Flek hitam di wajah merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh wanita. Walaupun bukan termasuk kondisi yang serius, munculnya flek hitam pada wajah bisa mengganggu penampilan. Nah, untuk menghilangkannya, Moms bisa memanfaatkan beberapa bahan alami berikut ini. 

Bahan alami untuk menghilangkan flek hitam di wajah 

1. Teh hijau

Bahan alami pertama yang bisa Moms gunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah yaitu teh hijau. Teh hijau mengandung anti radang dan antioksidan yang mampu mencegah tanda-tanda penuaan, seperti flek hitam dan kerutan. Selain itu, ekstrak teh hijau dipercaya dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVB sehingga mampu mengurangi munculnya flek hitam. 

Caranya, basahi kapas dengan cairan teh hijau dan letakkan di area wajah selama 15 menit. Moms juga bisa membuat masker dari campuran teh hijau, buah kiwi, dan buah pisang yang sudah dihaluskan. Oleskan secara merata pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Lalu, bilas dengan air hingga bersih. 

2. Lemon

Lemon merupakan bahan alami yang mengandung asam sitrat yang bisa mencerahkan flek hitam di wajah. Untuk membuat masker dari lemon, Moms hanya memerlukan ½ buah lemon dan 1 sdm madu. Campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan secara merata ke seluruh wajah. Hindari area mata dan mulut. Biarkan selama 15-30 menit atau sampai masker mengering. Setelah itu, bilas wajah dan keringkan dengan handuk bersih. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab wajah. Lakukan sebanyak sehari sekali untuk hasil yang maksimal. 

3. Bawang putih dan bawang bombay

Bawang bombay dan bawang putih ternyata bisa dijadikan sebagai masker penghilang flek hitam di wajah, lho. Bawang bombay mampu menghilangkan bekas jaringan parut di wajah, sedangkan bawang putih mampu meningkatkan sirkulasi darah. 

Caranya yaitu cukup haluskan 1 siung bawah putih dan 1 iris bawang bombay sampai bertekstur seperti pasta masker. Lalu, oleskan masker di area wajah yang terdapat flek hitam, diamkan selama 15 menit, dan bilas hingga bersih. 

4. Lidah buaya

Bahan alami yang selanjutnya yaitu lidah buaya. Lidah buaya mampu menghilangkan flek hitam di wajah berkat kandungan aloesin di dalamnya, yang mana adalah zat yang bisa menghambat produksi melanin berlebih. Moms cukup mengoleskan gel lidah buaya di permukaan wajah dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Pijat wajah secara perlahan selama 2-3 menit. Setelah itu, cuci wajah dengan air bersih. Lakukan cara ini sebanyak 3-4 kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal. 

5. Kentang

Bahan alami terakhir yang bisa dijadikan sebagai masker penghilang flek hitam di wajah adalah kentang. Kentang mengandung zat alami yang dapat mencerahkan kulit. Moms hanya memerlukan ½ buah kentang, ¼ sdt susu bubuk (opsional), dan 1 sdt air lemon. 

Caranya yaitu kupas dan haluskan kentang, tambahkan susu bubuk dan air lemon, lalu aduk merata hingga bertekstur seperti pasta. Oleskan masker secara merata pada permukaan wajah, biarkan selama 15 menit, dan bilas hingga bersih. 

Itulah 5 bahan alami yang bisa Moms manfaatkan untuk menghilangkan flek hitam. Selamat mencoba!

Baca juga: Penyebab Munculnya Bintik Putih Pada Wajah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like