Moms tentunya mendambakan tampilan wajah yang mulus, putih bersih, dan bersinar. Namun seringkali itu hanyalah angan-angan belaka, ketika kulit Moms merupakan tipe yang mudah kering. Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi kulit seperti ini, salah satunya menggunakan masker alami untuk kulit kering. Lalu, apa saja masker alami yang cocok untuk kulit kering?

Masker Alami untuk Kulit Kering

Masker Kopi

Menggunakan kopi sebagai scrub untuk mengikis sel kulit mati dapat membuat tekstur wajah jadi halus. Selain itu, kopi juga bisa mengembalikan kelembaban alami kulit yang hilang.

Cara memakainya yaitu siapkan 2 sdm kopi bubuk, 3 sdm susu, 2 sdm bubuk cocoa, dan 1 sdm madu.  Selanjutnya campurkan semua bahan, lalu oleskan ke wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas wajah sampai bersih menggunakan air.

Masker Pepaya dan Strawberry

Masker alami untuk kulit kering berikutnya yaitu menggunakan kombinasi buah pepaya dan strawberry. Selain memiliki kandungan enzim papain dan vitamin A yang dapat menyingkirkan timbunan sel kulit mati, pepaya juga memuat protein non-aktif yang dapat meremajakan kulit sekaligus melembabkannya.

Berbeda dengan strawberry yang sarat vitamin C, asam salisilat, AHA (alpha hydroxyl acid), asam aspartat, asam elagik, serat, dan folat. Semua ini dapat menghindarkan kulit dari berbagai gangguan seperti komedo, jerawat, kulit kering, kulit berminyak, dan lain sebagainya.

Cara membuatnya yaitu Moms dapat siapkan 2 buah strawberry, pilih yang segar dan besar, pepaya matang (haluskan), 1 buah peach, 1 sdt madu organik, dan 1 sdm oatmeal. Campur seluruh bahan hingga rata, masukkan oatmeal pada tahap akhir sehingga adonan berubah jadi pekat seperti pasta. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas wajah dengan air hangat, lalu oleskan pelembab.

Masker Minyak Kelapa

Minyak kelapa sejak dulu dipercaya untuk mengatasi kulit kering berkat kandungan asam lemaknya yang dapat melembabkan kulit. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan 2 sdm minyak kelapa murni, 1 irisan pisang masak, dan 3 tetes minyak esensial kemenyan. Setelah itu oleskan dan diamkan selama 20 menit lalu bilas.

Masker Anggur

Anggur kaya vitamin E sehingga dapat mengunci kelembaban di kulit. Tidak hanya itu, buah ini juga bisa mengeliminasi sel kulit mati sehingga kusam di wajah hilang seketika setelah memakainya. Moms dapat menyiapkan buah anggurnya, belah menjadi 2 bagian, lalu haluskan hingga lembut. Tambahkan sedikit tepung dan aduk hingga tercampur rata.

Selanjutnya ambil kertas masker, rendam dalam adonan, dan tempelkan di wajah selama 20 menit. Bilas wajah dan jangan lupa oleskan pelembab setelahnya.

Baca juga: Cara Memakai Minyak Zaitun untuk Wajah Sesuai Dengan Jenis Kulit

Masker Yogurt dan Vitamin E

Kedua bahan di atas juga terbukti ampuh dijadikan masker untuk atasi tekstur kulit kering di wajah.

Moms cukup mencampur rata 2 sdm yogurt tawar, 1 sdm madu, dan 2 sdm oatmeal yang sudah dimasak, lalu tambahkan 1 kapsul vitamin E. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat, lalu dalam keadaan setengah basah, oleskan masker dan diamkan hingga 20 menit. Bilas wajah lalu berikan pelembab.

Masker Madu dan Garam Epsom

Madu merupakan bahan pelembab alami yang sarat antioksidan dan antimikroba. Sifatnya yang humektan mampu mengunci kelembaban secara alami.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan 2 sdm madu dan 2 sdm garam Epsom, kemudian gunakan untuk sebagai masker di wajah selama 30 menit.

Masker Vitamin E dan Alpukat/Pisang

Vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang dapat memperbaiki dan melindungi kulit. Sifat anti radangnya juga mampu menenangkan kulit sensitif.

