Mempunyai kulit bruntusan memang bisa merusak penampilan karena kulit akan menjadi kasar dan terlihat tidak mulus. Bahkan, make up akan sulit menyatu dengan kulit wajah yang bruntusan. Penyebab bruntusan bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya yaitu ketika Moms memiliki kebiasaan buruk yang tidak disadari namun sering dilakukan sehingga kulit wajah menjadi bruntusan. Penasaran apa saja kebiasaan buruk yang dapat menjadi penyebabnya? Simak penjelasan berikut ini . 

Penyebab bruntusan yang jarang disadari 

1. Malas membersihkan wajah

Kotoran, debu, dan sisa make up akan menempel di wajah setelah Moms beraktivitas seharian. Apabila Moms malas untuk membersihkan wajah dengan benar, hal ini akan berdampak pada kulit. Bruntusan hingga kemerahan akan muncul pada wajah. Oleh karena itu, jangan malas untuk membersihkan wajah setelah beraktivitas, ya! 

2. Terlalu sering mencuci wajah

Ternyata, terlalu sering mencuci wajah dapat menjadi salah satu penyebab bruntusan, lho. Hal ini disebabkan karena keseringan mencuci wajah dapat menghilangkan produksi minyak alami di kulit, sehingga kulit menjadi kering, tipis, kusam, dan beruntusan. Moms hanya perlu mencuci wajah minimal satu kali sehari di malam hari dan maksimal dua hari sehari. 

3. Salah memilih make up 

Salah pilih make up juga dapat menimbulkan banyak reaksi, seperti gatal, bintik-bintik, jerawat, hingga bruntusan. Oleh karena itu, pilihlah make up yang mengandung bahan organik dan sesuai dengan jenis kulit Moms agar tidak menjadi penyebab bruntusan di kulit. 

4. Memakai make up yang tebal 

Memakai make up yang tebal akan membuat pori-pori kulit wajah menjadi tertutup sehingga jaringan kulit tidak bisa bernapas dengan baik. Hal ini akan menyebabkan kulit menjadi gatal dan juga kering. Apabila tidak dibersihkan dengan baik, ini akan menjadi penyebab bruntusan. 

5. Tidak memberi jeda waktu pergantian produk

Tidak adanya jeda waktu saat mengganti produk perawatan atau kosmetik juga dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering, berjerawat, berminyak, dan juga bruntusan. Sebaiknya, beri waktu maksimal dua minggu sebelum Moms memakai produk kecantikan yang baru. 

6.  Tidak rutin membersihkan alat makeup

Alat make up yang tidak sering dibersihkan akan menyebabkan bakteri menumpuk. Hal ini akan menyebabkan jerawat muncul dan bruntusan. Apabila jarang atau tidak dibersihkan, ini akan menjadi salah satu penyebab bruntusan dan akan sulit untuk menghilangkannya.  

7. Kurang mengonsumsi air putih

Kekurangan cairan di dalam tubuh akan membuat kulit menjadi kering, tampak kusam, bahkan bruntusan. Jika Moms beraktivitas di dalam ruangan ber-AC dan juga terpapar sinar matahari, kulit akan dehidrasi sehingga kulit menjadi kering dan bruntusan pun terjadi. Maka dari itu, cukupi asupan air putih untuk mencegah kulit mengalami dehidrasi. 

8. Tidak mengonsumsi sayuran

Tidak mengonsumi sayuran juga akan membuat kulit wajah menjadi bruntusan. Sayur dan buah merupakan makanan yang memiliki kandungan serat alami sehingga mampu mencegah kulit kering.

Baca juga: Kulit Berminyak, Sebenarnya Apa Saja Penyebabnya?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like