Tidak hanya untuk makanan, manfaat minyak zaitun juga dapat dirasakan untuk kecantikan. Minyak zaitun bermanfaat bukan hanya untuk luar tubuh namun juga di dalam tubuh. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun berguna tidak hanya bagi kulit, tapi juga untuk rambut. Selain vitamin E, minyak zaitun juga mengandung vitamin K dan asam lemak.

Selain itu, minyak zaitun juga dapat melembabkan rambut. Jadi Moms tidak usah heran kalau minyak zaitun bisa digunakan untuk kondisioner rambut. 

Apa sih manfaatnya?

Kandungan asam palmitat, asam oleat, dan squalene yang ada pada minyak zaitun merupakan emolien yang dapat menawarkan fungsi kualitas kelembutan. Di bawah ini merupakan manfaat minyak zaitun untuk rambut.

1. Dapat mengurangi ketombe

Manfaat minyak zaitun untuk rambut yang pertama yaitu dapat mengurangi ketombe. Saat memakai campuran minyak zaitun dan sari lemon, maka Moms akan mendapatkan hasil rambut yang bebas ketombe.

Apabila Moms memiliki rambut kering dan kulit kepala yang gampang terkelupas, asam yang berasal dari sari lemon bisa mengatasi ketombe di rambut sedangkan minyak zaitun akan mengatasi kulit kepala yang mengelupas dengan cara melembabkan.

Moms tinggal mencampurkan minyak zaitun dan sari lemon dengan takaran yang seimbang serta tambahkan sedikit air. Setelah itu pijat kepala secara perlahan dan diamkan selama 20 menit. Apabila sudah selesai, bilas rambut dengan shampo. Lakukan perawatan ini sekali dalam seminggu.

2. Dapat mengatasi rambut bercabang

Mengatasi rambut yang bercabang juga menjadi salah satu manfaat minyak zaitun. Saat rambut Moms rentan mengalami kerusakan, bercabang dan kusut yang mengakibatkan rambut menjadi berantakan serta terlihat tidak terawat, minyak zaitun bisa menjadi penolongnya.

Dengan sedikit tetes minyak zaitun sudah bisa membantu Moms untuk melembutkan rambut. Efek yang diberikan minyak zaitun yaitu rambut menjadi lembab dan berat, serta dapat memperbaiki rambut rusak secara cepat.

Nah, kalau rambut sedang berantakan, Moms dapat mengakalinya dengan menggunakan sedikit tetesan minyak zaitun di jari kemudian aplikasikan setelah Moms menata rambut.

4. Dapat mengembalikan kilau alami rambut 

Moms tidak perlu khawatir jika kondisioner rambut habis. Sebagai gantinya, Moms bisa menggunakan minyak zaitun. Salah satu manfaat minyak zaitun ternyata mampu mengembalikan kilau alami pada rambut.

Kandungan vitamin A serta antioksidan yang ada pada minyak zaitun mampu melindungi keratin rambut dan juga mempertahankan kelembaban. Selain itu, minyak zaitun juga mampu menghilangkan penumpukan sebum yang akan memperlambat tumbuhnya rambut dan folikel rambut baru.

5. Rambut mudah untuk ditata

Rambut yang kering serta kurang asupan vitamin akan membuatnya menjadi sulit untuk ditata. Minyak zaitun bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kondisi ini. Caranya, Moms hanya tinggal mengaplikasikan setengah cangkir minyak zaitun ke rambut dan biarkan selama 30 menit. Setelah rambut sudah cukup lembab, rambut akan menjadi mudah untuk Moms tata.

Baca juga: Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami

Cara menggunakan minyak zaitun sebagai kondisioner 

Setelah mengetahui manfaat dari minyak zaitun, sekarang saatnya Moms mengetahui cara penggunakan minyak zaitun untuk rambut. Berikut ini cara menggunakan minyak zaitun sebagai kondisioner rambut:

  • Menakar: Apabila Moms belum tahu takaran minyak zaitun yang pas untuk digunakan, cobolaha 2 sdm untuk perawatan pertama
  • Pijat: Aplikasikan minyak zaitun dengan memijat dengan pelan selama beberapa menit. Pijatan ini dapat dilakukan hingga ke kulit kepala apabila kulit kepala Moms kering
  • Bilas: Bilas rambut dengan shampo dan lihat hasilnya saat rambut sudah mengering. Moms bisa mengaplikasikan shampo sebanyak dua kali jika merasa belum cukup

Jenis rambut apa saja yang sebaiknya dipakaikan minyak zaitun?

  • Rambut yang tebal. Minyak zaitun memberikan banyak khasiat bagi rambut yang kering dan tebal. Sebaliknya, rambut yang berminyak tidak akan memerlukan kondisioner. Tapi sebenarnya, Moms tidak harus selalu menggunakan minyak zaitun di kulit kepala.
  • Rambut yang sudah melewati proses kimia. Saat rambut Moms sudah diwarnai, rambut akan mudah kering. Dengan menggunakan minyak zaitun Moms bisa mengembalikan kelembaban rambut lagi. Tunggu selama 72 jam setelah Moms melakukan proses kimia pada rambut sebelum akhirnya mengaplikasikan minyak zaitun. Apabila Moms ingin menggunakan minyak zaitun pada rambut yang di-bleaching, disarankan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu karena dikhawatirkan guratan warna hijau akan muncul setelah mengaplikasikannya
  • Rambut yang bercabang. Aplikasikan minyak zaitun 5 cm dari bawah rambut yang rusak

Setelah mengetahui manfaat minyak zaitun, apakah Moms mau mencoba menggunakan bahan alami ini untuk perawatan rambut agar lebih sehat?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like