Moms pernah berharap pori-pori wajah tidak terlihat? Pori besar serta bintik hitam di dahi, hidung, dan dagu memang mengganggu. Karena itu pasti Moms sudah mencoba banyak cara untuk mengecilkan pori-pori wajah demi memiliki wajah yang bersih dan mulus. 

Namun faktanya, pori-pori wajah tidak bisa hilang secara seutuhnya karena tentu kita tetap membutuhkan pori-pori demi keseimbangan fungsi tubuh. Nah, kotoran yang biasa menyumbat di pori-pori merupakan reaksi alami tubuh guna mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.  

Tapi, Moms jangan membiarkan pori-pori tersumbat lama hingga menimbulkan bintik-bintik pada wajah. Nah, tanpa mengeluarkan tenaga serta menguras dompet, berikut adalah beberapa cara yang bisa Moms lakukan.

Baca juga: Cara Memakai Sheet Mask yang Benar untuk Hasil Maksimal!

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah

1. Melakukan Eksfoliasi 

Melakukan eksfoliasi adalah salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah yang bisa dilakukan. Eksfoliasi atau pengelupasan merupakan kunci penting dari perawatan wajah guna mencegah berbagai macam masalah kulit, seperti pori-pori yang besar.

Ketika Moms ingin memilih produk exfoliator, carilah produk yang memiliki tekstur yang lembut seperti butiran pasir. Jenis produk seperti ini bisa menjangkau pori-pori serta mengurangi minyak. Sehingga pori-pori wajah pun tidak akan menghitam. Menggunakan produk yang lembut bisa mengangkat sel kulit mati dan juga kotoran, lho.

Namun ingat, Moms hanya boleh melakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu atau beberapa kali dalam sebulan. Jangan melakukan eksfoliasi setiap hari.

2. Menyimpan Produk Skincare di Kulkas

Suhu yang dingin dapat membuat tubuh mengerut. Tapi, jangan panik. Mengerutnya kulit terjadi karena pembuluh darah mengalami penyempitan hingga ukuran pori-pori pun mengecil.

Dengan kata lain, menyimpan produk skincare di dalam kulkas bisa membantu mengecilkan pori-pori wajah. Moms bisa menyimpan produk pelembab serta make up di dalam kulkas untuk mempertahankan rasa dingin yang lebih lama pada wajah.

3. Membiarkan Pori-pori Bernapas

Ketika rutin memakai sabun, pelembab, dan juga foundation sehari-hari ternyata akan meninggalkan banyak sisa minyak yang menjadi penyebab pori-pori wajah membesar, lho. Untuk Moms yang ingin mengecilkan pori-pori wajah, coba untuk tidak menggunakan make up ketika sedang santai di akhir pekan atau ketika sedang ada di rumah saja seharian.

Menghapus make up tidak hanya dilakukan setiap ingin tidur saja, melainkan sebelum olahraga juga agar make up tidak menyumbat pori-pori wajah saat sedang berkeringat. Dengan membiarkan pori-pori bernapas, Moms bisa membantu kulit mengeluarkan kotoran secara alami.

4. Memakai Tabir Surya atau Sunscreen

Ketika Moms terkena paparan radiasi dari sinar matahari, ini akan memicu kerusakan pada kulit yang beresiko meningkatkan resiko kanker, membuat kulit kering, keriput jangka panjang,serta pori-pori jadi terlihat membesar.

Dengan menggunakan sunscreen 15 menit sebelum Moms beraktivitas di luar rumah, Moms dapat mengecilkan pori-pori wajah dan juga mencegah berbagai resiko tersebut. Disarankan untuk memiliki produk sunscreen yang memiliki SPF minimal 30.

5. Memilih Pembersih yang Tepat

Menggunakan pembersih yang tepat juga dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah. Pilihlah pembersih wajah sesuai jenis kulit. Apabila Moms mempunyai kulit berminyak dan pori-pori yang besar, pilihlah pembersih wajah berbasis gel. Dan jika Moms mempunyai kulit normal yang cenderung kering, pilihlah pembersih wajah berbentuk krim.

Hindari memilih pembersih wajah dengan kandungan sabun atau scrub tidak peduli jenis kulit apa yang Moms miliki. Karena, kedua bahan itu justru dapat membuat pori-pori malah semakin membesar.

6. Jangan Tidur Saat Masih Pakai Make Up

Moms merupakan salah satu dari banyak orang yang malas untuk membersihkan makeup sebelum tidur setelah beraktivitas? Apabila Moms tidur dengan make up masih menempel di wajah, maka hal ini bisa menumpuk minyak, kotoran serta bakteri yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Pori-pori pun akan menjadi lebih besar keesokan harinya.

Karena itu, penting sekali bagi Moms untuk membersihkan make up dan mencuci muka sampai bersih sebelum tidur.

7. Konsultasikan dengan Dokter Kulit

Konsultasi dengan dokter kulit dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah apabila cara-cara di atas tidak dapat membantu. Karena dokter kulit akan memberi rekomendasi perawatan tertentu untuk membantu Moms dalam mengecilkan pori-pori.

Dan apabila jerawat yang menjadi penyebab pori-pori yang besar, mungkin dokter akan memberi resep obat retinoid atau antibiotik guna membersihkan kulit wajah.

Baca juga: Kulit Berminyak, Sebenarnya Apa Saja Penyebabnya?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like