Moms tentunya ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan terawat. Namun seringkali masalah kulit muncul dan membuat Moms tidak percaya diri. Tidak hanya jerawat, masalah kulit yang sering dikeluhkan banyak orang adalah kulit kering. Tak hanya kasar saat diraba, kulit kering juga akan terlihat kusam. Lalu, bagaimana cara mengatasi kulit wajah yang kering? Berikut bahan alami yang dapat Moms coba.

Apabila kulit kering sudah meradang, wajah juga otomatis akan terasa perih. Untuk mengatasi kondisi tersebut, menggunakan pelembab saja tidak cukup. Moms memerlukan tambahan perawatan seperti masker.

Moms dapat menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami. Tidak hanya lebih hemat, masker alami ini juga cenderung lebih aman dan minim efek samping.

Bahan Alami untuk Kulit Wajah Kering

Buah dengan serat banyak

Buah alpukat, pisang dan pepaya selain terkenal dengan seratnya yang baik untuk pencernaan, ketiga buah ini ternyata juga memiliki manfaat untuk kecantikan, salah satunya yaitu mengatasi kulit wajah kering.

Moms dapat memanfaatkan buah alpukat, pisang dan pepaya sebagai masker alami untuk mencegah kulit kering.

Caranya campurkan buah alpukat, pisang dan pepaya yang sudah matang menjadi satu. Selanjutnya tumbuk campuran buah tersebut sampai halus. 

Selanjutnya oleskan pada wajah dan daerah kulit yang kering lainnya. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai kering.

Bilas menggunakan air hangat. Agar mendapat hasil yang optimal, lakukan dua kali dalam seminggu.

Apel untuk meremajakan kulit

Buah apel terkenal dengan manfaatnya yang mampu meremajakan kulit, sehingga menjadikan kulit tetap sehat.

Buah apel memiliki kandungan zat kalium dan tanin yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit sehingga kulit wajah tidak mudah kering dan menjadikan kulit tetap bersinar.

Agar kulit tetap sehat, Moms dapat memanfaatkan buah apel sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit kering.

Caranya, parut buah apel, kemudian ampas dari hasil parutan tersebut dioleskan pada kulit wajah yang kering.

Diamkan selama 20 menit, bilas dengan menggunakan air dingin.

Ketimun

Ketimun mengandung zat yang baik untuk kesehatan kulit. Oleh karena itu banyak produk kecantikan yang memanfaatkan ketimun sebagai bahan utamanya.

Cara membuat masker ketimun sangat mudah, parut ketimun yang sudah dicuci terlebih dahulu, kemudian oleskan pada wajah atau daerah kulit yang kering.

Biarkan sampai meresap selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Kuning telur

Selain dijadikan makanan yang kaya akan protein, telur juga dapat dijadikan bahan untuk kecantikan rambut dan kulit.

Apabila Moms mengalami masalah kulit kering, Moms dapat menggunakan kuning telur sebagai alternatif untuk mengatasinya.

Campurkan 1 sendok teh kuning telur dengan 1 sendok teh madu serta 2 sendok teh susu bubuk.

Aduk sampai merata hingga membentuk pasta dan oleskan pada wajah serta bagian daerah kulit kering lainnya.

Diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air dingin.

Madu

Sejak dulu, madu terkenal dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Madu mempunyai manfaat dalam menjaga kelembaban kulit serta mampu mencerahkan kulit. Madu juga sering digunakan sebagai obat untuk menjaga kelembaban bibir.

Cara menggunakannya, campurkan setengah sendok teh madu dengan sedikit air mawar. Oleskan di area kulit yang kering. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Minyak almond untuk kulit pecah-pecah

Tidak hanya beberapa bahan yang telah disebutkan diatas, minyak almond juga merupakan salah satu bahan alami dan terbaik yang bermanfaat dalam mengatasi masalah kulit kering dan pecah-pecah.

Moms cukup oleskan minyak almond sedikit saja pada bagian wajah dan daerah kulit kering lainnya. Supaya lebih optimal, gunakanlah sebelum mandi.

Jeruk nipis

Tidak hanya bermanfaat untuk mengobati jerawat, jeruk nipis berfungsi untuk membersihkan kulit sehingga kulit akan tampak lebih cerah.

Agar kulit Moms tetap sehat dan tidak kering, gunakanlah campuran jeruk nipis dan buah alpukat yang telah dihaluskan.

Oleskan pada kulit yang kering, diamkan kurang lebih 20 menit lalu bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

Itulah beberapa bahan alami untuk mengatasi kulit wajah kering yang dapat Moms aplikasikan sebagai perawatan kecantikan kulit di rumah. Selamat mencoba Moms!

Baca Juga: Manfaat Masker Spirulina dan Cara Menggunakannya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like