Menghilangkan Mata Sembab Secara Cepat? Ini Caranya

Menghilangkan Mata Sembab

Sebagai manusia, menangis itu perlu. Karena sebenarnya menangis sangatlah bermanfaat untuk kita. Saat menangis, tubuh dapat melepas stress dan meringankan stress yang ada di dalam sistem tubuh. Nah, saat Moms sudah lega menangis, biasanya muncul semua tanda seperti mata sembab, hidung merah, dan lain-lain. Sebelum orang-orang bertanya tentang keadaan dengan mata sembab ini, bagaimana caranya agar bisa menghilangkan mata sembab secara cepat? Yuk cari tahu caranya di penjelasan berikut ini.

Apa Penyebab Mata Sembab Setelah Menangis?

Saat menangis, air mata yang dikeluarkan karena adanya luapan emosi mengandung kadar air lebih tinggi. Jaringan yang ada di sekitar mata memiliki kandungan garam yang cukup banyak dan sedikit air akan menyerap kelebihan air ketika Moms menangis. Itulah sebabnya mata menjadi bengkak setelah Moms menangis.

Cara Menghilangkan Mata Sembab dengan Cepat 

Moms perlu melemaskan wajah sambil menunggu sisa-sisa air mata yang masih tertahan untuk mengalir. Biasanya dengan menahan napas atau mengontrol ekspresi muka justru dapat membuat sembab dan kemerahan semakin parah.

Apabila Moms merasa tangisan sudah benar-benar reda, segeralah duduk tegak lalu tutup wajah dengan tangan sehingga menyebabkan cairan serta darah berkumpul di wajah. Kemudian tarik dan hembuskan napas dalam-dalam dan secara teratur, setelah melakukan hal tersebut, berikut cara yang bisa Moms lakukan untuk menghilangkan mata sembab secara cepat.

1. Menghilangkan mata sembab dengan air es

Menghilangkan Mata Sembab

Cara pertama yang bisa Moms lakukan untuk menghilangkan mata sembab secara cepat yaitu tuangkan air ke dalam wadah seperti mangkuk hingga terisi setengah. Lalu, masukkan 4-5 buah es batu ke dalam wadah. Ambil tisu atau kain, lalu celupkan ke dalam air yang sudah disiapkan, dan tekan ke bawah kulit anda dimulai dari sudut mata bagian dalam hingga ke sudut mata bagian luar.

Setelah itu Moms bisa pijat secara pelan sekitar 5 menit. Ulangi langkah ini selama beberapa kali. Selain menggunakan tisu atau kain, Moms juga bisa menggunakan jari-jari bersih Moms dengan cara menggenggam beberapa es batu dan kemudian pijit secara pelan.

2. Mengompres dengan teh

Menghilangkan Mata Sembab

Teh celup juga dapat digunakan untuk menghilangkan mata sembab secara cepat. Karena teh celup mampu membantu menyempitkan pembuluh darah sehingga bisa mengurangi bengkak pada mata.

Caranya adalah dengan mencelupkan dua kantong teh ke dalam air dingin selama sekitar sepuluh menit, kemudian tekan ke bawah mata dimulai dari sudut bagian dalam hingga ke sudut bagian luar mata. Pijat secara pelan sekitar 5 menit, lalu ulangi langkah ini beberapa kali. 

3. Mengompres dengan irisan timun atau kentang

Cara untuk menghilangkan mata sembab yang satu ini adalah salah satu cara lama yang masih sering dilakukan banyak orang. Pertama, Moms perlu memotong dua iris timun atau kentang yang masih segar. Kemudian, tempel irisan tersebut di atas kedua mata. Setelah itu biarkan selama sekitar 10-15 menit. 

Sama halnya dengan teh celup, sensasi dingin timun dan kentang mampu mengencangkan pembuluh darah. Timun juga mengandung antioksidan yang kuat dan kentang mengandung kandungan enzim pencerah kulit yaitu catecholase.

Keduanya ini tidak berpengaruh untuk pengurangan mata sembab, tetapi mengompres mata dengan irisan timun kemudian dilanjuti dengan kentang dapat membuat kantong mata menjadi kempis. Apabila Moms ingin melakukan cara ini, pastikan posisi kepala Moms bersandar di atas bantal untuk mencegah cairan dari irisan timun atau kentang menggenang di wajah.

Baca juga: Apakah Sulam Alis Aman Bagi Kesehatan

4. Mengompres dengan sendok dingin

Menghilangkan Mata Sembab

Apabila Moms masih mempunyai cukup waktu sebelum bertemu orang-orang, cara ini dapat menghilangkan mata sembab Moms dengan cepat. Caranya hanya dengan memasukkan sendok yang bersih ke dalam freezer kulkas, lalu diamkan selama sekitar 10-20 menit.

Jika sudah, tekan sendok yang sudah dingin dengan lembut ke bawah mata sembab Moms dimulai dari sudut bagian dalam mata dan pijat secara pelan ke arah sudut mata bagian luar. Ulangi cara ini secara bergantian pada mata yang lainnya.

Pada saat yang sama, Moms bisa memijat lembut batang hidung selama beberapa menit sambil menutup mata. Fokuskan pada area tempat kacamata bertumpu. Ini dapat membantu mengurangi sinus, dan juga mengurangi pembengkakan. 

5. Menggunakan concealer

Moms bisa menyembunyikan sisa-sisa kemerahan di wajah serta area bawah mata dengan menggunakan concealer warna hijau atau kuning. Caranya hanya dengan mengoleskan color correcting concealer hingga rata di area yang memerah. Langkah terakhir setelah mengoleskan concealer, berikan bedak padat atau tabur agar concealer tetap pada tempatnya.

Ketika Moms sedang mencoba beberapa cara di atas, hal penting yang harus diingat adalah apabila Moms segera tidur setelah menangis akan menyebabkan mata sembab menjadi parah. Hal ini disebabkan oleh pengumpulan cairan karena mata tidak bergerak atau berkedip untuk mengeluarkan air mata.

Apabila Moms tidur, pastikan dalam posisi telentang, letakkan beberapa bantal sebagai penahan supaya lebih memungkinkan agar air dapat keluar dari wajah. 

Beberapa cara di atas adalah cara untuk menghilangkan mata sembab secara cepat. Apakah Moms sudah pernah mencoba salah satunya? 

Baca juga: Menghilangkan Mata Panda? Lakukan Cara Berikut

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x