Apa Itu Purging? Bagaimana Cara Mempercepat Proses Purging?

Apa Itu Purging

Pernahkah Moms mencoba kosmetik atau produk kulit baru, dan beberapa hari kemudian muncul bintik-bintik merah kecil atau jerawat di wajah? Apakah ini pertanda kulit Moms tidak cocok sehingga jerawatan? Atau justru artinya krim tersebut sedang bekerja sehingga Moms mengalami sesuatu yang dinamakan purging? Apa itu purging? Lalu apa perbedaan antara purging dan jerawat biasa? Bagaimana cara mempercepat proses purging? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Purging?

Sebelum mengetahui bagaimana cara mempercepat proses purging, berikut penjelasan singkat mengenai purging. Purging berbeda dengan jerawat biasa. Purging adalah proses pembersihan kulit yang terjadi pada saat Moms menggunakan produk perawatan kulit baru. Purging berasal dari kata “the purge” yang memiliki arti pembersihan.

Berbeda dengan jerawat biasa, purging dikenal sebagai periode dimana kondisi kulit memburuk sebagai proses penyesuaian terhadap produk baru sebelum nantinya berubah menjadi lebih baik. Sebenarnya penyebab purging adalah reaksi terhadap bahan aktif yang meningkatkan pergantian atau regenerasi sel kulit.

Bahan aktif dalam skin care ini berfungsi membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengeluarkan berbagai kotoran sisa di pori-pori yang merupakan pemicu tumbuhnya jerawat. Proses regenerasi kulit yang lebih cepat memaksa kotoran sisa ini keluar lebih cepat juga sehingga munculah berbagai jerawat yang sering disebut dengan jerawat purging.

Selain muncul jerawat, purging kadang-kadang mengakibatkan reaksi kulit lain seperti mengelupasnya kulit. Semua reaksi purging bertujuan untuk terbentuknya sel-sel kulit baru yang lebih segar yang akan menggantikan kulit Moms yang bermasalah.

Lamanya waktu purging pada setiap orang berbeda-beda, karena setiap orang mempunyai karakter kulit yang berbeda-beda. Biasanya purging terjadi selama empat hingga enam minggu. Jika purging yang Moms alami melebihi enam minggu, Moms mungkin perlu memeriksakan kondisi kulit ke dokter spesialis kulit.

Penyebab Purging

Purging merupakan sebuah kondisi kulit yang dapat diakibatkan oleh penggunaan skincare atau krim wajah yang memiliki kandungan bahan aktif tertentu. Salah satu kandungan bahan aktif yang dapat menyebabkan purging, yaitu retinoid. Retinoid merupakan senyawa yang diturunkan dari vitamin A, seperti retinol, tretinoin, dan asam retinoat (retinoic acid).

Tidak hanya retinoid, kandungan bahan aktif alpha hydroxy acid/AHA dan beta hydroxy acid/BHA, seperti asam salisilat, asam glikolat, dan asam azelaic, yang biasa dijumpai pada produk eksfoliasi juga dapat mengakibatkan purging terjadi. Berbagai kandungan bahan aktif tersebut bisa mengelupas lapisan kulit paling atas dengan untuk membersihkan dan mengangkat minyak dan kotoran di kulit. 

Bahan aktif lainnya, seperti benzoil peroksida, lactic acid, tazarotene, vitamin C, juga bisa meningkatkan risiko purging terjadi. Tidak hanya dari kandungan bahan aktif dalam skincare, beberapa prosedur medis juga ternyata mampu menimbulkan reaksi purging. Contohnya seperti, chemical peeling dan tindakan laser, seperti mikrodermabrasi. Hal ini karena kandungan bahan aktif yang digunakan pada tindakan medis tersebut memiliki fungsi untuk meregenerasi sel kulit. 

Jerawat biasa berbeda dengan purging?

Jerawat biasa atau breakout merupakan kondisi yang berbeda dengan purging. Breakout merupakan kulit yang terjadi karena mengalami ketidakcocokan terhadap jenis bahan kosmetik atau kimia tertentu.

