Umumnya ampas teh langsung dibuang setelah digunakan dalam sekali seduhan. Akan tetapi, selain diminum ternyata ampas teh pun dapat menjadi manfaat untuk perawatan wajah. Ada banyak khasiat dari ampas teh yang belum banyak orang mengetahuinya. Apa saja? Simak penjelasan berikut ini yuk, Moms!

Manfaat Ampas Teh yang Bisa Moms Gunakan untuk Kecantikan

Teh merupakan minuman yang disukai oleh banyak kalangan. Baik teh hijau maupun hitam, keduanya mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh. Teh umumnya diperoleh dari seduhan daun teh kering atau celupan kantung teh.

Umumnya ampas teh akan dibuang apabila tidak menghasilkan teh yang pekat lagi. Ampas teh baik berupa seduhan daun teh atau kantung teh seringkali terbuang begitu saja. Padahal, ampas teh masih bisa Moms gunakan untuk perawatan wajah.

Khasiat teh masih bisa diperoleh dari ampas teh ini. Teh yang memiliki kandungan antioksidan yang kuat mampu merawat kulit dari efek radikal bebas. Ampas teh dapat Moms gunakan sebagai masker, toner, atau mempermudah proses pengelupasan kulit mati. Untuk itu, yuk simak beberapa manfaat yang dapat Moms peroleh dari ampas teh.

Menghilangkan kantung mata

Ampas teh untuk menghilangkan kantung mata

Antioksidan dan tanin yang terdapat dalam teh ternyata mampu membantu mengobati kantung mata. Ampas teh juga mempunyai manfaat bisa mengecilkan pembuluh darah halus dibawah mata penyebab mata bengkak akibat kantung mata. Vitamin K yang terkandung didalam teh hijau juga membantu menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

Berikut cara menggunakannya:

  • Masukkan 2 kantong teh hijau dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit
  • Setelah dingin, letakan kantong teh dingin di kelopak mata yang tertutup
  • Diamkan selama 15 menit
  • Lakukan cara ini dua kali dalam sehari sampai Moms puas dengan hasilnya

Membuat kulit wajah kencang dan kenyal

Mengencangkan dan mengenyalkan kulit wajah

Kulit wajah yang kencang dan kenyal merupakan dambaan bagi setiap orang, khususnya wanita. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan kulit wajah dan melakukan perawatan rutin.

Apabila Moms menginginkan perawatan dengan bahan alami, manfaat ampas teh selanjutnya yaitu untuk mengencangkan kulit wajah dengan praktis. Ambil satu kantong teh celup yang sudah terpakai, dan keluarkan sisa ampas tehnya.

Aplikasikan ampas teh yang masih basah ini pada wajah secara merata, diamkan hingga semalaman agar meresap dengan baik. Bilas ampas teh pada wajah hingga bersih dengan menggunakan air hangat pada keesokan harinya, rasakan manfaat ya.

Manfaat ampas teh untuk mengatasi jerawat

Atasi jerawat wajah

Seperti yang dilansir dari Healthline, menurut sebuah ulasan pada tahun 2016, EGCG dalam teh hijau mempunyai sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba. Mereka telah menunjukkan peningkatan dalam mengobati jerawat dan kulit berminyak.

Berikut cara menggunakannya:

  • Ambil ampas teh dari satu atau dua kantong teh dan basahi dengan menggunakan air hangat.
  • Campur ampas teh dengan madu atau gel lidah buaya.
  • Oleskan campuran ini pada area yang rawan jerawat di wajah.
  • Diamkan masker selama kurang lebih 10 hingga 20 menit.
  • Bilas dengan air hangat. Ulangi langkah ini setiap dua kali seminggu.

Mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk

Atasi gatal akibat gigitan nyamuk

Sejenis zat antihistamin yang terdapat pada kantong teh juga mampu mengatasi rasa gatal dan kemerahan akibat gigitan nyamuk. Aplikasikan ampas teh celup yang masih dalam kondisi hangat pada area yang digigit nyamuk, dan biarkan mengering. Rasa gatal dan kulit kemerahan akan hilang.

Manfaat ampas teh untuk masker wajah

Sebagai masker wajah

Kulit halus dan lembab juga menjadi impian tiap orang. Jangan terburu-buru membuang ampas teh yang sudah Moms minum. Ampas teh bisa digunakan sebagai masker wajah. Selain melembabkan dan menghaluskan wajah, ampas teh juga mempunyai manfaat dalam membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati dan noda bekas jerawat.

Baca Juga: Mengobati Jerawat Dengan Madu? Begini Caranya

Dengan mencampurkan ampas teh, madu dan tepung beras secukupnya, kemudian aduk hingga rata. Kemudian oleskan masker secara merata ke wajah, tunggu hingga 5 menit dan bilas dengan air bersih.

Merangsang pertumbuhan rambut

Mampu merangsang pertumbuhan rambut

Apabila rambut Moms sering rontok dan proses pertumbuhannya cukup lama, ampas teh hijau bisa digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Ampas teh ini juga memiliki manfaat untuk mencegah kulit kepala kering dan ketombe.

Caranya adalah setelah mencuci rambut, bilas dengan air yang berisi ampas teh hijau yang sudah dingin. Selanjutnya pijat dengan lembut agar lebih menyerap. Diamkan sekitar 10 menit, dan bilas kembali dengan air sampai bersih.

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa Moms peroleh dari ampas teh. Berbagai manfaat ini dapat Moms aplikasikan sehari-hari. Caranya sangat mudah bukan? Apakah Moms tertarik untuk merasakan berbagai manfaatnya? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Mencerahkan Kulit Wajah dengan 7 Buah serta Bahan Alami Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like