Bibir kering hingga pecah-pecah merupakan kondisi yang biasa terjadi. Semua orang dapat mengalami bibir kering, khususnya apabila Moms mempunyai tipe kulit kering. Banyak faktor yang dapat menyebabkan bibir moms kering dan pecah-pecah, dan faktor-faktor tersebut masih bisa diobati dengan perawatan yang sederhana.

Sebenarnya, apa saja penyebab dari bibir kering dan pecah-pecah? 

Apa penyebabnya?

Lapisan tipis dan transparan yang dimiliki bibir disebut dengan stratum korneum. Lapisan ini sangat tipis sehingga warna kemerahan pada bibir berasa dari dekatnya jarak lapisan kulit dengan permukaan pembuluh darah. Berbeda dengan kulit wajah, bibir tidak mempunyai kelenjar minyak yang membuat bibir menjadi gampang kering.

Ada beberapa kebiasaan juga yang bisa menjadi penyebab kenapa bibir Moms kering dan pecah-pecah. Nah, apa saja sih kebiasan itu?

1. Dehidrasi

Dehidrasi tentu saja menjadi alasan kenapa bibir Moms kering. Karena dehidrasi dapat mengacaukan keseimbangan mineral alami di dalam tubuh yang berdampak negatif tidak hanya pada sistem organ namun juga pada kulit.

Saat dehidrasi, gejala seperti bibir kering, sakit kepala, pusing, dan sembelit dapat muncul. Apabila sudah mengalami dehidrasi parah, maka akan terjadi demam, tekanan darah menjadi rendah, jantung berdebar, dan napas ngos-ngosan.

Guna mencegah dehidrasi, Mom harus selalu minum 8 hingga 12 gelas per harinya. Minumlah banyak cairan apabila Moms penderita diabetes.

2. Kebiasaan menjilat bibir

Moms mungkin punya satu kebiasaan yang dapat menjadi penyebab bibir Moms kering dan pecah-pecah. Ya, menjilat bibir. Meskipun menjilat bibir dapat memberi kelembaban bersifat semetara, air liur yang berpindah ke bibir dapat mengikis lapisan kulit bibir yang tipis, lho.

Karena kandungan enzim yang ada pada air liur berfungsi untuk mencerna makanan dan bukan untuk memberi kelembaban tambahan di bibir. 

Untuk mengatasi kebiasaan yang satu ini, usahakan untuk berhenti menjilat bibir saat bibir mulai mengering. Moms juga dapat menggunakan lipbalm yang mengandung obat-obatan agar membantu mengurangi kebiasaan menjilat bibir. Selain itu, Moms juga bisa mengaplikasikan gel lidah buaya, karena lidah buaya mengandung properti penyembuh yang dapat memperbaiki kulit bibir yang kering.

3. Kebiasan menggigit bibir

Saat merasa cemas atau sekedar merasa bosan, Moms biasanya akan menggigit bibir. Hal ini ternyata dapat menjadi penyebab bibir Moms kering, lho. 

Sama ketika Moms menjilat bibir, memiliki kebiasaan menggigit bibir dapat mengancam kesehatan bibir. Ketika Moms menggigit bibir, gigi akan mengiritasi bibir karena lapisan bibir akan retak hingga terkoyak dan menyebabkan bibir berdarah.

3. Terlalu banyak minum alkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat mengganggu proses penyerapan vitamin pada tubuh dan akan mengakibatkan Moms tidak dapat memenuhi asupan vitamin yang cukup.

Kekurangan vitamin B2 dan B6 dapat mengakibatkan bibir Moms kering hingga pecah-pecah.

Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi. Solusinya, minumlah satu hingga dua gelas air putih di pagi hari setelah Moms meminum alkohol pada malam hari sebelumnya.

4. Memakan makanan asin atau pedas

Kurangi mengonsumsi makanan asin atau pedas apabila Moms adalah salah satu orang yang gampang mengalami bibir kering. Karena ternyata, garam yang ada pada makanan asin dapat mengiritasi lapisan kulit di bibir yang bisa menyebabkan bibir Moms kering dan pecah-pecah. Sama halnya dengan makanan yang pedas.

Cara alternatifnya, banyak-banyaklah mengonsumsi sayur dan buah-buahan guna mengembalikan keseimbangan pH tubuh. 

5. Terekspos matahari berlebihan

Terkena paparan sinar matahari bisa menjadi penyebab utama bibir Moms kering, bahkan saat cuaca sedang mendung dan berawan.

Untuk mengatasinya, Moms bisa mengaplikasikan lip balm dengan kandungan SPF15 saat ingin beraktivitas di luar rumah. Disarankan untuk memilih lip balm yang memiliki kandungan zinc oxide atau titanium dioxide yang berguna sebagai pelindung UVA.

Lip balm sendiri memiliki kandungan yang dapat membantu melembabkan bibir dan menjadi pelindung dari paparan matahari sehingga bisa mengurangi kekeringan di bibir.

6. Mengonsumsi obat-obatan

Ada beberapa obat yang dapat menjadi penyebab bibir Mom kering dan pecah-pecah, diantaranya:

  • Retinoid
  • Suplemen vitamin A
  • Obat gangguan bipolar
  • Obat anti jerawat seperti accutane atau isotretinoin
  • Obat kemoterapi

Baca juga: Bibir Moms Menjadi Bengkak, Apa Saja Penyebabnya?

Cara menangani bibir kering pecah-pecah

Bibir Moms Kering

Cara terbaik yang dapat Moms lakukan adalh dengan rutin mengoleskan lip balm ber-SPF dan mencukupi asupan cairan agar bibir kering tidak terulang kembali.

Melakukan scrub bibir juga dapat membantu. Butiran pada scrub dapat mengangkat sel kulit mati sehingga hanya meninggalkan lapisan kulit yang baru dan sehat.

Sebelum tidur, Moms bisa mengoleskan lip balm. Usahakan untuk tidak menggunakan lip balm yang mengandung pewangi, peppermint, menthol, ekstrak citrus, atau camphor karena kandungan ini dapat memperparah bibir yang kering.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like