Moms pasti tidak ingin mempunyai bibir yang kering dan gelap, kan? Kondisi tersebut tentu saja bisa merusak penampilan. Maka dari itu, Moms perlu menjaga bibir agar tetap tampak cerah dan berwarna kemerah-merahan. Salah satunya yaitu dengan menggunakan lip scrub. Moms dapat membuat lip scrub sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami, lho. Selain dapat berhemat, lip scrub dari bahan alami juga akan bebas dari kandungan kimia di dalamnya. Ingin tahu cara membuat lip scrub? Simak penjelasan berikut ini. 

Ketahui cara membuat lip scrub berikut ini 

1. Scrub gula dan minyak zaitun

Lip scrub yang pertama yaitu berasal dari gula dan minyak zaitun. Gula berfungsi sebagai zat yang abrasif untuk merontokkan sel kulit mati yang menumpuk di bibir dan minyak zaitun sendiri sudah sering digunakan untuk kesehatan serta kecantikan. 

Cara membuat lips scrub dari kedua bahan ini mudah, Moms cukup mengambil 1 sdm gula pasir lalu campur dengan minyak zaitun. Setelah itu, oleskan pada bibir dan biarkan selama 10 menit. Apabila sudah, gosok perlahan kemudian bilas menggunakan air bersih. 

Untuk hasil yang maksimal, jangan lupa untuk mengoleskan lip balm setelah selesai men-scrub bibir. 

2. Scrub brown sugar dan madu

Madu dipercaya mampu menjaga kelembaban kulit, sedangkan brown sugar efektif untuk menjaga kulit bibir dari paparan sinar UV serta toksin. Dengan kedua bahan alami ini, Moms dapat mencerahkan kembali warna bibir. 

Cara membuat lip scrub dari brown sugar dan madu yaitu cukup mencampurkan 2 sdm brown sugar dan 1 sdt madu ke dalam wadah atau mangkuk kecil, kemudian aduk sampai rata. Setelah itu, aplikasikan scrub pada bibir sambil memijat dengan lembut selama 1 menit. 

Lalu, diamkan selama 5 menit dan bilas menggunakan air hangat. 

Untuk hasil maksimal, lakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. 

3. Scrub gula dan peppermint oil

Gula dan peppermint oil mampu melembutkan bibir dan merontokkan sel kulit mati sehingga bibir akan tampak lebih cerah. 

Cara membuat lip scrub yang satu ini mudah, Moms hanya perlu menyiapkan ¼ cangkir gula, 1 sdt olive oil, 1 sdt madu, serta 1 tetes minyak peppermint. Setelah itu, campur semua bahan di dalam wadah kecil dan aduk hingga merata. 

Lalu, basahi kain atau handuk dengan air hangat dan letakkan di bibir selama kurang lebih 3-5 menit. Kemudian, gosok campuran scrub dengan perlahan dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. 

Bersihkan sisa scrub dengan handuk yang sudah dibasahi air hangat dan jangan lupa untuk memakai lip balm setelahnya. 

4. Scrub gula dan lip balm

Moms bisa mencegah bibir kusam dengan menggunakan scrub gula dan lip balm. Cara membuat lip scrub ini juga sederhana. 

Bahan-bahan yang diperlukan hanya 2 sdt gula putih, 1 sdt minyak kelapa, dan 1 butter lip balm. Campurkan butter lip balm dan gula hingga bertekstur seperti pasta, lalu masukkan minyak kelapa dan aduk kembali hingga rata. 

Setelah itu, oleskan scrub pada bibir dan biarkan selama 10 menit. Bersihkan sisa scrub dengan menggunakan air hangat. Gunakan campuran scrub ini 3-4 kali dalam satu minggu untuk hasil yang maksimal. 

5. Scrub gula dan lemon

Khasiat lemon untuk kecantikan kulit wajah sudah terbukti sejak lama. Bahan alami yang satu ini juga bisa digunakan untuk merawat bibir agar menjadi merah alami dengan gabungan gula pasir juga. Hal ini disebabkan kandungan yang ada di dalam lemon berfungsi sebagai bleach alami serta skin toner yang efektif untuk mencerahkan bibir. 

Cara membuat lip scrub yang satu ini yaitu dengan memeras lemon dan mencampurkan sarinya dengan 1 sdm gula, dan aduk merata. Lalu, oleskan sambil pijat dengan perlahan dan diamkan hingga meresap ke dalam bibir. 

Setelah itu, bilas bibir hingga bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. 

Selain menggunakan lip scrub alami, jangan lupa juga untuk memperbanyak asupan air putih agar tidak dehidrasi, ya! 

Baca juga: Bibir Moms Kering dan Pecah-pecah? Hindari Kebiasaan Ini!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like