Jerawat merupakan salah satu kondisi kulit yang tentunya membuat Moms jadi tidak percaya diri. Selain jerawat besar kemerahan, bruntusan juga menjadi alasan lain seseorang menjadi tidak percaya diri, lho. Kondisi yang satu ini akan membuat muka Moms menjadi tidak terlihat mulus. Nah, jika Moms sering mengalaminya, mungkin saja ini diakibatkan oleh beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab muka bruntusan. Mau tahu apa saja penyebabnya? Simak ulasan di bawah ini. 

Kebiasaan yang menjadi penyebab muka bruntusan

1. Tidak bersih saat mencuci muka 

Salah satu kebiasaan yang bisa menjadi penyebab muka bruntusan yaitu tidak bersih saat mencuci muka. 

Memilih sabun cuci muka yang tepat untuk jenis kulit Moms dan mencuci muka dengan benar merupakan jawaban agar berbagai masalah kulit hilang. Oleh karena itu, pastikan untuk mencuci muka dengan benar, ya. 

2. Terlalu banyak memakai pelembab 

Moms mungkin ingin kulit terasa lembab dan kenyal sepanjang waktu, sehingga Moms memakai pelembab sebanyak mungkin dalam waktu yang lama. 

Namun ternyata, terlalu banyak memakai pelembab merupakan salah satu penyebab muka bruntusan, lho! 

Pelembab akan sulit menyerap ke dalam kulit jika terlalu tebal di atas permukaan. Hal ini justru akan menutup pori-pori Moms dan menyebabkan jerawat dan bruntusan muncul. 

Apapun jenis kulit Moms, sebaiknya usahakan untuk memakai pelembab sebatas sebesar uang koin saja. Apabila kurang, Moms bisa menambahkan sedikit di bagian wajah yang belum tertutupi oleh pelembab.

3. Terlalu sering mengganti skincare

Jika Moms tidak cocok dengan skincare tertentu, jangan langsung memakai skincare yang lain. Ini merupakan kebiasaan yang menjadi penyebab muka bruntusan. 

Apabila Moms tidak cocok dengan satu skincare, biarkan kulit wajah sembuh dengan sendirinya, kurang lebih 1 bulan. Setelah itu, Moms baru bisa menggunakan skincare yang baru. Ini dilakukan untuk menjaga agar kulit tidak kembali iritasi dan bruntusan pun semakin bertambah. 

4. Makeup kadaluarsa dan alat make up kotor

Jika selama ini Moms tetap memakai make up yang kadaluarsa karena alasan isinya yang masih banyak, sebaiknya berhenti melakukan ini. 

Make up yang sudah kadaluarsa sebaiknya tidak digunakan lagi dan segera dibuang. Karena hal ini dapat menyebabkan munculnya masalah pada kulit. 

Selain itu, alat make up yang kotor juga bisa menjadi penyebab muka bruntusan, lho. Jika beauty blender atau brush yang Moms punya sudah kotor, segera cuci hingga bersih. Karena, kotoran yang ada pada alat make up yang kotor akan berpindah ke kulit Moms sehingga kulit pun menjadi bruntusan. 

5. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat 

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat juga termasuk salah satu penyebab muka bruntusan. Apabila Moms suka dengan makanan pedas, berminyak, dan tidak diimbangi dengan makanan sehat lain serta banyak minum air putih, muka akan lebih mudah mengalami bruntusan. 

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang sehat dan memperbanyak minum air putih juga perlu agar kulit tetap sehat. 

Baca juga: 5 Tips untuk Menghilangkan Milia (Bintil-Bintil Putih di Kulit)

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like