Orang yang mengalami kondisi ini biasanya terlihat seperti memiliki jerawat, bisul, yang juga disertai warna kemerah-merahan dan disertai rasa nyeri, pembengkakan dan peradangan.

Umumnya orang yang mengalami breakout juga akan muncul jerawat yang besar-besar pada permukaan kulit dan kulit kering mengelupas. Ini bedanya jerawat biasa dengan purging. Penyebab breakout bisa jadi karena kandungan skin care yang Moms gunakan tidak cocok, gangguan hormon, gangguan pencernaan, stres, dan faktor lingkungan.

Bisakah Purging Dicegah?

Jerawat biasa mungkin dapat dicegah dengan beberapa cara akan tetapi, purging tidak dapat dicegah, akan tetapi purging bisa diringankan dengan cara pengaplikasian skin care secara bertahap.

Jika Moms ingin menggunakan skin care yang mengandung bahan aktif yang berpotensi menjadi penyebab purging, cobalah untuk mengaplikasikan skin care satu atau dua kali seminggu pada minggu pertama.

Setelah memasuki minggu kedua dan ketiga, coba untuk mengaplikasikan skin care sebanyak tiga kali seminggu. Terus tingkatkan penggunaan hingga Moms dapat menggunakannya setiap hari atau sesuai dengan petunjuk penggunaan produk.

Tujuan penggunaan secara bertahap ini adalah agar kulit juga beradaptasi terhadap produk secara bertahap sehingga proses purging juga tidak terlalu parah.

Lalu, apa purging itu berbahaya? Purging adalah proses wajar dari penggunaan skin care yang sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Selama proses purging, Moms hanya perlu bersabar dan tetap menjaga kebersihan kulit dengan baik.

Sebenarnya memang tidak ada skin care yang memberikan hasil instan. Setiap penggunaan skin care baik itu menyebabkan purging maupun tidak memang membutuhkan waktu untuk dapat menunjukkan hasil yang diinginkan.

Cara Mempercepat Proses Purging

Ketika mengalami purging, kulit Moms akan berada pada tahap yang paling sensitif. Moms juga tidak dapat menghentikan proses purging. Oleh sebab itu, Moms perlu bersabar sampai purging dapat sembuh sepenuhnya. Dengan demikian, terdapat berbagai cara mempercepat proses purging atau setidaknya meminimalisir risikonya, antara lain seperti:

Gunakan produk skincare secara bertahap

Salah satu cara mempercepat purging yaitu menggunakan produk skincare secara bertahap. Khususnya produk skincare untuk kandungan bahan aktif retinoid dan zat eksfoliasi seperti yang telah disebutkan di atas. Moms dapat mengoleskannya pada area kulit dengan jumlah yang sangat sedikit. Tidak hanya itu, Moms juga dapat menggunakannya dalam dosis yang sangat kecil sebanyak 2 kali dalam seminggu. Seiring berjalannya waktu dan kulit mulai bisa beradaptasi, Moms bisa meningkatkan frekuensi penggunaannya menjadi 3 kali seminggu, dan seterusnya. Dengan begitu, kulit akan terbiasa dengan zat-zat aktif tersebut.

Hindari memencet dan menyentuh jerawat

Apakah Moms memiliki kebiasaan memencet dan menyentuh jerawat? Cara mempercepat proses purging yaitu dengan tidak menyentuh atau memencet jerawat. Langkah ini justru bisa memperburuk kondisi jerawat sehingga membuat proses purging berlangsung semakin lama. Memencet jerawat juga dapat meninggalkan noda bekas jerawat kehitaman yang sulit dihilangkan. 

Gunakan sunscreen dan tabir surya sebagai cara mempercepat purging

Mengoleskan sunscreen atau tabir surya secara rutin bisa menjadi cara mempercepat proses purging. Apabila Moms harus beraktivitas di luar ruangan, selalu oleskan sunscreen atau tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pilihlah sunscreen yang tidak memiliki kandungan minyak serta berlabel noncomedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori. 

Itulah beberapa cara mempercepat dan penjelasan mengenai purging, semoga bermanfaat ya Moms!

Baca Juga: Mengatasi Jerawat Karena Hormon Secara Alami

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x