Hal yang sering terjadi dan tidak menyenangkan adalah munculnya jerawat. Selain rasa sakit yang ditimbulkan, jerawat juga terasa mengganggu penampilan. Pastinya Moms ingin jerawat sesegera mungkin hilang dari wajah karena jerawat mengurangi rasa kepercayaan diri. Banyak sekali berbagai perawatan telah dilakukan, bahkan tak jarang mengeluarkan cukup banyak biaya.

Lalu bagaimana dengan vitamin dan mineral? Apakah vitamin dan mineral dapat mengobati jerawat? Apa manfaat dari vitamin dan mineral? Vitamin dan mineral apa yang harus Moms konsumsi untuk mengobati jerawat?

Hal penting yang terdapat dalam vitamin

Apabila jumlah asupan vitamin dan mineral pada makanan tidak terpenuhi, maka akan terjadi suatu keadaan yang disebut sebagai defisiensi vitamin dan mineral. Kekurangan vitamin ternyata dapat menghasilkan komplikasi yang serius, dan salah satu contohnya yaitu jerawat. Vitamin sangat berguna untuk fungsi enzim, sel, organ, dan jaringan.

Dengan mengonsumsi vitamin yang benar, kegunaan vitamin seperti antioksidan, antiperadangan, antibakteri, dan antikomedogenik akan bekerja secara efektif untuk melawan jerawat, dan membalikkan proses biokimia. Berikut ini merupakan berbagai jenis vitamin dan mineral yang bisa Moms konsumsi untuk mengobati jerawat.

Vitamin A

Vitamin yang dibutuhkan untuk membantu mengobati jerawat yaitu vitamin A, namun Moms harus pastikan bahwa Moms sudah mengonsumsi nya dengan benar. Vitamin A yang dikonsumsi, atau bisa juga dikenal dengan retinoid isotretinoin, berfungsi untuk menyembuhkan peradangan dan jerawat yang parah, ketika pengobatan lain tidak berhasil.

Akan tetapi, apabila Moms mengonsumsi vitamin A, pastikan untuk mengonsumsi dengan cukup dan tidak berlebihan. Karena, asupan vitamin yang yang terlalu tinggi dapat berubah menjadi racun di dalam tubuh.

Moms juga bisa mendapat vitamin A yang diberikan langsung pada kulit. Retinoid (turunan dari vitamin A) diduga merupakan pengobatan yang efektif untuk jerawat karena memiliki kemampuan untuk meregenerasi kulit dan menyembuhkan kulit dengan cepat.

Akan tetapi, kelemahannya adalah, zat retinoid dapat melemahkan pertahanan alami kulit terhadap sinar matahari. Jadi, ada baiknya Moms hindari paparan sinar matahari langsung dan berlebih pada saat sedang dalam pengobatan ini.

Zinc

Mineral yang dapat membantu dalam mengobati jerawat adalah zinc. Moms dapat mengonsumsinya sebagai suplemen ataupun langsung diaplikasikan pada kulit. Zinc memiliki peran dalam mengurangi produksi minyak pada kulit, dan melawam infeksi bakteri serta peradangan.

Asupan yang direkomendasikan untuk orang dewasa sekitar 8-11 mg per hari. Terdapat bukti bahwa 30 mg merupakan batas aman untuk membantu penyembuhan jerawat, namun perlu diingat bahwa apabila mengonsumsi zinc terlalu banyak juga dapat membahayakan tubuh kita. Karena ada bebrapa orang yang mengeluhkan sakit ketika mengonsumsi zinc dalam jumlah cukup banyak. So, konsumsi secukupnya saja ya Moms.

Vitamin E

Dalam mengobati jerawat, sebenarnya hubungannya dengan vitamin E tidak terlalu erat. Namun, peneliti melaporkan bahwa terdapat 100 orang yang tidak mengobati jerawatnya memiliki level vitamin E yang lebih rendah dalam darahnya dibandingkan dengan orang tanpa jerawat.

Adanya hubungan antara rendahnya vitamin E dalam darah dengan munculnya jerawat parah, bukan berarti bisa ditarik kesimpulan bahwa rendahnya vitamin E dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan keefektifan vitamin E dalam penyembuhan jerawat.  Tapi perlu diingat juga bahwa vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, sehingga vitamin ini tetap memiliki manfaat pada kesehatan kulit.

Nicotinamide

Nicotinamide adalah bentuk dari vitamin B3 atau niacin. Zat ini telah diaplikasikan langsung untuk menyembuhkan jerawat. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengaplikasikan gel nicotinamide 4% dalam waktu 8 minggu dapat menurunkan level jerawat yang muncul pada orang yang memiliki jerawat ringan, atau sedang.

Salah satu alasan efektivitasnya adalah anti peradangan yang ada pada nicotinamide.

Penyebab munculnya jerawat

Setiap orang pasti memiliki kasus yang berbeda dalam penyebab munculnya jerawat. Pada umumnya, jerawat disebabkan oleh peningkatan hormon androgen. Ketika hormon tersebut naik, hal ini dapat membuat kelenjar minyak di wajah memproduksi lebih banyak minyak.

Jika hal tersebut terjadi, kerusakan dinding sel di wajah pun bisa terjadi, akibatnya bakteri akan berkembang. Sebagian besar kasus jerawat juga berasal dari genetik, akan tetapi dipicu juga oleh tingginya bakteri tertentu (propionibacterium acnes) di wajah kita.

Berikut merupakan makanan dengan kadar glikemik tinggi::

  • Roti putih
  • Kentang putih
  • Makanan olahan
  • Makanan bergula
  • Nasi
  • Pizza dan makanan cepat saji lainnya

Hal yang harus diingat ketika mengobati jerawat dengan vitamin dan mineral

Segerakan konsultasi kepada dokter atau dermatologis apabila Moms memiliki jerawat yang cukup mengganggu. Dokter akan melakukan observasi untuk mengetahui penyebab munculnya jerawat dan melakukan perawatan yang sesuai, seperti memberikan vitamin dan mineral.

Beberapa pengobatan mungkin akan menggunakan vitamin dengan dosis tinggi yang akan dipantau oleh dokter. Mengobati jerawat dengan vitamin dan mineral akan memiliki efek samping yang cukup serius. Seperti, isotretinoin dapat meningkatkan risiko keguguran apabila dikonsumsi oleh ibu hamil.

So, pastikan Moms konsultasikan kepada dokter ketika ingin mengonsumsi vitamin dan mineral ya!

Baca Juga: Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat yang Biasa Dilakukan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like