Tanaman lidah buaya adalah salah satu tanaman yang bermanfaat ketika diolah untuk dijadikan sebagai perawatan. Apabila ingin mencoba perawatan alami, Moms bisa coba mengolah lidah buaya menjadi masker karena kandungan bermanfaat yang ada di dalamnya. Mari kita ulas manfaat masker lidah buaya dan cara membuatnya. 

Apa saja manfaat masker lidah buaya?

Ada banyak kandungan bernutrisi yang terdapat di dalam lidah buaya. Oleh karena itu, banyak orang yang memanfaatkan tanaman ini sebagai perawatan alami untuk kulit maupun rambut dengan cara mengolahnya menjadi masker.

Salah satu manfaat masker lidah buaya yaitu bisa menjaga kelembaban pada kulit secara alami. Menurut penelitian, lidah buaya juga dapat mengatasi iritasi, jerawat, bekas luka, dan ruam pada kulit. Selain itu, Moms juga bisa menjadikan masker lidah buaya sebagai obat alami untuk luka bakar. 

Apabila mengalami kerontokan rambut atau sering kusut, Moms bisa memakai masker lidah buaya dengan cara mengoleskan ke kulit kepala. Lidah buaya mengandung enzim yang dapat memberi nutrisi pada akar rambut. Sehingga rambut anda menjadi lebih kuat dan mudah diatur. 

Cara membuat masker lidah buaya

Nah, Moms juga bisa membuat masker lidah buaya sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya lagi. Salah satu keuntungan dalam membuat masker lidah buaya di rumah adalah lebih terjaminnya keaslian bahan-bahan yang digunakan. 

Berikut adalah beberapa cara untuk membuat masker lidah buaya:

Cara 1: Masker lidah buaya murni

  • Siapkan lidah buaya kemudian cuci sampai bersih 
  • Kupas kulit lidah buaya lalu ambil daging berwarna putih beningnya
  • Lalu oles dengan merata daging lidah buaya yang telah diambil ke seluruh permukaan kulit 
  • Diamkan beberapa menit sampai lidah buaya meresap ke dalam kulit
  • Bilas wajah Anda sampai benar-benar bersih 
  • Untuk hasil yang optimal, ulangi langkah di atas dua kali seminggu sebelum tidur ataupun di waktu Anda bersantai

Selain untuk wajah, cara ini bisa Moms lakukan untuk perawatan rambut. Caranya dengan mengoleskan lidah buaya secara merata dari akar sampai ke ujung rambut kemudian pijat kepala secara pelan. Lalu diamkan sekitar satu jam dan setelah itu bilas rambut sampai bersih.

Cara 2: Masker lidah buaya campuran lemon

  • Siapkan lidah buaya kemudian cuci sampai bersih
  • Potong kemudian tekan daun lidah buaya sampai gel keluar
  • Campurkan gel lidah buaya dengan perasan satu buah lemon kemudian aduk rata. Selain lemon, bisa juga menggunakan jeruk nipis
  • Simpan campuran lidah buaya dan lemon di dalam kulkas sampai dingin sekitar satu jam
  • Setelah dingin, oles campuran lidah buaya secara merata pada wajah seperti masker sebelum tidur
  • Diamkan selama beberapa menit lalu bilas wajah hingga benar-benar bersih

Cara 3: Masker lidah buaya campuran kunyit dan madu

  • Ambil gel lidah buaya yang masih segar lalu tambahkan sedikit kunyit, madu, serta tetesan air mawar. 
  • Kemudian aduk sampai rata lalu oleskan campuran secara merata ke permukaan kulit
  • Setelah itu diamkan selama kurang lebih 15-20 menit kemudian bilas wajah sampai benar-benar bersih
  • Lakukan cara ini dengan teratur untuk hasil yang maksimal 

Cara 4: Masker lidah buaya, bubuk kokoa dan pepaya

Pepaya akan membuat kulit Moms tampak bercahaya dan juga dapat menghilangkan bekas jerawat. Sementara itu bubuk kakao akan melembabkan kulit wajah. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu 1/4 buah pepaya, 1 sdm bubuk kakao, serta 1 sdt gel lidah buaya.

  • Potong pepaya menjadi empat bagian, lalu kupas lapisan luarnya
  • Masukan pepaya ke dalam mangkuk dengan 1 sdm bubuk kakao dan juga 1 sdt gel lidah buaya
  • Setelah itu, tumbuk dan campur semua bahan hingga bertekstur seperti pasta
  • Cuci muka sampai bersih, oleskan masker ke wajah, dan diamkan selama 15-20 menit
  • Jika sudah, bilas wajah sampai bersih

Moms bisa mencoba cara-cara di atas sesuai dengan ketersediaan bahan dan yang mudah untuk dicari. Tapi sebelum mencoba, jangan lupa untuk tes efeknya di kulit bagian tangan. Khususnya bagi Moms yang baru mencoba perawatan kulit alami dengan menggunakan lidah buaya.

Apabila terasa gatal-gatal serta kemerahan pada kulit setelah mengoleskan masker lidah buaya, langsung hentikan pemakaian. Jika perlu, Moms bisa konsultasi ke dokter agar mendapat perawatan sesuai dengan kondisi kulit.

Hal yang harus diperhatikan sebelum membuat masker lidah buaya

Sebelum membuat masker lidah buaya, Moms harus memastikan untuk selalu menggunakan lidah buaya yang masih segar. Kesegaran dan keaslian lidah buaya sangat efektif untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat atau iritasi pada kulit karena terdapat kandung penting di dalamnya.

Apabila Moms mempunyai jenis kulit yang sensitif, disarankan untuk melakukan skin test terlebih dahulu. Caranya dengan oleskan sedikit gel lidah buaya pada area punggung tangan atau bisa di area belakang daun telinga. Jika merasa gatal, segera cuci area tersebut dengan air sampai benar-benar bersih dan hentikan pemakaian masker.

Baca juga: Membersihkan Lidah Putih? Ini Caranya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like