Kantong teh celup bekas yang biasa Moms buang sebenarnya bermanfaat untuk perawatan mata, lho. Apa saja sih khasiat kantong teh celup bekas dan bagaimana cara memakainya? Berikut ini penjelasannya.

Khasiat kantong teh celup bekas 

Melakukan pengobatan rumahan dengan kantong teh bekas bisa Moms jadikan pilihan. Tapi perlu diingat untuk tidak memakai sembarang jenis teh. Disarankan untuk memakai kantong teh hijau, teh hitam, atau teh putih. Moms juga dapat menggunakan teh herbal seperti teh daun mint, teh melati, teh chamomile, atau teh roiboos.

Di bawah ini adalah beberapa khasiat kantong teh celup bekas untuk perawatan bagian mata:

1. Mengurangi pembengkakan atau peradangan mata

Khasiat kantong teh celup yang pertama adalah mampu mengurangi pembengkakan atau peradangan mata. Kandungan flavonoid pada teh hijau dan teh hitam merupakan salah satu tanin dan antioksidan yang memiliki efek positif bagi mata bengkak. Kandungan ini juga dapat membantu menjaga kulit sekitar mata agar tetap kencang.

Kafein dapat menyempitkan pembuluh darah yang dimana akan mengurangi pembengkakan. Selain itu, teh chamomile bisa digunakan jika Moms ingin menenangkan mata meradang.

2. Menyembuhkan mata merah

Menyembuhkan mata merah juga termasuk khasiat kantong teh celup. Beberapa teh seperti teh chamomile, teh adas, dan teh calendula dapat meredakan mata merah. Selain itu, teh ini juga dapat menghilangkan cairan berlebih yang keluar dari mata dan mengurangi iritasi serta pembengkakan. Sementara teh hijau bermanfaat untuk mencegah bakteri yang menjadi penyebab kemerahan dan iritasi di mata.

3. Menyamarkan lingkaran hitam

Menyamarkan lingkaran hitam juga merupakan khasiat kantong teh celup. Dengan menggunakan teh hijau atau teh hitam, Moms dapat melancarkan kembali pembuluh darah serta menyamarkan lingkaran hitam sekitar mata.

4. Meredakan mata bintitan

Muncul benjolan kecil di pelupuk mata sering menjadi tanda mata bintitan. Nah, salah satu manfaat kantong teh celup yaitu dapat meredakan mata bintitan. Moms bisa menggunakan teh chamomile dan teh hitam yang bermanfaat untuk mengobati gumpalan dan mempunyai sifat antibakteri yang dapat mencegah iritasi.

5. Mengatasi gejala rosacea 

Penyakit kulit rosacea sering menyebar ke bagian sekitar mata. Moms bisa menggunakan teh hijau, teh chamomile, dan teh lavender untuk mengurangi gejala iritasi serta kemerahan.

6. Melembabkan mata yang kering

Khasiat kantong teh celup yang selanjutnya yaitu dapat melembabkan mata kering. Jika Moms melakukan perjalanan roda dua atau seharian berada di ruang yang ber-AC, maka mata kering akan sering menjadi keluhan. Gunakanlah teh hitam untuk membantu mempertahankan kelembaban mata.

7. Mengobati mata lebam

Mata lebam dapat diobati dengan teh lavender dan teh chamomile karena teh tersebut dapat membantu meredakan pendarahan, meredakan nyeri, dan menenangkan kulit yang iritasi.

Namun konsultasikan dulu ke dokter apabila Moms mengalami kondisi gangguan mata guna menghindari efek samping.

Baca juga: Penyebab Kuku Moms Menguning Serta Cara Menanganinya

Cara menggunakannya

Setelah menggunakan teh celup untuk membuat teh, peraslah air nya agar tidak terlalu basah kemudian diamkan sampai dingin atau simpan teh di kulkas kurang lebih selama 10-20 menit. Jangan menempelkan kantong teh saat masih panas karena dapat menyebabkan iritasi mata.

Setelah itu, tempel kantoh teh pada mata tertutup dan lakukan pijatan lembut menggunakan jari di sekitar mata. Lakukan selama selama 15-30 menit. 

Perlu diingat untuk mencuci tangan sebelum melakukan perawatan dengan kantong teh celup karena mata merupakan area sensitif, Hapus juga make up sebelum perawatan khususnya pada bagian mata.

Pastikan juga kantoh teh bekas yang digunakan bersih dan tidak robek. Moms bisa menggunting talinya agar tidak mengganggu. Hindari juga menggunakan kantong teh yang dirapatkan dengan staples.

Selain itu, hindari menyentuh atau menggosok mata guna terhindar dari iritasi mata. Dan apabila timbul rasa panas atau gatal, hentikan perawatan dan segera periksakan ke dokter.

Disarankan bagi Moms untuk melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum menggunakan kantong teh celup bekas untuk mengatasi keluhan pada mata. Perawatan dengan kantong teh celup bekas ini juga tidak dapat menggantikan obat-obat yang telah diberikan oleh dokter.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like