Secangkir kopi mungkin menjadi favorit untuk menemani sarapan pagi atau waktu bersantai Moms. Karena kopi dapat membantu meningkatkan energi dan memperlancar metabolisme tubuh dan kopi juga mendapatkan reputasi sebagai obat alternatif bagi kulit berkat antioksidan yang terkandung di dalamnya. Lalu, apa saja manfaat masker kopi dan cara membuatnya sendiri di rumah? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Masker Kopi

Mengurangi selulit

Karena kandungan kafein dalam kopi merupakan kunci untuk pengurangan selulit dan dapat membantu mengurangi tampilan selulit pada kulit serta melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan. 

Memiliki efek menenangkan

Kopi terkenal memberikan efek stimulasinya di dalam tubuh ketika diminum, akan tetapi, ketika dioleskan dapat memberikan efek sebaliknya. Ini dikarenakan antioksidan yang terkandung dalam kopi.

Anti-aging

Menggunakan kopi secara langsung pada kulit dapat mencegah munculnya bintik-bintik akibat sinar matahari, kemerahan, dan garis-garis halus. 

Mengandung Vitamin B3 untuk kanker kulit

Kopi adalah sumber kaya vitamin B3 (niasin), berkat pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelin. Tetapi, trigonelin terurai menjadi niasin setelah biji kopi dipanggang. Menurut Yayasan Kanker Kulit, niasin dapat membantu dalam mencegah kanker kulit non-melanoma. Oleh karena itu, masker kopi dipercaya memiliki manfaat dalam mencegah kanker kulit.

Mengurangi peradangan

Efek anti-inflamasi dapat dikaitkan dengan asam klorogenat (CGA) serta melanoidin dalam kopi. CGA juga berfungsi mengurangi hiperpigmentasi yang mungkin berhubungan dengan peradangan.

Mengobati jerawat

Menggunakan masker kopi secara teratur memiliki manfaat dalam mengatasi masalah yang disebabkan oleh bakteri berbahaya dalam kasus luka atau infeksi kulit. CGA dalam kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat mengobati jerawat.

Lingkaran hitam

Menurut Beverly Hills MD Cosmeceuticals, kandungan kafein dalam kopi dianggap membantu melebarkan pembuluh darah yang berkontribusi pada lingkaran hitam yang terdapat di bawah mata.

Manfaat Masker Kopi dan Coconut Oil untuk Kulit Sehat

Coconut oil atau minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba untuk membuat lapisan pelindung pada kulit Moms terhadap polutan. Oleh karena itu, kopi dan minyak kelapa dapat menghasilkan kulit yang sehat, bercahaya, dan tampak lebih muda.

Langkah-langkah membuat masker wajah kopi dan сoconut oil:

  • Campurkan satu sendok makan bubuk kopi dengan satu sendok makan minyak kelapa untuk membuat pasta kental
  • Cuci muka dan keringkan dengan lembut
  • Oleskan masker secara merata di wajah Moms
  • Biarkan selama 15 menit
  • Pijat dengan lembut sebelum dicuci
  • Bilas wajah Moms dengan air hangat dan gunakan handuk lembut untuk membersihkan sisa-sisa pasta.

Oleskan masker kopi ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu agar mendapatkan manfaat kulit yang nampak bercahaya.

Manfaat Masker Kopi dan Madu untuk Mencerahkan Secara Instan

Madu dikenal karena khasiat penguatnya yang instan. Sebagai antibakteri alami dan penuh anti oksidan, madu yang dikombinasikan dengan kopi setelah diaplikasikan akan membuat wajah Moms lebih cerah seketika.

Madu mempertahankan kelembapan pada kulit sementara kopi membuatnya tetap terhidrasi dan kenyal. Masker kopi dan madu juga dapat mengatasi jerawat dan untuk memberi cahaya alami pada wajah.

Langkah-langkah membuat masker wajah kopi dan madu:

  • Buat pasta kental dengan madu dan kopi
  • Bersihkan leher dan wajah Moms sebelum mengaplikasikan masker
  • Biarkan selama 20 menit
  • Pijat wajah Moms dengan lembut dalam gerakan melingkar selama beberapa menit sebelum membilas masker
  • Cuci muka dengan air normal

Aplikasikan masker kopi ini setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan manfaat kulit yang lebih cerah dan kenyal.

Baca Juga: Manfaat Putih Telur untuk Kecantikan Wajah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like