Warna bibir yang hitam sebenarnya bukan hanya disebabkan oleh merokok. Apabila bibir hitam walaupun tidak merokok, mungkin saja ada kebiasaan lain yang bisa menjadi penyebabnya. Moms penasaran apa saja penyebab bibir menjadi hitam selain merokok? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab bibir menjadi hitam

1. Bibir kering

Bibir akan mudah kering apabila tidak sengaja dilembabkan. Kulit bibir yang terus terbuka akan menyebabkan kelembaban menjadi hilang, terutama ketika cuaca sedang panas. Bibir kering dapat menjadi penyebab bibir menjadi hitam karena bibir mengalami pecah-pecah dan dapat menggelap dengan perlahan.

2. Gaya hidup

Kebiasaan selain merokok yang dapat menjadi penyebab bibir Moms hitam yaitu mengonsumsi alkohol. Hal ini dikarenakan oleh zat asam yang ada pada alkohol. Selain itu, Moms bisa mengalami dehidrasi apabila mengonsumsi alkohol secara berlebihan walaupun alkohol merupakan cairan. Dan salah satu dampak dari dehidrasi yaitu bibir pecah-pecah dan berubahnya warna bibir menjadi hitam.

3. Hiperpigmentasi

Penyebab bibir menjadi hitam lainnya yaitu karena hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi merupakan kondisi dimana terlalu banyak melanin pada tubuh dan akan mempengaruhi warna kulit, termasuk warna bibir. Melanin biasanya dibentuk karena terlalu sering terkena paparan matahari dan bagian wajah adalah area yang sangat berpeluang mengalami hiperpigmentasi..

Karena itu sangat penting bagi Moms untuk menggunakan sunscreen jika sering beraktivitas di luar rumah. Pilihlah juga lipgloss yang mengandung SPF 30 guna mencegah bibir menjadi menghitam karena paparan matahari.

4. Menderita anemia

Jika Moms menderita anemia, maka kondisi ini bisa menjadi alasan bibir Moms hitam. Anemia disebabkan karena Moms kekurangan hemoglobin, yang dimana adalah zat pembawa oksigen serta zat gizi yang ada pada darah. Zat ini yang memberi warna merah pada darah sehingga terjadi perubahan pada kulit dan salah satunya yaitu bibir berubah warna menjadi hitam.

5. Terlalu sering mengonsumsi kafein

Makanan dan minuman kafein yang Moms konsumsi ternyata juga dapat menjadi penyebab bibir menjadi hitam. Kafein adalah zat diuretik yang membuat Moms sering buang air kecil.

Apabila terlalu banyak zat diuretik pada tubuh, maka Moms akan dehidrasi karena cairan akan terus keluar melalui urin. Dan dehidrasi akan menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah dan membuat warna bibir menjadi gelap.

6. Menggunakan produk lipstik yang sudah kadaluarsa

Rasanya pasti tidak lengkap jika Moms tidak memakai lipstik ketika beraktivitas sehari-hari. Tapi, jika Moms terus memakai lipstik walaupun sudah kadaluarsa, ini akan menyebabkan bibir Moms hitam. Karena lipstik yang kadaluarsa tentu saja dapat mempengaruhi kesehatan bibir.

7. Keracunan

Bibir akan berubah menjadi gelap warnanya jika Moms mengalami keracunan. Racun yang dapat menjadi penyebab bibir menjadi hitam adalah perak, tembaga, alkali, kuat, merkuri, dan jenis logam berbahaya lainnya.

Baca juga: Cara Alami Putihkan Gigi Kuning yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like