Walaupun bukan masalah yang besar, bekas jerawat di wajah bisa membuat Moms jadi kurang percaya diri. Jika terdapat noda bekas jerawat di wajah, Moms tidak perlu cemas lagi karena ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami. Selain mudah untuk didapat, bahan alami cenderung lebih murah serta minim efek samping.

Nah, apa saja bahan alami yang bisa Moms manfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat? Simak penjelasannya berikut ini. 

Apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat?

Di bawah ini merupakan bahan alami yang bisa membantu Moms menghilangkan bekas jerawat, diantaranya:

Lidah buaya

Cara menghilangkan bekas jerawat yang pertama yaitu dengan menggunakan lidah  buaya. Lidah buaya adalah bahan alami yang dipercaya dapat memudarkan noda bekas jerawat. Hal ini dikarenakan adanya senyawa aloin di dalamnya yang mampu mencerahkan area kulit yang tampak gelap. Senyawa aloin ini ada pada gel lidah buaya. 

Baca juga: Manfaat Lidah Buaya Selain untuk Hand Sanitizer

Jus lemon

Banyak orang yang memanfaatkan jus lemon sebagai cara menghilangkan bekas jerawat. Jus lemon mengandung vitamin C serta antioksidan yang dapat memudarkan noda bekas jerawat di awajah. Namun, jika Moms mempunyai kulit yang kering dan sensitif, disarankan untuk tidak menggunakan jus lemon karena kulit akan rentan mengalami iritasi. 

Cuka apel

Bahan alami selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat yaitu cuka apel. Selain menghilangkan bekas jerawat, cuka apel mengandung bahan yang mampu meringankan pigmentasi kulit, memperbaiki sel, merangsang produksi kolagen, serta mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara menggunakannya, Moms hanya cukup mencampur cuka apel mentah dan air dengan jumlah yang sama. Lalu, celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan oleskan pada setiap noda jerawat di wajah. Biarkan sekitar 5 menit dan bilas wajah dengan air hingga bersih. Moms bisa melakukan cara ini setiap hari. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Madu

Bahan alami yang satu ini bukan hanya dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat, tapi juga bisa mempercepat proses sembuhnya luka serta mengurangi adanya potensi jaringan parut pada luka. Moms bisa menggunakan madu sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat.

Caranya, basuh muka dengan air hangat sampai pori-pori terbuka, lalu oleskan madu, dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat kemudian dengan air dingin agar pori-pori tertutup kembali. 

Ternyata banyak cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa Moms coba, kan? Jika cara-cara di atas tidak bisa menghilangkan bekas jerawat yang ada, Moms dapat mencoba perawatan medis seperti needling, laser wajah, chemical peeling, atau dermabrasi. Lakukan juga konsultasi dengan dokter soal jenis perawatan apa yang sesuai dengan kondisi kulit Moms.

Baca juga: Jerawat Biasa dan Purging, Apa Bedanya?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like