan usia
    Semakin bertambahnya usia, maka semakin tipis dan kering juga kondisi kulit. Hal ini terjadi karena berkurangnya hormon yang diproduksi di dalam tubuh. Penurunan hormon tersebut termasuk hormon yang berhubungan dengan kesehatan kulit seseorang.
  • Menggosok badan menggunakan handuk setelah mandi
    Apabila Moms menggosok badan menggunakan handuk hingga kering setelah mandi, kelembaban yang ada pada kulit bisa hilang sehingga menyebabkan kulit menjadi kering.
  • Memakai sabun yang salah
    Memakai sabun yang tidak diperuntukkan untuk kulit akan membahayakan kulit, lho. Hal ini akan menyebabkan pelembab alami kulit terkikis. Sabun yang memiliki formulasi kuat seperti antiseptik mampu meningkatkan resiko kulit kering.
  • Perubahan cuaca
    Perubahan cuaca juga merupakan salah satu penyebab kulit kering. Semakin rendah kelembaban udara, maka kulit pun akan semakin kering. Kelembaban udara biasa terjadi saat suhu sedang dingin.
  • Mandi uap
    Mandi uap panas memang akan memberikan kenikmatan untuk Moms. Tetapi, hal ini ternyata dapat menyebabkan kulit menjadi kering karena temperatur panas akan membuat minyak alami pada kulit cepat kering.
  • Mengalami kondisi kesehatan tertentu
    Apabila kondisi kulit kemerahan dan bersisik, maka bisa jadi Moms mengalami kondisi kesehatan tertentu, seperti psoriasis atau dermatitis atopik. Kulit yang bersisik dan kemerahan juga bisa dikaitkan dengan kondisi medis lain seperti diabetes atau kelenjar tiroid yang kurang aktif.

Baca juga: Ketahui Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penyebab Bruntusan!

Beberapa Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Kering

1. Minyak Zaitun 

Minyak Zaitun Mengatasi Kulit Kering

Di dalam minyak zaitun atau olive oil ini terdapat banyak kandungan asam lemak serta antioksidan yang berguna khususnya untuk kulit kering. Minyak zaitun dapat memberikan efek tenang pada kulit dan bermanfaat untuk mengatasi kulit kering di seluruh tubuh Moms.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi kulit kering di wajah adalah dengan mengoleskan sedikit minyak zaitun sebelum Moms menggunakan pelembab. Sedangkan untuk tubuh, oleskan minyak zaitun pada bagian tubuh yang kering setengah jam sebelum mandi.

Gosok sembari pijat perlahan minyak zaitun di area kulit kering. Setelah itu, mandi dan gunakan body lotion yang bersifat ringan.

2. Susu

Susu Untuk Mengatasi Kulit Kering

Susu juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering. Kandungan anti peradangan dalam susu dapat memberi efek menenangkan di kulit dan dapat mengatasi kulit kering. Selain itu juga, susu mengandung asam laktat yang berfungsi untuk meningkatkan kelembaban pada kulit. Ditambah, susu juga bisa membantu Moms untuk mencerahkan kulit, lho. 

Cara menggunakan susu untuk mengatasi kulit kering yaitu dengan mencelupkan kain bersih ke dalam susu dingin. Setelah itu usapkan pada area kulit kering selama sekitar 5-7 menit.

Apabila susah, basuh area yang sudah diusapkan susu menggunakan kain bersih lain yang telah dicelupkan air hangat. Lakukan langkah ini setiap hari agar kulit kering Moms mendapatkan pelembab alami.

Metode lain yang bisa Moms lakukan adalah dengan menambahkan beberapa tetes air mawar serta jus lemon dengan 4 sendok makan susu. Balur campuran bahan alami ini ke seluruh tubuh dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Lakukan metode ini selama 2 kali sehari setiap hari. 

3. Madu

Bahan alami lainnya yang berguna untuk mengatasi kulit kering adalah madu. Madu adalah salah satu bahan alami yang bisa dijadikan pelembab karena mengandung antimikroba dan antioksidan.

Selain itu, madu juga dapat membantu mempertahankan kelembaban pada kulit Moms. Madu juga memiliki banyak mineral dan vitamin yang mampu meningkatkan kesehatan kulit.

Cara mengaplikasikannya, oleskan madu pada wajah atau seluruh tubuh lalu diamkan selama sekitar 5-10 menit. Ulangi cara ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa atau coconut oil juga termasuk bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering karena terdapat kandungan asam lemak yang mampu melembabkan kulit kering. 

Caranya, Moms hanya perlu membalurkan minyak kelapa murni ke bagian kering di tubuh sebelum tidur dan cuci keesokan paginya. Untuk hasil yang optimal, lakukan cara ini setiap hari sehingga kulit Moms menjadi halus dan tidak kering.

Selain itu, Moms bisa juga mengaplikasikan minyak kelapa pada kulit yang kering setelah mandi. Minyak kelapa lebih mudah untuk diserap saat kulit masih kenyal dan hangat ketika mandi. 

Untuk hasil yang optimal, lakukan cara ini setiap hari sehingga kulit Moms menjadi halus dan tidak kering.

5. Lidah buaya

Bahan alami terakhir yang bisa Moms gunakan untuk mengatasi kulit kering adalah lidah  buaya. Lidah buaya memiliki kandungan antifungal, antiseptik dan memberikan sensasi sejuk pada kulit sehingga dapat membantu mengatasi kulit kering serta gatal iritasi.

Cara penggunaannya, siapkan lidah buaya segar. Kemudian potong dan belah lidah buaya untuk dikeluarkan gelnya. Oleskan gelnya pada area kulit kering dan biarkan sekitar 10-15 menit. Setelah itu, basuh dengan air hangat. Lakukan cara ini 2 kali sehari untuk mendapatkan kelembaban pada kulit yang kering. 

Baca juga: Ketahui Rekomendasi Skincare untuk Kulit Kering Berikut Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like