Bagian kulit leher hitam sering jadi salah satu masalah kecantikan yang dialami oleh kebanyakan orang. Namun, tahukah Moms bahwa orang dengan berat badan lebih biasanya cenderung untuk mempunyai kulit leher yang hitam? Biasanya ini tidak hanya disebabkan oleh sel kulit mati ataupun kumpulan debu yang menempel yang biasa disebut dengan daki, tetapi bisa menjadi tanda dari kondisi medis tertentu.

Baca juga: Ketahui Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penyebab Bruntusan!

Apa penyebabnya?

Apabila Moms mempunyai kulit leher hitam, kemungkinan ada beberapa hal yang bisa jadi penyebabnya contohnya seperti iritasi karena gesekan di leher, kebersihan yang kurang terjaga misalnya lembab, atau karena penyakit kulit dan juga radang kulit.

Moms bisa mengonsultasikan ini dengan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin atau dokter kecantikan. Para dokter akan menilai apakah Moms mengalami acanthosis nigricans atau hanya variasi pigmen kulit normal. Apabila memang mengalami acanthosis nigricans dan Moms memiliki tubuh gemuk, maka cara mengurangi acanthosis adalah dengan mengurangi berat badan.

Sebenarnya jika tidak disertai dengan gejala lainnya, maka kondisi tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi harus diwaspadai jika disertai dengan gejala lainnya seperti radang secara meluas, berat badan yang turun drastis, dan juga rasa gatal berlebihan. Periksakan ke dokter untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh dan agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: 5 Tips untuk Menghilangkan Milia (Bintil-Bintil Putih di Kulit)

Cara mudah mengatasi leher hitam

1. Mengontrol berat badan

Penyebab kulit leher hitam bisa disebabkan karena berat badan. Apabila Moms mempunyai berat badan lebih atau bahkan cenderung obesitas, maka diwajibkan untuk mengontrol berat badan. Hal ini bisa mengurangi acanthosis nigricans yang Moms alami. Moms bisa memulainya dengan memulai pola hidup dan pola makan menjadi lebih sehat.

Moms bisa olahraga ringan dan mudah secara teratur. Selain itu, jagalah gula darah agar tetap stabil. Hindari juga makanan yang dapat membuat tubuh menjadi kelebihan lemak.

2. Membersihkan leher ketika mandi

Bagian belakang leher adalah bagian yang kerap dilupakan saat mandi. Apabila bagian tersebut kurang dibersihkan, maka kotoran dan daki lama-kelamaan akan menebal.

Cara mengatasinya, mulailah membiasakan membersihkan leher terutama bagian belakangnya. Apabila dilakukan secara rutin, dalam waktu seminggu kulit leher hitam akan berkurang.

3. Manfaatkan masker alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa Moms gunakan untuk mengatasi kulit leher hitam. Beberapa bahan alami tersebut diantaranya lidah buaya, lemon, dan kentang.

Lidah buaya

Lidah buaya dengan kandungan antioksidan yang dapat membantu mencerahkan kulit bisa digunakan untuk mengatasi leher yang hitam.

Caranya dengan membelah dua lidah buaya dan ambil gel nya untuk dijadikan masker di leher. Moms juga bisa menambahkan sedikit minyak zaitun dan madu untuk hasil yang maksimal. Setelah didiamkan beberapa menit, bersihkan leher dengan air hangat.

Baca juga: Manfaat Masker Lidah Buaya dan Cara Membuatnya

Lemon
Kulit Leher Hitam

Cara menggunakan untuk mengatasi kulit leher hitam adalah dengan mengoleskan air lemon di bagian leher dengan kapas. Apabila sudah kering, bilas hingga bersih dengan air hangat. Kandungan asam sitrat, vitamin C, dan antioksidan dalam lemon bisa mencerahkan dan melembabkan kulit.

Baca juga: Ketahui Manfaat Vitamin C untuk Wajah Berikut Ini!

Kentang

Kentang juga bisa mengatasi leher yang hitam karena kandungan vitamin C dan enzim catecholase di dalamnya bisa melembabkan dan mencerahkan leher. Moms hanya perlu memarut atau blender kentang sampai halus setelah itu oleskan pada leher. Moms juga dapat menambahkan madu atau minyak zaitun. Apabila sudah kering, cuci leher hingga bersih dengan air..

Aplikasikan pemakaian masker paling tidak dua kali sehari. Apabila Moms melakukan secara rutin, maka dalam beberapa minggu bagian kulit leher hitam akan menghilang dan Moms juga mendapatkan kulit leher menjadi lembut.

Baca juga: Ini Khasiat Garam Untuk Kecantikan Wajah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like