Bukan hal yang asing lagi pastinya bagi Moms menggunakan minyak zaitun untuk kesehatan. Tetapi, selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata minyak zaitun juga berkhasiat untuk kecantikan wajah. Apa saja khasiat minyak zaitun untuk kecantikan wajah? Mari kita simak ulasannya di artikel ini. 

Untuk melakukan perawatan kulit, Moms tidak harus selalu menggunakan bahan-bahan kimia. Perawatan alami yang dilakukan di rumah juga dapat menghasilkan hasil yang baik. Nah, salah satu perawatan kulit alami yang bisa Moms gunakan adalah dengan minyak zaitun. 

Moms bisa mencoba perawatan alami dengan menggunakan minyak zaitun untuk wajah. Selain sederhana, perawatan ini juga efektif dan aman bagi kulit. Berikut adalah beberapa khasiat minyak zaitun untuk kecantikan wajah yang bisa Moms ketahui. 

1. Untuk Melembabkan Kulit

Apakah Moms tahu salah satu khasiat minyak zaitun yaitu dapat meningkatkan kelembaban pada kulit? Apabila Moms mempunyai kulit wajah yang kering hingga mengelupas, Moms bisa mengoleskan 1 hingga 2 tetes pada bagian wajah yang kering. Moms juga bisa mencampuri minyak zaitun dengan krim pelembab wajah hanya dengan beberapa tetes minyak zaitun saja. Ini dilakukan agar kulit tetap terhidrasi dan lembab. 

2. Untuk Mengatasi Kulit Bermasalah

Sudah terbukti bahwa khasiat minyak zaitun bisa mengatasi kondisi kulit kering, gatal, ataupun meradang. Hal ini dikarenakan kandungan oleocanthal dalam minyak zaitun yang dapat menghilangkan rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh peradangan pada kulit wajah. 

Cara menggunakannya mudah, Moms hanya perlu menambahkan beberapa sendok teh minyak zaitun ke dalam wadah berisi air hangat. Kemudian Moms bisa membilas wajah atau mandi dengan menggunakan air hangat yang telat dicampur dengan minyak zaitun. 

3. Untuk Scrub Kulit Wajah

Minyak zaitun juga bisa berkhasiat sebagai scrub wajah alami, lho. Moms bisa membuat scrub ini dengan mencampurkan minyak zaitun dan garam laut. Racikan ini sangat bermanfaat apabila tipe kulit wajah Moms kering hingga bersisik. 

Cara membuat racikannya yaitu dengan mencampur 3 sendok teh minyak zaitun murni dan 5 sendok teh garam laut. Aduk sampai rata kemudian pijat lembut pada area hidup dan wajah yang kering. Campuran minyak zaitun dan garam ini dapat mengelupas kulit kering. Selain itu juga dapat meningkatkan kelembaban kulit wajah. 

4. Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Ada banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat contohnya seperti melakukan perawatan profesional di klinik kecantikan. Tetapi, Moms juga bisa melakukan perawatan sederhana yang dilakukan di rumah untuk menghilangkan bekas jerawat.

Ya, Moms tentu saja bisa menggunakan minyak zaitun karena salah satu khasiat minyak zaitun yaitu mampu menghilangkan bekas jerawat. Caranya hanya dengan mengoleskan minyak zaitun ke area kulit, lalu pijat secara perlahan menggunakan jari agar membantu penyerapan lebih baik.

Minyak zaitun dapat digunakan pada kulit selama sekitar 5-10 menit, namun jangan membiarkan minyak pada kulit selama lebih dari 10 menit. 

5. Mengecilkan Pori-pori

Selain dapat menghilangkan bekas jerawat dan melembabkan wajah, kandungan zat linoleic yang ada di dalam minyak zaitun juga mampu mengecilkan pori-pori di wajah. Dengan begitu, kulit wajah Moms akan tampak mulus.

Khasiat Lain Minyak Zaitun Yang Bisa Moms Rasakan

Selain berkhasiat untuk wajah, minyak zaitun juga mempunyai banyak khasiat untuk rambut. Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat di dalam minyak zaitun yaitu vitamin A dan E, mampu membantu Moms memperbaiki rambut yang kering dan bercabang karena paparan sinar matahari serta polusi. 

Moms yang memiliki masalah dengan ketombe juga bisa menggunakan minyak zaitun yang sudah dicampur dengan sari lemon. Ini dikarenakan kandungan asam alami dalam sari lemon berfungsi untuk membasmi lapisan ketombe pada kulit kepala yang disebabkan oleh kulit kering yang mengelupas. Sedangkan manfaat minyak zaitun adalah untuk melembabkan lapisan kulit kepala yang baru. 

Selain itu, khasiat minyak zaitun yang lain yaitu bisa menghaluskan kutikula atau lapisan pelindung rambut, sehingga rambut terlihat menjadi lebih bersinar, disebabkan oleh kandungan yang terdapat dalam minyak zaitun yaitu asam oleat, asam palmitat dan squalene. Sudah banyak produk conditioner, shampoo, dan pomade yang mengandung bahan-bahan tersebut. 

Tidak hanya itu, ternyata minyak zaitun dapat memanjangkan bulu mata juga. Minyak zaitun yang menyerap ke akar rambut serta pori-pori kelopak mata dapat merangsang tumbuhnya bulu mata serta bisa melindungi kekuatan batang rambut bulu mata.

Jadi, apabila ingin memanjangkan bulu mata secara alami, Moms bisa menggunakan minyak zaitun. Di atas adalah beberapa khasiat minyak zaitun untuk kecantikan wajah yang bisa Moms ketahui.

Bagaimana? Sudah tertarik menggunakan minyak zaitun untuk kecantikan wajah?

Baca juga: Cara Memakai Minyak Zaitun untuk Wajah Sesuai Dengan Jenis Kulit

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like