Salah satu masalah wajah yang seringkali dialami oleh banyak orang adalah komedo. Walaupun terlihat sepele, komedo bisa membuat orang menjadi kehilangan percaya diri. Terlebih jika komedonya tampak berupa titik-titik hitam di wajah terutama bagian hidung, bikin rasa percaya diri seakan hilang. Lalu, bagaimana cara untuk menghilangkan komedo hitam yang membandel? Berikut penjelasannya.

Faktor munculnya komedo

1. Berkembangnya bakteri propioni bacterium acnes pada permukaan kulit secara tidak terkendali.

2. Sel kulit mati yang tertimbun di permukaan kulit.

3. Perubahan hormon sehingga produksi minyak bertambah.

4. Kulit yang terlalu kering.

5. Menggunakan produk kecantikan dengan bahan kimia yang berbahaya.

Komedo hitam dan putih

Komedo juga terbagi menjadi 2 macam, yaitu komedo hitam dan komedo putih.

Komedo hitam:

Komedo ini memiliki sifat terbuka yang ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang ditutup oleh sekumpulan kotoran kulit dan sebum. Komedo hitam ini biasanya terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam

Komedo putih:

Berbeda dengan komedo hitam, komedo putih tidak nampak, namun dapat ditemukan dengan menekan pori-pori wajah.

Umumnya, komedo hitamlah yang paling mengganggu penampilan karena sangat terlihat. Beberapa orang pun berusaha menghilangkan komedo. Cara menghilangkan komedo hitam juga telah menjamur seperti yang kita ketahui. Ada yang dengan menggunakan alat dengan cara memencet komedo hingga keluar, ada pula yang menggunakan vacuum cleaner khusus komedo, ada yang menggaruk-garuk sendiri menggunakan kuku jari tangan, ada yang menggunakan plester khusus komedo yang disebut pore pack.

Cara menghilangkan komedo hitam memang beragam. Ada yang harus mengeluarkan banyak uang, ada juga yang murah. Akan tetapi, semahal apapun perawatan yang dilakukan agar komedo hilang, nantinya komedo akan kembali juga. 

Cara Menghilangkan Komedo Hitam

Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai cara menghilangkan komedo hitam secara alami.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan jeruk nipis:

Peras buah jeruk nipis, oleskan air perasan pada area wajah yang berkomedo. Selanjutnya diamkan selama 15 menit dan bilas wajah dengan air bersih

 Kulit jeruk

Dibandingkan dengan buahnya, kulit jeruk ternyata lebih banyak mengandung vitamin C. Apabila Moms suka sekali makan jeruk, jangan terburu-buru dibuang kulitnya. Kulit jeruk dapat dipakai sebagai masker wajah yang berguna sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan kulit jeruk:

Jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering, tumbuk kulit jeruk hingga halus, campurkan dengan air hingga berbentuk pasta, oleskan pada area berkomedo yang sebelumnya telah dibersihkan. Selanjutnya diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas dan membersihkan pori-pori.

Pepaya

Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulitmu. Dengan pepaya, kulit mati menjadi hilang, membersihkan kotoran pada wajah juga, serta dapat membersihkan komedo. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan pepaya:

Potong pepaya kecil-kecil, haluskan pepaya sampai lembut, gunakan sebagai masker, dan biarkan selama 30 menit.

Penggunaan buah ini akan membantu mengecilkan pori-pori wajah.

Lemon

Lemon kaya akan vitamin C. Selain itu, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Lemon dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo hitam.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan lemon:

Peras buah lemon, oleskan air perasan lemon pada area wajah yang berkomedo

Diamkan selama 15 menit

Tomat

Senyawa anti-oksidan yaitu lycopine ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk sehingga komedo tidak muncul. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan tomat:

Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur, oleskan pada wajah, selanjutnya diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

 Lidah buaya

Dengan menggunakan lidah buaya, Moms mendapatkan banyak manfaat sekaligus. Menyegarkan wajah, mencerahkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori wajah, serta membersihkan komedo.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan lidah buaya:

Petik daun lidah buaya secukupnya, ambil gel yang ada di tengahnya, oleskan secara merata pada kulit area berkomedo, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

Putih telur

Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan wajah serta sebagai cara mengecilkan pori-pori sehingga kotoran dari luar tidak menumpuk pada kulit dan tidak menimbulkan komedo karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan putih telur:

Putih telur digunakan sebagai masker wajah agar wajah terlihat cerah dan berseri, untuk menghindari bau amis, Moms dapat menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

Madu

Pelembab alami wajah selanjutnya adalah madu yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati.

Caranya antara lain:

Siapkan 1 sdm madu,oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit, bilas dengan air bersih.

Nah, mulai sekarang Moms tidak perlu khawatir lagi dengan komedo ya.

Baca Juga: Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cuka Apel

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like