Kulit bagi wanita merupakan aset yang berharga, berbagai perawatan kulit ramai bertebaran untuk Moms yang tidak ingin kulitnya terlihat kering dan kusam. Sebaik-baiknya pengobatan, cara alami pasti lebih aman untuk kesehatan kita. Nah, supaya tidak salah langkah, mari pelajari cara alami mengobati kulit kering bersisik yang bisa Moms lakukan sendiri.

Metode mengobati kulit kering bersisik

Setiap orang bisa mengalami kulit kering pada satu waktu di hidupnya. Jika sudah mengalami kondisi kulit kering, terutama di bagian wajah, bahkan make up pun tidak dapat membantu untuk menyembunyikannya. Penggunaan make up malah bisa memperburuk penampilan wajah yang kulitnya kering.

Untuk Moms yang sedang terkena masalah di atas, baiknya coba tips di bawah ini.

1. Mandi air hangat atau kompres air hangat

Cara alami untuk mengobati kulit kering bersisik bisa dengan mandi atau kompres area yang kering dengan air hangat. Perlu dicatat, bahwa suhu air sebaiknya tidak terlalu panas yang bisa menghilangkan minyak alami tubuh. Waktu yang disarankan untuk mandi air hangat adalah 10-15 menit.

Selain itu, Moms juga bisa menggunakan waslap bayi bersih yang telah dicelupkan di air hangat, dan menggosok lembut area kulit yang kering dengan gerakan melingkar kecil untuk mengangkat sisa kulit mati yang ada.

Lakukan rutinitas tersebut beberapa kali dalam sehari, jika memang diperlukan. Gunakanlah waslap baru setiap kali Moms akan mengompres. Kemudian, keringkan kulit dan oleskan pelembab tubuh untuk memaksimalkan hasil.

2. Keringkan tubuh dengan sempurna

Wajah yang dbiarkan lembab sesudah mandi tidak akan membantu untuk menghilangkan kulit kering, justru sebaliknya. Oleh karena itu, pastikan Moms benar-benar mengeringkan kulit dengan baik sesudah mandi.

Jangan lupa juga untuk menggunakan handuk yang bertekstur lembut. Handuk yang kasar dapat merusak lapisan terluar kulit yang akan menyebabkan kekeringan dan iritasi. Khusus untuk area wajah, jangan dikeringkan dengan menggosok namun ditepuk-tepuk untuk menghindari iritasi.

3. Gunakan Petroleum Jelly

Cara alami lainnya untuk mengobati kulit kering bersisik adalah menggunakan Petroleum Jelly untuk mengunci kelembapan dan membantu meringankan kekeringan di kulit. Moms juga bisa menggunakan minyak organik seperti minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almond yang juga bisa berfungsi untuk menjaga kelembapan dalam kulit.

4. Berendam air susu

Berendam menggunakan air susu juga bisa membantu mengobati kulit kering bersisik, atau kompres menggunakan waslap yang direndam susu putih dingin. Moms bisa merendam atau mengompres area kulit yang kering, lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Sesudah itu, usap kulit dengan gerakan pijat melingkar. Kandungan Lemak dan asam laktat dalam susu dapat berfungsi sebagai pembersih wajah ringan dan juga mampu memberikan kelembapan ekstra pada kulit.

5. Masker alami buatan sendiri

Masker alpukat madu juga bisa berfungsi untuk mengobati kulit kering bersisik yang mengganggu. Moms cukup menumbuk halus alpukat, lalu campurkan dengan 1 sendok madu, kemudian aduk hingga rata. Gunakan masker pada area kulit kering selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Masker alami lainnya yang bisa Moms buat sendiri adalah masker pisang dan yogurt. Campuran pisang dan yogurt bisa juga membantu untuk menghilangkan sel kulit mati, selain melembapkan kulit.

Moms cukup menumbuk halus pisang, kemudian campurkan dengan 1 sendok yogurt plain, dan aduk rata sampai menjadi pasta lembut. Gunakan masker pada area kulit kering selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Selain ramuan alami di atas, Moms juga bisa menggunakan lidah buaya untuk membantu mengobati kulit kering bersisik. Caranya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit kering, diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Untuk hasil yang maksimal, Moms juga bisa untuk menggunakan pelembab kulit sesudah maskeran. Juga jangan lupa untuk selalu gunakan tabir surya jika Moms sedang melakukan aktivitas yang mengharuskan terkena paparan sinar matahari langsung.

Baca juga: Amankah Memakai Cuka Apel Untuk Kulit Wajah?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like