Kulit gatal dan bentol merah karena gigitan nyamuk memang sudah biasa. Biasanya Moms hanya mengoleskan lotion anti nyamuk untuk meredakan rasa gatalnya. Tapi, bagaimana cara atasi kulit gatal akibat gigitan kutu kasur?

Bagaimana cara atasi kulit gatal akibat gigitan kutu kasur?

Bekas luka dari gigitan kutu kasur sebenarnya dapat sembuh dan hilang sendiri dalam waktu 1-2 minggu. Namun, jika Moms tidak tahan akan rasa gatal pada kulit, Moms bisa mencoba cara atasi kulit gatal karena akibat gigitan kutu kasur berikut ini. 

1. Menggunakan krim topikal

Cara atasi kulit gatal yang pertama adalah dengan mengoleskan krim topikal pada bagian kulit yang terasa gatal. Moms bisa menggunakan jenis krim topikal yang dijual di apotek atau menggunakan krim topikal yang disarankan oleh dokter.

Contoh krim topikal yang dijual bebas di apotek yaitu losion calamine. Moms harus memastikan dengan benar aturan pemakaiannya karena krim ini dijual secara bebas. Tanyakan kepada apoteker jika Moms masih merasa bingung.

Dan apabila kulit gatal tidak kunjung hilang walaupun Moms sudah memakai krim topikal, maka segera konsultasikan kondisi ini dengan dokter. Dokter akan memberi resep krim kortison atau salep doxepin guna membantu mengurangi rasa gatal pada kulit.

Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

2. Menggunakan antibiotik

Meskipun kulit gatal karena gigitan kutu kasur terasa sangat gatal hingga ingin menggaruknya, Moms harus menghindari menggaruk kulit agar tidak menimbulkan infeksi bakteri sekunder.

Cara atasi kulit gatal jika Moms sudah terlanjur mengalami infeksi kulit, dokter biasanya akan memberi resep antibiotik untuk mengurangi gejala gata. Antibiotik ini bisa berubah obat minum seperti dipenhydramine atau salep mupirocin, tergantung seberapa parah infeksi yang Moms derita.

3. Rutin mengganti seprai

Cara mengatasi kulit yang gatal karena gigitan kutu kasur bukan hanya dengan menggunakan obat, lho. Semua obat itu akan sia-sia jika Moms masih malas untuk mengganti seprai kasur dimana itu adalah tempat si kutu kasur bersembunyi. 

Moms harus rutin mengganti seprai kasur, guling, bantal, serta selimut 1-2 minggu sekali agar terhindar dari gigitan kutu kasur. Seprai juga harus dicuci dengan air panas agar lebih efektif dalam membunuh kutu kasur serta mencegahnya untuk datang kembali.

Baca juga: Terkena Air Panas? Ikuti 4 Cara Mengobatinya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like