Mungkin Moms pernah beberapa kali punya luka melepuh karena terkena cipratan minyak atau tidak sengaja tersiram air panas. Kulit biasanya akan melepuh, terasa perih, berisi air dan juga nanah. Namun, Moms tidak perlu khawatir. Ada beberapa bahan alami yang dapat Moms manfaatkan untuk mengatasi kulit melepuh. 

Bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit melepuh

Melepuh bisa disebabkan oleh gesekan yang terjadi terus-menerus misalnya saat bermain alat musik, terkena api, terpapar oleh bahan kimia, hingga infeksi yang disebabkan oleh penyakit atau kondisi tertentu. Lepuhan akan menyerupai kantung cairan antara lapisan atas kulit.

Moms tidak perlu khawatir. Lakukan saja beberapa cara untuk mengatasi kulit melepuh dengan bahan-bahan alami berikut ini. 

1. Mengoleskan gel lidah buaya

Moms pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan alami ini. Lidah buaya sudah sering digunakan di bidang kecantikan sehingga gel lidah buaya dapat dijadikan sebagai salah satu bahan alami yang mampu mengatasi masalh kulit, termasuk dalam mengatasi kulit melepuh. 

Kandungan anti radang yang ada pada lidah buaya mampu menghambat peradangan sehingga dipercaya dapat meredakan kulit membengkak, kemerahan, perih, serta terbakar. Nah, efek melembabkan serta sensasi dingin yang diberikan lidah buaya juga dapat mempercepat proses penyembuhan. 

Moms dapat menggunakan gel lidah buaya langsung dari tanamannya atau produk yang mengandung lidah buaya asli. 

Baca juga: Manfaat Masker Lidah Buaya dan Cara Membuatnya

2. Memakai krim vitamin E

Vitamin E sudah lama diketahui manfaatnya untuk kecantikan kulit. Vitamin E berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan sel kulit yang terluka dan mencegah munculnya jaringan parut. 

Apabila makanan dan minuman yang memiliki kandungan vitamin E belum mencukupi, Moms dapat memakai krim vitamin E untuk mengatasi kulit melepuh. 

3. Rendam dengan teh hijau

Teh hijau memiliki sifat anti radang yang bermanfaat untuk mempercepat proses sembuhnya luka, termasuk dalam mengatasi kulit melepuh. Caranya, Moms dapat menyeduh kantong teh hijau terlebih dahulu di dalam air panas.

Tambahkan soda kue guna memperkuat sifat antiseptik jika perlu. Setelah air rebusan teh hijau sudah agak hangat, Moms dapat menempelkan kain yang dicelupkan ke dalam air teh hijau tepat pada kulit yang melepuh atau bisa langsung merendam kaki. 

Moms dapat menyesuaikan antara pilihan menempelkan kain pada luka atau merendam kaki sesuai dengan letak luka serta tingkat keparahannya. Lakukan cara ini hingga luka melepuh membaik.

4. Memakai cuka apel

Meskipun bau cuka apel yang menyengat serta sifat asam yang tinggi, ternyata bahan alami yang satu ini dapat Moms gunakan untuk mengatasi kulit melepuh, lho. Sari cuka apel memiliki kandungan sifat antibakteri yang dapat mencegah infeksi luka melepuh pada kulit.  

Pada awal memakai cuka apel, Moms mungkin akan merasakan rasa perih. Namun, saat sudah terbiasa memberikan cuka apel, biasanya rasa perih akan berkurang dan luka lepuhan pun semakin mengecil. 

Moms bisa mencampurkan cuka apel dengan sedikit air matang jika terganggu dengan bau asamnya. Setelah itu, usapkan secara lembut pada area kulit yang melepuh. 

Baca juga: Amankah Memakai Cuka Apel untuk Wajah?

5. Mengoleskan castor oil 

Castor oil merupakan salah satu minyak esensial yang dapat mendorong penyembuhan jaringan kulit yang terluka, salah satu nya sebagai cara mengatasi kulit melepuh. Caranya hanya dengan mengoleskan castor oil pada kulit melepuh sebelum tidur. Moms dapat melihat efeknya esok hari. 

Apabila takut menimbulkan resiko iritasi, Mom dapat mencampurkan castor oil dengan minyak pelarut atau pembawa. Dan jangan lupa untuk mencoba terlebih dahulu pada salah satu bagian tubuh untuk mengetahui efek yang ditimbulkan pada kulit Moms. 

6. Biarkan luka melepuh pada kulit “bernapas”

Jangan terus-menerus menutup luka yang melepuh dengan kasa atau perban. Sebaiknya Moms biarkan terbuka agar bisa memberi ruang bernapas. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi kulit melepuh. 

Baca juga: Jenis Luka Bakar dan Cara Mengobati Luka Bakar yang Wajib Diketahui

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like