Rambut merupakan mahkota perempuan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga rambut agar tetap terlihat indah. Tetapi, karena penggunaan alat penata rambut yang panas, produk pewarnaan rambut, serta paparan sinar matahari, rambut pun menjadi penasaran. Lalu, bagaimana cara merawat rambut rusak agar menjadi sehat kembali? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Berikut ini cara merawat rambut rusak 

1. Pilih shampo yang cocok 

Tips merawat rambut rusak yang pertama yaitu pilihlah shampo yang cocok dengan karakter rambut Moms. Misalnya, shampo untuk perawatan rambut kering akan berbeda dengan rambut jenis lainnya. Shampo berperan penting dalam mengembalikan kesehatan rambut. Oleh karena itu,  Moms membutuhkan shampo yang membantu merawat dan melembabkan kulit kepala serta rambut. Sehingga rambut akan terasa lembut dan terlihat berkilau. 

2. Rutin menggunakan masker rambut 

Tips merawat rambut rusak yang selanjutnya yaitu dengan rutin menggunakan masker rambut. Moms bisa memanfaatkan masker rambut alami dari alpukat, lidah buaya, atau madu. Gunakan masker rambut minimal dua kali dalam seminggu agar rambut kembali terasa halus. 

Baca juga: Penyebab Rambut Rontok Berlebihan yang Mungkin Moms Alami

3. Selalu gunakan kondisioner

Menggunakan kondisioner juga salah satu tips merawat rambut rusak, lho. Sebaiknya gunakan kondisioner setiap sehabis keramas. Aplikasikan kondisioner mulai dari bagian tengah hingga ke ujung rambut, kemudian biarkan beberapa menit sampai kondisioner meresap. 

4. Memakai vitamin rambut 

Memakai vitamin rambut tentunya tidak kalah penting. Vitamin mengandung kandungan lain di dalamnya yang mampu mengembalikan kesehatan rambut Moms. Gunakan vitamin rambut saat rambut masih dalam keadaan setengah kering atau sebelum Moms tidur. 

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut Moms

5. Rutin trimming rambut

Hal lain yang bisa Moms lakukan untuk merawat rambut rusak yaitu dengan melakukan trimming rambut. Trimming adalah pemotongan yang dilakukan pada ujung rambut sepanjang satu hingga dua senti. Ini bertujuan untuk membuang ujung rambut yang bercabang dan pecah tanpa harus mengubah bentuk rambut. 

6. Hindari penggunaan alat penata rambut yang panas

Rambut rusak biasanya akan rentan dengan panas dari alat penata rambut. Oleh karena itu, sebaiknya Moms mengurangi penggunaan alat-alat tersebut untuk merawat rambut rusak agar kembali sehat. Tetapi, jika Moms harus menggunakannya, jangan lupa untuk menggunakan heat protector atau serum agar rambut tidak semakin rusak. 

7. Jangan terlalu sering keramas

Ternyata terlalu sering keramas bukan berarti akan membuat rambut menjadi semakin bersih, lho. Terlalu sering keramas akan membuat akar rambut lebih mudah lepek, tetapi bagian batang rambut akan terasa kasar dan kering. Moms cukup keramas sebanyak dua hari sekali agar rambut tidak rusak. 

Itulah 7 tips yang bisa Moms lakukan dalam merawat rambut rusak. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Atasi Rambut Kering dengan Bahan-bahan Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like