Cara Membuat Lipbalm dengan Bahan Alami

Cara Membuat Lipbalm

Apakah Moms memiliki bibir yang kering? Lipbalm atau pelembap bibir dapat menjadi solusinya. Tidak perlu membeli, Moms dapat membuat lipbalm sendiri dengan bermodalkan tiga bahan baku yang mudah dicari. Bagaimana cara membuat lipbalm dengan menggunakan bahan alami? Simak caranya berikut ini.

Coconut butter atau minyak kelapa

Bahan utama dalam cara pembuatan lipbalm alami yaitu menggunakan coconut butter, atau Moms dapat menggunakan minyak kelapa sebagai gantinya. Coconut butter organik sudah banyak dijual di toko-toko online sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan kulit.

Perbedaan nya, coconut butter bersifat lebih lembut dan tidak terlalu oily. Berbeda dengan minyak kelapa yang lebih oily.

Gunakan sedikit lipstik sebagai warna

Cara membuat lipbalm selanjutnya yaitu dengan menggunakan lipstick. Pilihlah warna yang Moms suka. Moms dapat menambahkan potongan lipstik favorit Moms atau teteskan sedikit lip cream kedalam adonan lipbalm. Upayakan memilih warna soft agar bibir tampak lembap alami.

Tambahkan essential oil sebagai aroma

Cara membuat lipbalm berikutnya yaitu dengan menambahkan sedikit essential oil ke dalam adonan lipbalm untuk memberi aroma. Sebenarnya untuk cara ini bisa Moms lewatkan apabila tidak memerlukan aroma.

Campurkan semua bahan di atas dengan air panas

Saat semua bahan siap, cara selanjutnya dalam membuat lipbalm yaitu panaskan air dalam panci kecil hingga mendidih. Matikan api kemudian letakkan mangkuk di atas panci untuk melelehkan coconut butter. Apabila Moms menggunakan minyak kelapa, tetap lakukan tahap ini walaupun bentuknya sudah cair.

Setelah mencair, masukkan potongan lipstik lalu aduk hingga tercampur rata. Biarkan sampai agak dingin sebelum meneteskan essential oil ke dalam adonan.

Dinginkan hingga padat

Moms dapat menyiapkan wadah kecil untuk tempat lipbalm, atau gunakan kemasan bekas lipbalm yang telah habis. Pastikan wadah tersebut sudah dicuci hingga bersih dan dilap sampai benar-benar kering. Tuang adonan lipbalm ke dalamnya dan biarkan mendingin.

Setelah adonan cukup dingin, simpan dalam kulkas semalaman agar memadat dengan sempurna. Lipbalm dengan bahan alami siap Moms gunakan keesokan harinya.

Lipbalm alami ini dapat Moms oleskan sebanyak 2-3 kali. Bahan-bahan alami yang terdapat didalamnya akan menjaga kelembapan bibir seharian.

Nah bagaimana Moms, mudah bukan cara membuat lipbalm dengan menggunakan bahan alami? Selamat mencoba ya, Moms!

Baca Juga: Cara Membuat Lip Scrub untuk Mencerahkan Bibir

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x