Bunga mawar sudah sangat terkenal sebagai bunga yang melambangkan cinta dan kasih sayang. Bunga yang memiliki harum khas dan feminim ini ternyata memiliki manfaat lain yaitu khasiat mawar untuk kecantikan kulit dan juga rambut.

Khasiat tersebut bisa didapat dengan menyuling kelopak bunga mawar yang akan menghasilkan air mawar. Berikut manfaat lengkap dari air mawar yang bisa Moms ketahui.

Air mawar

Air mawar sudah digunakan sebagai ramuan tradisional selama ribuan tahun untuk produk kecantikan, produk makanan, dan juga minuman. Proses pembuatan air mawar dibuat dengan cara menyuling kelopak bunga mawar, yang akan menghasilkan cairan aromatik dan juga minyak.  

Hasil penyulingan tersebut mengandung bahan antiseptik dan antibakteri yang berfungsi memberikan efek relaksasi pada kulit. Selain itu, sifat air mawar yang anti inflamasi juga bisa meredakan efek ruam atau peradangan pada kulit.

Karena mengandung vitamin A, C, dan E, khasiat mawar untuk kecantikan lainnya adalah dapat bekerja sebagai antioksidan di kulit wajah yang dipercaya mampu melawan penuaan dini.

Khasiat mawar untuk kecantikan kulit dan rambut

Mawar mempunyai beberapa manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut

Berikut adalah berbagai khasiat mawar untuk kecantikan kulit dan rambut yang bisa Moms nikmati:

1. Sebagai toner alami untuk wajah

Air mawar bisa berfungsi sebagai toner atau pembersih wajah yang mampu memberikan efek menyegarkan di kulit wajah. Cara melakukannya adalah dengan menuangkan air mawar pada kapas, lalu tepukan kapas yang sudah dibasahi pada permukaan wajah Moms. Untuk hasil yang maksimal, lakukan rutinitas ini sebelum tidur.

2. Dapat mencerahkan kulit wajah

Air mawar juga mempunyai kandungan vitamin A dan E yang dapat bekerja sangat baik untuk membantu proses eksfoliasi di kulit wajah Moms. Ada juga sifat antioksidan dari air mawar yang mampu memperkuat sel-sel kulit dan mempercepat regenerasi jaringan kulit.

3. Untuk pencegah munculnya jerawat

Kandungan antiseptik yang terdapat di air mawar bermanfaat untuk menangani masalah pada kulit berjerawat yang disebabkan oleh bakteri. Caranya adalah dengan menggunakan air mawar di pagi hari, sesudah membersihkan wajah dan sebelum Moms menggunakan skincare. Juga lakukan dengan cara yang sama di malam hari. Gunakan secara rutin selama kurang lebih tiga minggu, masalah kulit berjerawat Moms akan segera teratasi.

4. Mencegah terjadinya penuaan dini

Terdapat formula lain dari air mawar yang juga bisa diandalkan yaitu rose hip seeds. Zat yang terdapat di dalamnya memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan. Dengan nutrisi yang meresap baik ke dalam kulit, akan mampu meminimalisir munculnya garis halus dan kerutan di wajah, yang bisa mencegah terjadinya penuaan dini.

5. Menghadirkan efek relaksasi

Khasiat lainnya dari air mawar adalah memiliki efek rileksasi atau menenangkan. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan air mawar sebagai campuran air hangat untuk berendam. Moms bisa menggunakan dua gelas ekstrak air mawar untuk memberikan efek relaksasi pada tubuh ketika mandi sesudah lelah beraktivitas.

6. Meredakan efek peradangan pada kulit

Air mawar juga mempunyai khasiat inflamasi yang bisa membantu mengurangi kemerahan pada kulit akibat jerawat, iritasi, ataupun masalah kulit lainnya. Air bunga mawar juga dapat mengontrol minyak berlebih pada kulit, serta membersihkan sisa kotoran yang menumpuk di pori-pori penyebab komedo.

7. Bisa membantu menghilangkan ketombe

Selain khasiat mawar untuk kecantikan, air mawar juga bisa dipakai untuk pengobatan radang kulit kepala dan menghilangkan ketombe pada rambut. Air bunga mawar bisa berfungsi sebagai kondisioner alami yang dapat memberikan nutrisi untuk pertumbuhan rambut.

Baca juga: Atasi Rambut Kering Dengan Bahan-bahan Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like