Ada berbagai cara menghilangkan komedo hitam yang bisa Moms lakukan. Dari mulai mengeluarkan banyak uang hingga dengan cara yang murah. Tetapi, semahal apapun perawatan yang Moms lakukan demi menghilangkannya, komedo akan muncul lagi nantinya. Nah, daripada harus terus merogoh kocek dengan hasil yang tidak pasti, lebih baik manfaatkan bahan-bahan alami berikut ini yang murah dan mudah untuk didapatkan. 

Manfaatkan bahan alami sebagai cara menghilangkan komedo hitam 

1. Air hangat 

Bahan alami yang pertama yaitu air hangat. Penggunaan air hangat bisa membantu Moms untuk membuka pori-pori kulit, sehingga kotoran-kotoran di kulit akan keluar dengan sendirinya. 

Menggunakan air hangat sebagai cara menghilangkan komedo hitam sangatlah mudah. Moms cukup memasak air, lalu masukkan ke dalam wadah. Setelah itu, dekatkan wajah pada wadah dan biarkan wajah diuapi oleh uap air panas akan pori-pori kulit terbuka. 

2. Pasta gigi

Pasta gigi memiliki kandungan fluoride dan mineral yang bisa digunakan untuk menghaluskan wajah kasar akibat komedo. Namun, sebaiknya Moms memiliki pasta gigi yang menggunakan bahan herbal dan tidak terdapat bahan kimia di dalamnya. 

Cara menghilangkan komedo hitam dengan pasta gigi yaitu Moms cukup mengoleskannya secara rata pada area yang terdapat banyak komedo, biarkan selama 15 menit, dan bilas hingga bersih.  

3. Baking soda

Bahan alami selanjutnya yang dapat dipakai sebagai cara menghilangkan komedo hitam yaitu baking soda. Baking soda memiliki beberapa kegunaan, diantaranya mengatur produksi minyak di kulit, mengelupas sel kulit mati yang menumpuk, serta membantu menjaga kadar pH kulit. 

Nah, cara penggunaannya cukup campurkan baking soda dan air hingga bertekstur seperti pasta dan oleskan secara merata di wajah. Setelah itu bilas hingga menggunakan air. 

4. Tepung gandum

Moms juga bisa memanfaatkan tepung gandum sebagai masker untuk membersihkan komedo di wajah, lho. Caranya yaitu, buat pasta dari tepung gandum, oleskan campuran pada area wajah yang berkomedo, dan biarkan hingga kering. Setelah kering, cuci wajah hingga bersih dengan air hangat. 

 5. Scrub kopi dan gula

Selain digunakan sebagai minuman dan perasa manis, kopi dan gula ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo hitam. Campuran dari kedua bahan ini mampu mengangkat kulit mati di wajah sehingga wajah pun menjadi bersih, halus dan bebas komedo. 

Cara penggunaannya, campurkan 2 sdm bubuk kopi dan 1 sdm gula pasir hingga bertekstur seperti pasta. Sebelum mengaplikasikannya, cuci wajah terlebih dahulu sampai bersih. Setelah itu, gosokkan scrub secara merata dan lakukan gerakan menggosok selama 1 menit agar sel kulit mati di wajah terangkat. Kemudian, bilas wajah dengan air bersih. 

6. Garam

Biasanya, Moms pasti hanya menggunakan garam sebagai penambah rasa pada makanan, kan? Jangan salah, garam ternyata juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo hitam. 

Caranya, Moms hanya perlu melarutkan garam pada air panas dan hadapkan wajah pada uap air panas yang keluar dari campuran tersebut. 

Baca juga: Cara Memakai Minyak Zaitun untuk Wajah Sesuai Dengan Jenis Kulit

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like