Toner merupakan cairan yang berbahan dasar air dengan konsistensi yang sama seperti cuka. Toner mengandung bahan aktif yang dapat membantu Moms dalam mengatasi masalah-masalah tertentu.

Toner tidak hanya mampu menghilangkan kotoran seperti sisa make up dan juga minyak, namun juga dapat menenangkan, memperbaiki, serta menghaluskan permukaan kulit dan juga mengurangi noda dan mengurangi peradangan pada kulit. Penasaran apa saja fungsi toner bagi kulit wajah yang lainnya? Simak artikel di bawah ini.

Fungsi Toner Bagi Kulit Wajah 

Toner mempunyai berbagai macam fungsi tergantung pada kandungan serta komposisinya. Berikut ini beberapa fungsinya untuk kesehatan serta kecantikan kulit wajah: 

  • Dapat mengangkat sisa kotoran

Fungsi toner bagi kulit yang pertama yaitu dapat  mengangkat sisa kotoran, make up, dan juga minyak yang tidak terangkat ketika Moms menggunakan susu atau sabun pembersih. 

Baca juga: Kesalahan Saat Mencuci Muka yang Membuat Moms Jerawatan

  • Dapat melembabkan kulit

Agar dapat mengembalikan kelembaban kulit, oleskan toner setelah Moms mencuci muka secara merata. Fungsi toner bagi kulit ini bisa Moms dapatkan dari toner yang mengandung mineral oil, hyaluronic acid, atau asam amino. 

  • Dapat mencegah kulit kering

Mencegah kulit menjadi kering juga merupakan salah satu fungsi toner bagi kulit. Fungsi yang satu ini penting untuk menjaga kesehatan semua jenis kulit, khususnya bagi Moms yang memiliki kulit wajah yang kering. 

  • Dapat mengatasi jerawat 

Jerawat akan menyebabkan rasa sakit serta bekas luka pada wajah. Jerawat juga dapat menyebab kulit wajah menjadi berminyak dan juga kusam. Nah, fungsi toner bagi kulit wajah yaitu dapat membantu mengurangi jumlah noda serta jerawat dan mencegah munculnya jerawat dengan menghapus minyak, sel-sel kulit mati, dan residu yang tertumpuk. 

Baca juga: Mengatasi Jerawat Karena Hormon Secara Alami

  • Dapat menghidrasi serta menutrisi kulit 

Fungsi toner bagi kulit yang selanjutnya yaitu mampu memberikan asupan air yang cukup yang berperan penting untuk menjaga elastisitas, kelembaban, kehalusan serta penampilan sehingga terlihat lebih muda.

Hidrasi kulit yang tepat mampu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit serta bisa dijadikan sebagai dasar make up yang efektif. Ada banyak toner yang menyediakan nutrisi serta vitamin yang lainnya guna menjaga kulit tetap sehat dan juga seimbang. 

  • Dapat menyeimbangkan pH kulit

Tingkat pH kulit bisa berubah karena pengaruh polusi, make up, produksi minyak, atau produk kecantikan lainnya yang mengandung alkohol. Jenis toner tertentu akan menyimbangkan tingkat keasaman kulit pada pH 5 – 5,5 sesuai dengan pH alami kulit Moms. 

Baca juga: Urutan Memakai Skincare yang Benar Sebelum Tidur

  • Dapat mengencangkan pori-pori 

Toner juga dapat mengencangkan pori-pori pada wajah. Pori-pori wajah yang tidak kencang akan memungkinkan lebih banyaknya minyak, kotoran, serta racun untuk masuk ke dalam kulit dan menyebabkan iritasi serta infeksi.

Toner wajah mampu mengencangkan pori-pori wajah Moms, sehingga minyak serta racun yang ada di dalam kulit lebih sedikit. Hal ini akan membuat wajah menjadi lebih segar, bersih, serta mencegah jerawat. 

Baca juga: Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan 7 Cara

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like