Cuka apel dikenal sebagai bahan untuk memperkaya rasa pada makanan, namun ternyata ada juga kegunaan lain cuka apel untuk kecantikan. Ya, ada yang mengatakan bahwa cuka apel efektif untuk membasmi jerawat. Benarkah klaim tersebut? Jika benar, amankah memakai cuka apel untuk wajah yang mempunyai kulit lebih sensitif jika dibandingkan kulit di area tubuh lainnya?

Agar Moms benar-benar yakin sebelum memutuskan, baiknya kita ulas dulu topik yang satu ini.

Baca juga: Berasal Dari Bahan Alami, Berikut Masker untuk Jerawat yang Bisa Dicoba!

Manfaat yang bisa dihasilkan cuka apel

Di dalam cuka apel terkandung antioksidan dan antibakteri yang cukup tinggi. Hal tersebut membuat sebagian orang mulai menggunakan cuka apel yang dianggap bisa membantu merawat wajah secara alami.

Kombinasi kandungan asam asetat, laktat, suksinat, dan sitrat yang dimiliki oleh cuka apel memang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Asam asetat yang ada di dalam cuka apel juga dapat memecah keratin yang menyumbat pori-pori wajah.

Ada juga kandungan asam alfa hidroksi yang bisa memperbaiki tekstur kulit, mempercepat pengelupasan sel kulit mati, dan menyerap minyak di wajah. Hal tersebut berefek baik untuk mengeringkan sekaligus memudarkan warna kulit yang tidak merata akibat efek bekas jerawat.

Baca juga: Hilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Bahan Alami!

Amankah menggunakan cuka apel untuk kulit wajah?

Meski mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat di atas, namun Moms tetap tidak boleh sembarangan dalam menggunakan cuka apel pada area kulit wajah. Hal tersebut dikarenakan cuka apel tidak disarankan untuk langsung dioleskan pada kulit, terutama kulit wajah yang mempunyai tingkat sensitifitas lebih tinggi.

Sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang membuktikan manfaat dan juga keamanan dari penggunaan cuka apel untuk wajah. Selain itu, pada jenis kulit yang berbeda juga dapat menghasilkan efek yang berbeda saat menggunakan cuka apel.

Bisa saja cuka apel bermanfaat pada orang yang mempunyai kulit normal dan masalah jerawat yang ringan, namun ceritanya bisa beda jika yang menggunakan adalah orang dengan kulit sensitif dan mempunyai masalah jerawat yang kompleks.

Jika Moms mempunyai kulit sensitif dan ada luka terbuka pada wajah, sebaiknya hindari pemakaian cuka apel karena bisa menyebabkan masalah yang serius. Kadar PH dalam cuka apel yang tinggi akan rentan menyebabkan iritasi dan ruam kemerahan pada jenis kulit wajah sensitif.

Pada beberapa kasus, penggunaan cuka apel pada area wajah yang sensitif bisa menyebabkan luka bakar kimia, terutama jika dibiarkan dalam waktu lama.

Baca juga: Pelajari Cara Alami Mengobati Kulit Kering Bersisik

Metode aman menggunakan cuka apel untuk perawatan kulit wajah

Jika Moms masih penasaran ingin mencoba menggunakan cuka apel pada kulit wajah, boleh saja asalkan ikuti cara aman dalam melakukannya. Perlu dicatat, sebelum mengoleskan cuka apel pada area kulit wajah yang lebih sensitif jika dibandingkan kulit lain, baiknya Moms coba dulu oleskan cuka apel di area kulit belakang telinga atau punggung tangan.

Tunggu selama satu hingga dua jam untuk melihat apakah ada iritasi atau reaksi alergi yang ditimbulkan oleh cuka apel. Jika muncul iritasi, sebaiknya Moms tidak menggunakan cuka apel untuk wajah karena hampir bisa dipastikan bahwa efek yang sama akan muncul pada kulit wajah.

Jika tidak ada efek iritasi atau kemerahan yang muncul, Moms bisa mencoba untuk mengoleskan cuka apel pada wajah namun sebelumnya campurkan dulu cuka apel dengan air. Sesudah itu, gunakan kapas bersih untuk mengoleskan campuran cuka apel dan air ke kulit wajah hingga merata.

Untuk yakin seratus persen, ada baiknya Moms berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum memakai cuka apel untuk perawatan kulit wajah.

Baca juga: Apa Benar Bawang Putih Bisa Untuk Menyembuhkan Jerawat?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like