10 Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat yang Biasa Dilakukan

Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat

Menghilangkan jerawat merupakan hal yang cukup sulit. Penggunaan produk untuk mengurangi masalah jerawat juga tidak cukup apabila kebiasaan – kebiasaan berikut masih dilakukan. Penasaran apa saja kebiasaan buruk penyebab jerawat yang mungkin sering Moms lakukan?

Apa Itu Jerawat?

Jerawat (acne vulgaris) merupakan masalah kulit yang terjadi saat folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Apa Saja Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat?

Menyentuh bagian wajah menggunakan tangan yang kotor

Kebiasaan buruk penyebab jerawat yang pertama adalah menyentuh bagian wajah menggunakan tangan yang kotor. Hal ini yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Tangan yang kotor banyak terdapat berbagai kotoran dan bakteri sehingga dapat menyumbat pori – pori pada wajah, hal tersebut yang menjadikan kulit berjerawat.

Selain itu, benda-benda yang menempel pada wajah juga dapat memicu pertumbuhan jerawat, seperti handphone, alat make-up, bahkan keringat.

Agar terhindar dari munculnya jerawat di wajah, sebaiknya gunakan tisu apabila ingin menyentuh bagian wajah. Dan selalu merawat kuku dengan mengguntingnya atau selalu dibersihkan apabila ingin memiliki kuku yang panjang. Serta selalu mencuci tangan agar tangan selalu bersih.

Ada baiknya pula untuk rutin dalam membersihkan benda yang sering digunakann sehari – hari, seperti handuk, alat makeup, handphone, dan benda – benda lainnya.

Rambut kotor

Banyak orang yang tidak keramas setiap hari, ada yang dua hari sekali, ada yang seminggu sekali, dan bahkan lebih. Pentingnya keramas dalam hal ini adalah agar rambut selalu bersih. Jika seseorang jarang melakukan keramas, rambut akan menimbulkan bau, lepek, serta rambut menjadi kotor dan bisa menempel pada wajah.

Sebaiknya mencuci rambut secara rutin agar selalu bersih dan hindari pemakaian produk rambut pada poni. Karena hal ini merupakan kebiasaan buruk penyebab jerawat.

Obat jerawat

Kebiasaan buruk penyebab jerawat selanjutnya yaitu tentang penggunaan produk. Produk yang digunakan untuk mengurangi jerawat tentunya memerlukan waktu untuk mendapatkan hasil, tidak mungkin hanya seminggu tapi bisa lebih.

Jadi harus cukup sabar untuk tidak menggantinya ke produk lain, karena biasanya produk untuk menghilangkan jerawat bekerja kurang lebih selama satu bulan.

Sering mencuci muka atau melakukan eksfoliasi

Mencuci muka memang sangat dianjurkan agar wajah selalu bersih dan terhindar dari bakteri dan kotoran. Namun, apabila dilakukan terlalu sering hal tersebut juga tidak akan baik.

Mencuci muka terlalu sering dapat menyebabkan iritasi pada wajah dan membuat kulit wajah menjadi sensitif. Dan, mencuci muka terlalu sering menggunakan sabun dapat menyebabkan acne detergicans, yakni kondisi di mana munculnya jerawat akibat reaksi terhadap zat yang terkandung didalam sabun. Inilah kebiasaan buruk penyebab jerawat.

Oleh karena itu, membersihkan muka terlalu sering untuk menghilangkan jerawat merupakan hal yang keliru. Mencuci muka cukup sebanyak 2 kali sehari menggunakan air dan sabun yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Apabila kulit wajah berjerawat, sebaiknya hindari pemakaian scrub karena dapat menimbulkan iritasi pada wajah.

Mencuci muka dengan cara yang kurang tepat

Ternyata mencuci muka juga harus dilakukan dengan cara yang benar dan tepat. Penggunaan produk yang banyak tidak menjamin wajah bersih apabila cara menggunakan nya kurang tepat. Karena apabila cara yang digunakan kurang tepat, kebiasaan buruk ini menjadi penyebab munculnya jerawat.

Cuci tangan sampai bersih sebelum mencuci muka. Ikat rambut sebelum mencuci muka terutama bagi yang memiliki poni. Mencuci muka juga akan jauh lebih nyaman. Apabila menggunakan makeup, maka bersihkan terlebih dahulu menggunakan produk khusus pembersih sesuai dengan jenis kulit.

Kemudian baru ke tahap mencuci muka, gunakan produk sabun yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit, pijat wajah secara perlahan dan bilas menggunakan air.

Apabila menggunakan handuk, jangan digosokkan ke wajah pada saat mengeringkan. Cukup dengan menepuk – nepukkan pada wajah. Dan pastikan handuknya bersih ya!

Baca juga: Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cuka Apel

Memencet jerawat

Kebiasaan buruk penyebab jerawat berikut yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Memencet jerawat tidak akan membuat jerawat kempes, justru sebaliknya jerawat yang dipencet akan meninggalkan bekas luka pada wajah. Ada baiknya tinggalkan jauh-jauh kebiasaan ini. Ketika memencet jerawat, kulit justru akan melunak, dan menyebabkan jaringan kulit rentan sobek.

Gunakanlah pengobatan yang tepat untuk mengurangi jerawat dan hindari kebiasaan memencet jerawat.

Penggunaan kosmetik yang salah

Pilihlah produk kosmetik yang tepat, karena apabila salah, produk dapat menyebabkan pori – pori pada wajah tersumbat dan komedo menumpuk pada wajah. Kebiasaan buruk dalam penggunaan kosmetik yang kurang tepat bisa menjadi penyebab munculnya jerawat.

Apabila kulit wajah rentan berjerawat, sebaiknya pilih jenis kosmetik yang memiliki label khusus untuk kulit yang berminyak dan berjerawat (for oily and acne-prone skin). Pastikan juga produk kosmetik memiliki label non-komedogenik yang tidak menyumbat pori.

Penggunaan hair spray dan minyak rambut

Gunakan produk rambut secukupnya, hindari kebiasaan pemakaian dekat wajah atau tutupi wajah ketika sedang menggunakan produk rambut. Karena produk tidak diperuntukkan untuk wajah, sehingga apabila wajah terkena produk tersebut maka akan menjadi penyebab munculnya jerawat. Dan jerawat biasanya muncul diarea sekitar dahi.

Stres merupakan kebiasaan buruk penyebab jerawat

Penelitian menunjukkan bahwa stres memiliki hubungan dengan berbagai penyakit termasuk pada kulit. Stres dapat menjadi penyebab munculnya jerawat pada wajah semakin memburuk. Penyebab munculnya jerawat bukanlah stres. Namun, stres dapat memperburuk jerawat.

Ketika stres, kebiasaan buruk dapat menjadi semakin buruk dan dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, makan berlebihan, dan makan terlalu banyak gula. Mengonsumsi banyak gula yang diproses dapat menyebabkan peningkatan insulin, sehingga produksi minyak berlebih dan memperburuk kondisi jerawat.

Gesekan pada kulit merupakan kebiasaan buruk penyebab jerawat

Penggunaan helm, bra, atau pad bahu dapat menjadi penyebab munculnya jerawat di badan bertambah buruk. Apabila sedang menelpon, meletakkan handphone diarea pipi juga dapat menjadi pemicu jerawat muncul atau menjadi lebih buruk.

So, tetap jaga kebersihan dan hindari kebiasaan – kebiasaan diatas ya!

Baca juga: Kesalahan Saat Mencuci Muka yang Membuat Moms Jerawatan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x