Komedo adalah awal mula jerawat yang terbentuk akibat adanya pembesaran folikel rambut dan terisi dengan sel-sel kulit mati, minyak, serta bakteri. Ada dua macam komedo, diantaranya komedo terbuka (blackhead) atau komedo hitam, dan komedo tertutup (whitehead). Tidak seperti komedo tertutup yang berwarna putih, komedo terbuka akan menampakkan bintik-bintik kehitaman di kulit Moms. Ini terjadi karena pori-pori yang tersumbat oleh campuran minyak dan sel kulit mati. Apabila ditangani secara tidak tepat, mampu menyebabkan adanya bekas luka permanen. Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut ini cara menghilangkan blackhead dengan tepat.

Berikut ini cara menghilangkan blackhead

1. Hindari penggunaan plester dan alat ekstraktor komedo 

Alat ekstraktor, plester, serta masker untuk komedo memang dapat menghilangkan komedo. Tetapi, cara ini juga akan menghilangkan beberapa elemen kulit yang bermanfaat, misalnya seperti folikel rambut dan minyak alami di wajah. 

Elemen kulit yang hilang ini mampu menyebabkan iritasi. Saat terjadi iritasi, kelenjar minyak nantinya akan memproduksi lebih banyak minyak sehingga blackhead pun akan muncul kembali. 

2. Jangan memakai benzoyl peroxide 

Cara menghilangkan blackhead yang kedua yaitu jangan memakai benzoyl peroxide. Fungsi utama dari benzoyl peroxide yaitu untuk mengurangi peradangan pada jerawat yang sedang meradang. Hal ini tidak dibutuhkan untuk komedo yang terbuka karena tidak terjadi kondisi peradangan. 

3. Pilih produk yang mengandung asam salisilat

Fungsi asam salisilat yaitu untuk menghancurkan material yang membentuk sumbatan pori-pori kulit seperti sel kulit mati dan minyak yang berlebih. Untuk menghilangkan blackhead, Moms dapat menggunakan sabun yang memiliki kandungan asam salisilat sehari sekali di malam hari untuk penggunaan awal. 

Hal ini dilakukan agar kulit menjadi terbiasa dan tidak sensitif terhadap kandungan asam salisilat. Setelah terbiasa, gunakan sabun dengan kandungan asam salisilat di pagi dan malam hari secara rutin. 

4. Mengeksfoliasi kulit mati dengan AHA dan BHA

Alpha dan beta hydroxy acids atau AHA dan BHA adalah bahan eksfoliatif yang mampu menghilangkan kulit mati di lapisan paling atas. Efeknya, kerutan serta bintik-bintik di wajah akan berkurang dan kulit pun menjadi lebih lembut. 

5. Menggunakan sikat pembersih wajah 

Cara menghilangkan blackhead yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan sikat pembersih wajah. Sikat pembersih wajah memiliki fungsi yang mirip dengan bahan eksfoliatif. Agar terhindar dari iritasi gunakan sikat pembersih wajah sekali seminggu. 

6. Mengoleskan retinoid

Retinoid mampu membantu Moms dalam mengatasi jerawat membandel yaitu dengan menghancurkan sumbatan yang ada di pori-pori. Ini akan membantu produk pengobatan komedo terbuka agar lebih mudah untuk masuk ke dalam kulit. 

7. Memakai charcoal mask dan clay mask

Dengan memakai charcoal mask dan clay mask dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan blackhead. Kedua jenis masker ini berguna untuk mengikat minyak, sel kulit mati, kotoran serta sisa bahan lain yang ada di dalam pori-pori. Gunakanlah produk ini 1-2 minggu sekali guna melengkapi perawatan kulit yang berbahan eksfoliatif. 

8. Memakai produk peeling kimia

Produk peeling kimia biasanya memiliki kandungan AHA yang berguna untuk menghilangkan lapisan teratas kulit yang mati. Ini sangat cocok untuk Moms yang menginginkan efek anti aging karena dapat menyegarkan dan menghaluskan kulit. 

9. Menggunakan produk non komedogenik

Cara menghilangkan blackhead yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan produk non komedogenik. Bahan-bahan tersebut tidak menyebabkan terbentuknya komedo ataupun sumbatan pori-pori. 

10. Membersihkan make up sebelum tidur

Make up yang menempel terlalu lama di kulit mampu meningkatkan resiko terjadinya komedo, infeksi, dan juga iritasi pada kulit.

11. Konsultasi dengan dokter kulit

Biasanya, komedi terbuka dapat membaik dalam waktu 6-12 minggu setelah melakukan cara menghilangkan blackhead yang sudah disebutkan di atas. Apabila belum memperoleh hasil yang diinginkan, Moms bisa melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengatasi komedo. 

Baca juga: Muka Bruntusan? Ini Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Muka Bruntusan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like