Moms selama ini mungkin hanya memakai garam hanya untuk penambah rasa pada makanan, kan? Namun, apakah Moms tahu bahwa garam yang biasa dipakai untuk penambah rasa pada makanan juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan wajah? Berikut ini khasiat garam untuk kecantikan wajah yang bisa Moms ketahui.

Berikut ini manfaat garam untuk kecantikan wajah

Moms sudah mencoba berbagai produk perawatan untuk wajah tapi belum juga mendapatkan hasil yang maksimal? Tidak ada salahnya bagi Moms untuk mencoba cara ini untuk mempercantik kulit, misalnya seperti menggunakan garam laut. Karena kandungan kalium, magnesium, natrium dan juga kalsium yang ada pada garam dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit wajah. 

Jika Moms ingin mencoba perawatan wajah di rumah, cobalah perawatan dengan garam. Berikut ini khasiat garam yang bisa Moms dapatkan.

1. Masker wajah

Moms ternyata juga bisa memanfaatkan garam sebagai masker wajah alami. Untuk hasil yang maksimal, Moms bisa mencampurkan garam laut dengan bahan alami yang lain, contohnya madu.

Karena garam dan madu mempunyai sifat anti radang yang berguna untuk meredakan jerawat serta iritasi. Selain itu, produksi minyak pada wajah akan lebih seimbang serta dapat melembabkan bagian kering pada wajah. Ini khasiat garam yang bisa Mom ketahui.

Moms dapat mencampur 2 sdt garam laut yang sudah ditumbuk hingga halus dan 4 sdt madu asli. Aduk keduanya hingga bertekstur seperti pasta.

Kemudian, oles secara merata pada wajah dan hindari area mata. Biarkan masker mengering selama 10-15 menit. Setelah itu, Moms dapat melanjutkan perawatan wajah seperti biasanya.

2. Toner wajah

Biasanya, sehabis membersihkan wajah menggunakan sabun muka, Moms akan mengaplikasikan toner agar wajah menjadi benar-benar bebas dari kotoran. 

Nah, ini khasiat garam untuk wajah yang selanjutnya, yaitu sebagai toner alami yang tentunya mampu menghilangkan sisa debu atau makeup yang ada di wajah.

Kenapa garam bisa dijadikan sebagai toner wajah? Karena garam telah dipercaya dapat membersihkan pori-pori kulit serta menyeimbangkan produksi minyak di wajah. Apabila Moms memiliki masalah jerawat, dengan menggunakan toner wajah dari garam dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat.

Cara menggunakannya mudah. Moms cukup mencampurkan 1 sdt garam dan 4 sdm air matang atau air hangat, kemudian tuang ke botol semprot kecil. Moms harus pastikan air dan garam sudah tercampur dengan sempurna. Gunakan toner wajah dari garam ini dua kali sehari dan perlu diingat untuk menghindari area mata.

Baca juga: Urutan Memakai Skincare yang Benar Sebelum Tidur

3. Scrub wajah

Ini khasiat garam lainnya yang bisa Moms dapatkan, sebagai scrub wajah. Untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah, biasanya Moms akan melakukan scrubbing atau eksfoliasi. Apabila rutin melakukan eksfoliasi menggunakan scrub, kotoran serta sel kulit mati akan terangkat dan dapat membuat wajah menjadi lebih bersih dan sehat.

Nah, Moms juga bisa menggunakan garam sebagai scrub wajah, lho. Butiran-butiran kecil garam akan membantu mengeksfoliasi serta menghaluskan kulit wajah Moms. Bisa juga mencampurkan garam dengan bahan alami lainnya seperti lidah buaya dan minyak almond.

Campurkan setengah cangkir garam dan seperempat cangkir lidah buaya serta 4 sdt minyak almond. Aduk hingga bahan menjadi bertekstur seperti pasta. Pastikan juga adonan scrub ini tidak terlalu kering. Setelah itu, gunakan seperti memakai scrub pada umumnya. Pijat lembut wajah dengan gerakan memutar. Perlu diingat untuk jangan menggosok terlalu keras.

4. Sabun cuci muka

Khasiat garam untuk kecantikan wajah yang selanjutnya adalah sebagai sabun cuci muka. Sudah banyak produk kecantikan yang berlomba-lomba mengeluarkan produk sabun cuci muka dengan bahan dasar garam laut. Ini karena garam mengandung banyak nutrisi yang penting untuk menjaga kecantikan serta kecantikan kulit wajah.

Ditambah, garam laut alami dapat mencegah munculnya jerawat dan juga dapat mengontrol minyak berlebih pada wajah. Itulah sebabnya alasan lain dari memilih garam sebagai bahan alami untuk sabun cuci muka.

Baca juga: Kulit Leher Hitam? Begini Cara Mengatasinya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like