Sebagai warga negara tropis di mana matahari bersinar terang sepanjang tahun membuat kita rentan terpapar sinar matahari langsung. Akibatnya, kulit yang awalnya berwarna kuning langsat atau cokelat muda pun bisa menjadi gelap atau gosong. Kalau sudah begitu, adakah cara alami mencerahkan kulit yang menjadi lebih kusam akibat sinar matahari?

Jika Moms sering beraktivitas di luar ruangan, pastinya akan sering terkena sinar matahari langsung. Kulit pun akan terkena efeknya dan bisa menimbulkan belang atau warna yang lebih gelap dibanding awalnya.   

Penyebab kulit menjadi kusam dan gelap dan cara alami untuk memutihkan kulit

Jika terlalu lama berada di bawah sinar matahari berisiko membuat kulit jadi terbakar matahari atau sunburn. Kulit yang terlanjur mengalami sunburn akan berubah warna menjadi kemerahan. Kemudian bisa diikuti dengan rasa gatal, perih, atau panas di permukaan kulit.

Pada beberapa orang dengan kulit yang lebih sensitif bahkan bisa membuat kulitnya melepuh. Jika sunburn yang diderita sangat parah, Moms bisa saja merasa gemetar, pusing, sakit kepala, hingga demam.

Kulit gosong atau belang-belang adalah kondisi kulit menjadi berwarna lebih gelap yang biasanya terjadi secara berangsur-angsur. Jika kondisi kulit sudah terlanjur belang-belang akan sulit untuk memutihkan kulit kembali tanpa perawatan yang tepat.

Penyebabnya juga adalah kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus seperti misalnya, Moms berangkat ke kantor berjalan kaki atau naik sepeda motor.

Meskipun Moms hanya beberapa menit berada di bawah sinar matahari dan sengatannya tak begitu kuat, hal tersebut tetap akan menimbulkan reaksi jika kulit tak terlindungi oleh sunscreen atau sunblock. Kondisi kulit gosong juga biasanya tidak disertai dengan gangguan lain pada tubuh atau kulit.

Cara alami mencerahkan kulit hitam dan belang akibat sinar matahari

Lemon merupakan salah satu bahan alami untuk mencerahkan kulit

Biasanya kulit terkena sengatan matahari secara tidak merata pada seluruh kulit tubuh, akibatnya Moms pun akan terlihat belang. Jika sudah begitu, Moms bisa menjadi tidak pede, dan perawatan untuk mencerahkan kembali kulit bukanlah hal yang mudah dan murah.

Namun jangan khawatir, Moms tetap bisa merawat dan menggunakan cara alami untuk mencerahkan kulit gosong di rumah. Karena menggunakan bahan-bahan alami, efeknya bisa terlihat lebih cepat dan tentu saja harganya juga akan lebih terjangkau dibanding membeli berbagai produk pemutih kulit.

Berikut ini adalah berbagai cara alami mencerahkan kulit gosong karena sengatan matahari yang bisa Moms praktikan segera di rumah.

1. Gunakan masker dari timun dan lemon

Cara alami mencerahkan kulit yang pertama adalah dengan membuat masker dari timun dan lemon, Moms mulai dengan menghancurkan timun sampai lembut dan campurkan dengan 2 sendok air perasan lemon.

Bisa juga ditambahkan sejumput kunyit yang sudah diparut ke dalam campuran tersebut, lalu aduk sampai rata. Oleskan  campuran yang sudah merata pada area kulit gosong atau yang sering terkena sinar matahari. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air bersih sesudahnya. 

Khasiat timun adalah untuk memberikan efek yang sejuk serta melawan radikal bebas yang bisa berbahaya bagi sel kulit. Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang dapat berfungsi sebagai pemutih alami bagi kulit gosong. 

Terakhir, kunyit bisa berguna untuk mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam. Dengan ramuan tersebut, dijamin kulit Moms akan tampak lebih cerah bersinar.

2. Gunakan masker lidah buaya

Lidah buaya diketahui mempunyai banyak manfaat untuk kulit, salah satunya adalah untuk mengatasi masalah kulit gosong. Untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal, pergunakan getah atau cairan dari lidah buaya asli.

Tips untuk memutihkan kulit adalah dengan mengoleskan getah lidah buaya pada kulit gosong, lalu diamkan semalaman. Kemudian pada pagi harinya, bilas bersih kulit yang sudah dioleskan lidah buaya.

3. Ramuan masker susu dan oatmeal

Cara alami mencerahkan kulit gosong berikutnya adalah dengan menggunakan campuran bubuk oatmeal dan susu segar. Campur kedua bahan tersebut secukupnya sampai tekstur adonannya lembut tapi tetap cukup padat.

Kemudian, oleskan campuran yang sudah jadi pada kulit yang gosong. Diamkan kulit yang sudah dioleskan selama kurang lebih satu jam, lalu bilas hingga bersih. 

Khasiat yang bisa didapat dari Oatmeal adalah kemampuannya menutrisi dan meratakan warna kulit, sementara susu bisa membantu menjaga kelembapan alami kulit dan juga mencerahkan kembali kulit yang gosong akibat paparan sinar matahari.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like