Moms dapat menghaluskan setengah buah pisang/ alpukat hingga halus, kemudian tambahkan minyak vitamin E. Diamkan sebagai masker wajah selama 20 menit, lalu bilas.

Masker Lemon dan Gula

Apabila gula bisa membersihkan permukaan kulit dari kotoran sekaligus mengunci kelembaban, maka lemon dapat mencerahkan dan menghilangkan kusamnya.

Moms hanya perlu mengkombinasikan 1 sdt gula dan perasan setengah buah lemon. Oleskan campuran ini sambil memijat wajah dengan gerakan melingkar, setelah itu diamkan sekitar 15 menit sebelum membilas wajah menggunakan air hangat.

Masker Ragi

Ragi yang dipakai untuk membuat bir kaya akan kromium, selenium, protein, dan vitamin B. Tubuh memerlukan vitamin B agar tetap sehat, tidak hanya itu antioksidan ini juga dapat mencegah munculnya kerutan dan mengembalikan elastisitas wajah.

Gunakan masker ini apabila wajah tampak lelah. Dengan mencampurkan beberapa ragi, 1 sdm madu, dan segelas susu. Selanjutnya oleskan pasta ke wajah, diamkan selama 15 menit, dan bilas sampai bersih.

Masker Madu, Strawberry, dan Oatmeal

Masker alami untuk kulit kering ini dapat membuat tekstur kulit kenyal dan lebih halus.

Dengan mencampurkan setengah sdt oatmeal, 1 sdt madu, dan 1 sdt bubur strawberry (hasil lumatan). Gunakan itu sebagai masker di wajah selama 10-15 menit, dan lihat perubahannya.

Masker Aprikot dan Minyak Zaitun

Membahas bahan masker alami untuk kulit kering, aprikot merupakan salah satu yang terbaik. Hal ini karena buah ini mempunyai efek melembabkan yang sangat baik, dan juga memiliki kandungan vitamin A serta asam lemak esensial yang baik untuk memulihkan kulit iritasi. Sementara minyak zaitun juga kaya akan berbagai nutrisi. Salah satunya adalah sifat humektannya yang mampu mengunci air dalam kulit.

Cara membuatnya, siapkan beberapa buah aprikot dan minyak zaitun murni. Hancurkan buah aprikotnya dan hangatkan minyak zaitunnya, lalu campur kedua bahan. Oleskan di wajah menggunakan ujung jari sambil memijat-mijat kulit.

Diamkan selama 1 menit, lalu bilas dengan air hangat diikuti air dingin. Moms dapat mengganti buah aprikot dengan peach, alpukat, atau pisang masak.

Masker Lidah Buaya dan Timun

Keduanya merupakan bahan yang sangat bermanfaat untuk masker kulit yang kering. Lidah buaya memiliki sifat anti radang dan bisa meredakan sunburn, kemerahan, rasa tidak nyaman, serta bengkak di kulit. Tidak hanya itu, kandungan pelembab alaminya juga bagus untuk menghidrasi kulit kering.

Sementara timun sarat vitamin A dan C serta zat besi, magnesium, potasium, folat, silika, dan molibdenum. Timun juga terdiri dari 90% air sehingga bisa membuat kulit kering lembab secara alami.

Untuk membuat masker alami ini Moms butuh setengah buah timun dan beberapa sdt gel aloe vera. Potong timunnya, lalu rendam dalam gel aloe vera, dan hancurkan hingga adonan berubah menjadi pasta. Oleskan sambil memijat wajah, setelah itu diamkan selama 30 menit. Terakhir, bilas wajah menggunakan air dingin.

Masker Shea Butter, Minyak Kelapa, dan Lidah Buaya

Shea butter memiliki kandungan vitamin F yang baik untuk menjaga elastisitas kulit. Sementara minyak kelapa bersifat menghidrasi kulit dan mengandung antijamur serta antibakteri.

Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan 1 sdm shea butter, minyak kelapa, dan gel lidah buaya. Oleskan, lalu diamkan masker selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air  hangat dan dingin.

Masker Putih Telur dan Madu

Kombinasi madu dan telur bisa memulihkan kulit kering. Dalam sebuah wadah, masukkan 1 butir putih telur, 1 sdt minyak sunflower, dan 1 sdt madu. Diamkan campuran di wajah sebagai masker selama 15 menit, lalu bilas memakai air hangat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like