Padatnya kegiatan sehari-hari sering menjadi alasan Moms tidak mempunyai waktu untuk melakukan perawatan wajah di salon atau klinik kecantikan. Wajah pun akan terlihat kusam dan tidak terawat.

Tapi tenang saja, apabila Moms tidak punya waktu untuk pergi ke klinik kecantikan, Moms juga bisa melakukannya sendiri di rumah, lho. Lalu bagaimana cara perawatan facial wajah yang dilakukan di rumah? 

Cara melakukan perawatan facial wajah sendiri

Moms dapat dengan mudah menemukan produk-produk perawatan kulit untuk melakukan perawatan facial wajah sendiri. Terdapat empat bahan yang harus Moms siapkan sebelum melakukan facial wajah, diantaranya:

  • Pembersih wajah 
  • Scrub 
  • Masker
  • Serum dan pelembab

Apabila Moms sudah menyiapkan semua bahan yang disebutkan, maka Moms pun siap untuk melakukan wajah di rumah. Di bawah ini adalah langkah-langkah melakukan facial wajah sendiri di rumah.

1. Membersihkan wajah

Sebelum Moms memulai langkah perawatan facial wajah, sangatlah penting untuk membersihkan semua kotoran dan minyak pada wajah.

Apabila Moms sedang menggunakan riasan wajah, bersihkan terlebih dahulu menggunakan pembersih make up karena sisa make up tidak dapat hilang hanya dengan mencuci muka saja. Ikat atau jepit rambut agar wajah tidak terhalang oleh rambut. 

Setelah menghapus make up, Moms bisa mencuci muka menggunakan pembersih wajah dengan gerakan melingkar ke atas dan ke bawah sehingga kotoran terangkat. Bilas wajah dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk yang lembut.

Baca juga: Kesalahan Saat Mencuci Muka yang Membuat Moms Jerawatan

2. Melakukan scrubbing 

Tahap selanjutnya dalam melakukan perawatan facial wajah yaitu melakukan scrubbing. Scrubbing berguna untuk mengangkat sel kulit mati di wajah sehingga kulit pun akan beregenerasi dengan baik. Moms dapat menggunakan bahan alami yang dicampur dengan air mawar, minyak zaitun, serta gula pasir.

Jika bahan-bahan tersebut sudah tercampur, aplikasikan pada wajah secara merata. Gosok seluruh wajah dengan gerakan memutar. Gosok lebih lama pada bagian dahi, hidung, dan juga dagu karena komedo paling banyak tumbuh di area tersebut. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat sampai bersih.

Namun, hindarilah melakukan scrubbing saat Moms sedang berjerawat karena akan membuat kulit makin iritasi.

3. Melakukan steaming atau penguapan

Langkah perawatan facial wajah yang berikutnya yaitu melakukan steaming atau penguapan. Caranya, Moms cukup menyiapkan baskom atau mangkuk yang diisi air panas. Lalu dekatkanlah wajah di atas baskom selama sekitar 20 menit sambil menutupi bagian kepala menggunakan handuk sehingga uap dari air panas hanya mengenai area wajah saja.

Fungsi melakukan penguapan ini agar pori-pori wajah terbuka sehingga kotoran seperti komedo wajah pun keluar.

4. Memakai masker

Perawatan facial wajah belum lengkap jika Moms belum memakai masker. Memakai masker wajah berguna untuk menutrisi kulit dan membuatnya menjadi lebih cerah dan kencang. Moms juga dapat membuat masker wajah sendiri. Pilihlah masker sesuai dengan tipe kulit Moms sehingga kulit pun betul-betul terawat.

Moms dapat menggunakan lidah buaya atau madu untuk tipe kulit kering, pepaya atau cuka apel untuk tipe kulit berminyak, dan pisang untuk tipe kulit yang berjerawat. Selain itu, Moms dapat menggunakan bubuk kopi untuk membuat masker anti penuaan.

Aplikasikan masker ke seluruh area wajah kecuali bibir, leher, dan mata. Untuk mata, Moms dapat menggunakan timun segar yang sudah didinginkan di kulkas untuk menutupi mata. Biarkan masker selama sekitar 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

5. Memakai serum dan pelembab

Langkah terakhir dalam perawatan facial wajah yaitu memakai serum dan pelembab. Oleskan serum dan pelembab ke wajah secara merata. Wajah yang segar dan bersih akan membuat nutrisi di dalam serum dan pelembab menjadi mudah untuk menyerap ke dalam kulit.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like