Bukan hanya merawat kulit wajah saja, Moms juga harus merawat area kaki. Mungkin saja sel kulit mati sudah menumpuk karena area kaki yang jarang dirawat. Hal ini akan membuat area kulit kaki menjadi hitam serta menebal. Tidak sulit untuk mengangkat sel kulit mati di kaki. Moms dapat melakukan beberapa cara di bawah ini agar dapat mengembalikan kecerahan warna kulit kaki.

Cara mengangkat sel kulit mati di kaki

Kulit kaki juga akan terlihat buruk apabila tidak dirawat dengan baik. Misalnya seperti kering, pecah-pecah, tampak kusam, ataupun terasa tebal saat disentuh. Namun Moms tidak perlu cemas, masalah kulit kaki biasa terjadi dan disebabkan karena sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Sel kulit yang rusak akan diganti dengan sel kulit baru yang sehat setiap harinya. Jika sel kulit mati ini tidak dibersihkan, maka akan terus menumpuk dan membuat tampilan kulit kaki.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Merendam dan menggosok kaki

Cara pertama untuk mengangkat sel kulit mati yaitu dengan merendam dan menggosok kaki. Rendamlah kaki selama 20 menit di dalam air hangat sebelum Moms tidur agar bisa melembutkan kulit mati sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Setelah itu, gosok kaki dengan gerakan maju mundur menggunakan batu apung. 

Lakukan cara ini secara perlahan agar tidak menimbulkan goresan pada kulit. Perlu Moms ingat, membersihkan kulit kaki tidak dilakukan sekali dua kali saja, namun secara kontinu sampai kulit menjadi bersih dari sel kulit mati. 

Baca juga: Bagaimana Cara Menghaluskan Tumit Kaki Secara Alami?

2. Membilas kaki 

Langkah selanjutnya untuk mengangkat sel kulit mati yaitu membilas kaki hingga bersih setelah menggosoknya. Gunakanlah air dingin yang mengalir agar sel kulit mati terbawa air. Jangan lupa juga untuk menggosok kaki saat membilasnya. 

3. Mengeringkan dan mengoleskan pelembab

Langkah terakhir untuk mengangkat sel kulit mati setelah Moms membilas kaki yaitu mengeringkan kaki menggunakan handuk yang lembut dengan cara menepuk-nepuk ringan. Lakukan juga pijatan ringan agar Moms merasa rileks dan sirkulasi darah pun menjadi lebih lancar. Setelah itu, oleskan pelembab agar kulit kaki tidak kering.

Baca juga: Penyebab Urat Menonjol serta Terlihat Jelas di Permukaan Kulit

Bahan lain yang dapat digunakan

Ada banyak pilihan bahan lain yang dapat Moms manfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati, yaitu:

Cuka apel

Cuka apel merupakan bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit, termasuk mengangkat sel kulit mati. Bahan alami ini juga bisa melembutkan kaki serta menghindari tumit kaki Moms dari pecah-pecah. 

Caranya, campurkan cuka dan air dingin lalu rendam kaki selama 10 menit. Gosoklah kaki menggunakan batu apung demi mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah itu, keringkan kaki dengan handuk dan oleskan pelembab. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu. 

Garam epsom

Garam epsom berasal dari magnesium sulfat, yang dimana merupakan mineral yang dapat membantu pengelupasan kulit mati. Cara menggunakan garam epsom untuk mengangkat sel kulit mati yaitu dengan mencampurkan setengah cangkir garam epsom dan satu baskom air. Rendam kaki selama 20 menit dan gosok menggunakan batu apung. 

Moms juga bisa mencampurkan garam epsom dengan satu sendok minyak zaitun guna mengangkat kulit mati kemudian bilas hingga bersih dan aplikasikan pelembab. 

Oat

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengangkat sel kulit mati yaitu oat. Moms hanya perlu mencampurkan oat dengan susu atau air mawar, oleskan pada kaki, lalu biarkan selama 20-30 menit. 

Setelah  itu, gosok kaki dengan handuk basah dan bilas menggunakan air dingin. Keringkan kaki sebelum Moms mengoleskan pelembab. Lakukan cara ini setiap hari guna memperoleh hasil yang optimal.

Baca juga: Bibir Moms Kering dan Pecah-pecah? Hindari Kebiasaan Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like