Kulit kepala kering dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti ketombe, gatal, hingga rambut rontok. Penyebabnya bisa berbeda-beda, namun yang paling sering terjadi yaitu karena reaksi terhadap produk perawatan rambut yang Moms gunakan serta perubahan cuaca. Kebiasaan sehari-hari seperti terlalu sering keramas dan kurang minum juga bisa menjadi penyebabnya. Selain itu, masalah kesehatan seperti psoriasis dan eksim juga turut menjadi penyebabnya. Nah, untuk menyembuhkan kulit kepala kering, Moms bisa memanfaatkan beberapa bahan alami berikut ini. 

Bahan alami untuk menyembuhkan kulit kepala kering 

1. Lidah buaya 

Bahan alami pertama yang dapat menyembuhkan kulit kepala kering yaitu lidah buaya. Lidah buaya memiliki sifat anti radang yang mampu melembabkan kulit kepala yang kering serta mengurangi iritasi kulit. Cara menggunakannya, cukup dengan membelah lidah buaya segar dan aplikasikan bagian dagingnya langsung pada kulit kepala. Setelah itu, biarkan kurang lebih selama 10 menit sampai gel lidah buaya meresap. 

Jika tidak memiliki lidah buaya segar, Moms bisa menggunakan gel lidah buaya yang dicampur dengan minyak esensial. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala, pijat dengan perlahan, dan biarkan 30 menit lalu bilas dengan shampo. 

2. Baking soda dan minyak zaitun 

Minyak zaitun sudah dikenal manfaatnya untuk melembabkan kulit. Sementara itu, baking soda memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Kombinasi kedua bahan alami ini bisa digunakan untuk menyembuhkan kulit kepala kering. Campuran ini dapat mengangkat ketombe serta meredakan rasa gatal pada kulit kepala. 

Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan kedua bahan dengan perbandingan yang sama, lalu oleskan secara merata di kulit kepala. Pijat secara perlahan dan diamkan selama kurang lebih 5 menit sebelum Moms mencuci bersih dengan shampo. Pastikan untuk mencuci hingga tidak ada sisa-sisa bahan yang menempel di kulit kepala karena dapat menyebabkan masalah baru. 

3. Yogurt dan telur

Kandungan lemak dan protein yang baik di dalam telur dan yogurt mampu menyembuhkan kulit kepala kering mengelupas. Kombinasi dari kedua bahan alami ini akan membantu Moms untuk menyehatkan serta melindungi kulit kepala dengan mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan radikal bebas yang berasal dari polusi udara. 

Untuk membuat campuran ini, Moms memerlukan yogurt murni tanpa ada tambahan gula dan perasa apapun. Ambil beberapa sendok yogurt lalu campurkan telur. Olesan campuran ini dan pijat secara perlahan hingga meresap ke kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 10 menit sebelum mencuci bersih dengan shampo. 

4. Alpukat

Bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan kulit kepala kering yaitu alpukat. Alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang mampu melembabkan serta melindungi kulit dari kekeringan. 

Caranya dengan menghancur alpukat hingga halus dan campurkan minyak zaitun ke dalamnya. Oleskan campuran ini langsung ke kulit kepala dan lakukan pemijatan. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit sebelum Moms membilasnya hingga bersih. 

5. Masker pisang 

Pisang dapat dimanfaatkan untuk melembabkan kulit kepala yang kering. Selain itu, pisang memiliki kandungan antimikroba alami yang mampu membantu Moms dalam menjaga kesehatan kulit kepala. Cara menggunakannya cukup dengan menghaluskan pisang dan mencampurkan beberapa sendok minyak zaitun. Oleskan pada kulit kepala dan pijat secara perlahan lalu diamkan selama 10-15 menit. Jangan lupa untuk membilas kepala hingga bersih. 

6. Minyak kelapa 

Minyak kelapa adalah salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan kulit kepala kering. Bahan alami ini juga mampu mengurangi resiko infeksi kulit kepala kering karena terdapat sifat antibakteri dan antijamur di dalamnya. 

Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan minyak kepala langsung ke kulit kepala. Pijat secara perlahan hingga meresap, lalu biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih. 

7. Minyak tea tree 

Selain dapat mengobati jerawat, minyak tea tree ternyata juga bisa mengobati kulit kepala kering, lho. Untuk pemakaiannya, Moms bisa mencampurkan beberapa tetes minyak tea tree dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. 

Aplikasikan pada kulit kepala, pijat perlahan, lalu biarkan selama 10 menit hingga minyak meresap. Setelah itu, bilas dan cuci rambut dengan shampo hingga bersih. 

Baca juga: Penyebab Rambut Rontok Berlebihan yang Mungkin Moms Alami

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like