Manfaat Putih Telur untuk Kecantikan Wajah

Manfaat Putih Telur

Putih telur memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi dianjurkan hanya mengonsumsi putihnya saja apabila hendak makan telur. Putih telur juga dipercaya mempunyai kalori yang rendah, yaitu sebesar 16 kalori per butir. Akan tetapi, siapa sangka bahwa putih telur memiliki manfaat juga bagi kecantikan. Lalu, apa saja manfaat putih telur untuk kecantikan wajah? Berikut penjelasannya.

Manfaat putih telur untuk kecantikan wajah

Menghilangkan rambut wajah

Putih telur dapat menghilangkan rambut-rambut yang ada di wajah. Moms dapat oleskan putih telur ke seluruh wajah, lalu tempelkan kertas masker di atasnya.

Selanjutnya, oleskan kembali sedikit putih telur di atas kertas masker yang sudah menempel di wajah. Jika sudah kering, Moms bisa mengupas kertas masker yang menempel di wajah, dan rambut-rambut yang ada di wajah akan ikut tercabut bersama dengan kertas masker tersebut.

Mengecilkan pori-pori

Apabila Moms memiliki lubang pori-pori besar di wajah, Moms wajib mencoba manfaat putih telur yang satu ini. Caranya, campurkan 1 sendok teh putih telur dan 1 perasan lemon.

Oleskan secara merata ke seluruh wajah atau cukup di daerah yang berpori-pori besar. Diamkan hingga 15 menit, dan setelah itu bilas menggunakan air hangat. lakukan perawatan ini selama dua kali seminggu, dan pori-pori di wajah akan menyusut.

Mengencangkan Kulit

Manfaat putih telur selanjutnya yaitu dipercaya mampu mengencangkan kulit wajah yang kendur dan keriput. Moms bisa mencobanya dengan mengoleskan putih telur tipis-tipis di atas wajah. Lalu, bilas wajah dan keringkan.

Mengurangi minyak di wajah

Selain mampu meminimalkan pori-pori di wajah, putih telur memiliki manfaat yang sangat baik bagi mereka yang memiliki wajah berminyak. Perawatan yang dilakukan pun sama dengan perawatan mengecilkan pori-pori. Hanya saja, Moms perlu membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Mencegah Jerawat dan Bekas Jerawat

Jerawat yang muncul dapat diakibatkan oleh sekresi sebum berlebih ke permukaan kulit. Putih telur dapat menjadi solusi mengatasi masalah tersebut. Caranya, Moms dapat oleskan putih telur yang dicampurkan dengan 2 tetes tea tree oil dan usapkan secara perlahan dengan ujung jari. Namun, pastikan bahwa ujung jari yang Moms gunakan untuk mengoleskan putih telur sudah bersih.

Menyingkirkan bintik hitam di wajah

Bintik hitam di wajah mungkin dapat menjadi salah satu masalah besar. Dengan mengusapkan putih telur ke wajah, pori-pori yang ada di kulit pun menciut, dan bintik hitam yang ada di wajah pun hancur.

Menghilangkan minyak di rambut

Mengoleskan putih telur di rambut mungkin akan terasa tidak enak. Namun, putih telur yang sudah dipisahkan dari kuningnya tidak akan berbau amis. Putih telur memiliki manfaat yaitu dapat mengencangkan folikel rambut, sehingga mencegah sebum berlebih yang disekresikan ke kulit kepala. Hal tersebut yang membuat minyak di kepala menjadi berkurang atau hilang.

Mengkilapkan rambut

Apabila Moms memiliki rambut kusam, Moms wajib mencoba merasakan manfaat putih telur. Caranya, kocok putih telur hingga berbusa dan tambahkan satu sendok teh perasan lemon. Selanjutnya, usapkan pada rambut dan bungkus menggunakan shower cap. Diamkan selama 10 menit, bilas menggunakan air dan keringkan menggunakan handuk. 

Mengecilkan kantung mata

Manfaat putih telur selanjutnya yaitu dipercaya mampu mengecilkan kantung mata. Caranya yaitu dengan menggosokkan dengan lembut putih telur di bagian kantung mata menggunakan jari telunjuk perlahan-lahan. Selanjutnya, bilas hingga bersih dan keringkan dengan handuk lembut. Kemudian, oleskan minyak kelapa untuk hasil yang lebih optimal.

Menyamarkan keriput dan garis halus di wajah

Apabila Moms menggunakan masker putih telur sebanyak dua kali seminggu, kulit akan terasa kencang dan tampak muda kembali.

Nah apakah Moms sudah tidak sabar untuk mencobanya? Akan tetapi, perlu diingat untuk senantiasa berhati-hati sebelum menggunakan masker atau produk apapun pada wajah. Moms dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum merasakan manfaat masker putih telur untuk wajah.  

Dokter kulit dapat membantu Moms dalam menentukan apakah kulit wajah Moms cocok menggunakan masker putih telur.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo Hitam dengan Bahan Alami

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x